Para penggemar seri Alien sangat senang dengan kembalinya Ridley Scott ke dalam franchise tersebut untuk sebuah prequel. Tapi, kemudian rencana tersebut berubah saat proses pengembangan. Yang tadinya mereka akan membuat film prequel, mereka kemudian merubahnya menjadi sebuah spinoff. Hampir seluruh referensi tentang Xenomorph dihapus dari naskah skrip.

Hasilnya adalah film Prometheus, sebuah film yang berfokus kepada sekolompok peneliti yang pergi ke planet-planet terjauh untuk mencari asal-usul manusia. Noomi Rapace merupakan aktris pemeran Elizabeth Shaw dalam film tersebut. Saat ditanya oleh Slashfilm tentang sekuel Promotheus, dirinya mengaku bahwa dia tidak mengetahui kemana jalan ceritanya akan berlangsung.

Tidak. Maksudku,  Mr. Scott benar-benar sangat menjaga kerahasiaannya dan kau tidak pernah benar-benar tahu. Itulah yang menarik tentangnya. Aku senang dia membagikannya tapi tidak membagikan terlalu banyak jadi kau tidak pernah benar-benar tahu. Jika kau bertanya sesuatu kepadanya, dia akan menjawab tentang sesuatu hal yang sangat luar biasa selama 20 menit dan kau akan merasa, “tunggu, dia tidak menjawab apa yang aku tanyakan.” Jadi aku tidak tahu. Aku tidak yakin. Aku pikir tidak ada yang benar-benar tahu apa yang akan terjadi setelah Promotheus. Aku benar-benar tidak menduga apapun.

Film Promotheus sendiri menjadikan sosok Elizabeth Shaw menjadi seorang pahlawan utama dari trilogi filmnya yang masih memiliki hubungan dengan film Alien orisinal. Para penggemar sempat merasa kecewa dengan apa yang terjadi dengan diri Shaw di film Alien: Covenant. Di film tersebut diceritakan bahwa David membunuh Shaw dan menggunakan tubuhnya sebagai bahan percobaannya demi menciptakan Xenomorph.

Draft awal naskah skrip film tersebut memperlihatkan lebih banyak waktu yang dihabiskan oleh Shaw dan David, dalam petualangan mereka menuju planet Engineer. Kemudian keduanya menjadi sangat dekat dan David membunuhnya. Dengan menanti proses merger dari Disney/Fox selesai, sepertinya berbagai proyek yang menyangkut seri Alien masih harus ditunda terlebih dahulu.