1. Siapa Kevin?

Kevin Wendell Crumb (diperankan oleh James McAvoy) adalah seorang pria yang mengalami dissociative identity disorder atau kepribadian ganda. Di film Split, dia diawasi oleh psikiatrik, Dr. Fletcher (diperankan oleh Betty Buckley)  yang percaya bahwa dia bisa membantu Kevin mengontrol 23 kepribadiannya. Tapi, dia tidak tahu kalau Kevin sudah menyerahkan dirinya kepada dua dari beberapa kepribadiannya yang dominan.

Hasilnya, Kevin menjadi predator. Dia terbukti menjadi seorang sosiopat yang menculik gadis-gadis muda dan menyiapkan mereka untuk takdir yang mengerikan. Takdir tersebut melibatkan kepribadian ke-24 Kevin yang baru, yang paling berbahaya dari semua kepribadiannya.

  1. Apa (siapa) saja kepribadian (ganda) Kevin?

Banyak persona menarik yang ditunjukkan Kevin di film Split. Persona dominan aslinya adalah Barry, karakter artistik yang sensitif (sudah menjadi personan dominan Kevin sejak dia mencari pertolongan psikiatrik). Barry yang mengatur persona lain untuk kadang-kadang muncul dan juga berusaha menahan dua persona lainnya karena niat mereka yang mengancam Kevin dan orang-orang di sekitarnya.

Yang pertama adalah Dennis, seorang pria yang tegas dan mengidap OCD. Kemudian Patricia, seorang wanita yang mendominasi kepribadian lainnya. Mereka berdua lah yang mengeluarkan kepribadian ke-24 Kevin, The Beast.

  1. Penculikan Casey

Plot Split melibatkan Kevin (Dennis) yang menculik tiga orang remaja perempuan di pusat perbelanjaan dan kemudian mengurung mereka di terowongan bawah tanah yang terletak di bawah kebun binatang dimana dia bekerja. Alasannya adalah untuk menyiapkan mereka akan kedatangan The Beast (persona ke-24 yang dijunjung Dennis dan Patricia).

Selama ditahan, Casey (Anya Taylor-Joy), Claire (Hayley Lu Richardson), dan Marcia (Jessica Sula) bertemu dengan berbagai kepribadian Kevin, termasuk Hedwig (anak kecil berusia 9 tahun), seseorang yang dekat dengan Casey dan memintanya untuk mengeluarkan dia. Tetapi, Dennis dan Patricia terlalu kuat. Casey akhirnya bisa melarikan diri setelah teman-temannya dihabisi oleh The Beast.

  1. The Beast

The Beast bukan hanya mitos yang selama ini dipercaya oleh Dr. Fletcher, tapi ternyata adalah persona tersembunyi yang mengintai dalam diri Kevin. Persona ini adalah gabungan dari banyak hewan yang pernah dilihat Kevin di kebun binatang tempatnya bekerja, dan tanpa dijelaskan lebih rinci Kevin mendapatkan kekuatan. Termasuk superhuman strength, kemampuan memanjat dinding dan banyak lagi, membuatnya menjadi predator berbahaya.

Tak seperti Glass, Split adalah film horor tentang tiga orang gadis yang berusaha selamat dari pengalaman menakutkan bersama monster. Glass akan memakai superhero genre dan akan menyertakan Kevin dengan persona monsternya melawan David Dunn, yang mungkin adalah lawan seimbang.

  1. Twist Split

Bagaimana bisa Split menjadi sekuel dari Unbreakable? Tidak ada satupun di dalam marketing yang mengindikasikan kalau dua film ini terkoneksi. M. Night Shyamalan juga menolak membuat Unbreakable 2 selama bertahun-tahun. Ternyata hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memberikan twist yang brilian di akhir film.

Ending Split memperlihatkan Kevin yang mengejar Casey di terowongan tetapi kemudian Casey bisa melarikan diri, Kevin juga lolos. Sementara Casey dibawa pulang oleh pihak berwajb, Kevin diperlihatkan menyadari apa yang bisa dia perbuat (setelah The Beast keluar). Kemudian ­post-credits scene, di sebuah restoran, berita tentang Kevin dan ‘kawanannya’ tersebar lewat TV dan seorang pengunjung membandingkan julukan Kevin dengan seseorang dengan nickname lainnya dan David Dunn muncul melengkapi pembicaraan pengunjung tersebut, “Mr. Glass” ujarnya.

Oke, Geeks! Semakin penasaran bukan untuk lihat kelanjutannya? Glass tayang minggu loh. Untuk kalian yang udah ngikutin Unbreakable dan Split sih Glass harusnya gak kalian lewatkan!

[yuzo_related]

1
2