Salah satu cara untuk membedakan film Spider-man versi Marvel Cinematic Universe dan film-film Spidey yang sebelumnya adalah para villain yang muncul di filmnya. Yang cukup menyita perhatian adalah film Spider-man versi Tom Holland, dimana dalam film Spider-Man: Homecoming dia harus menghadapi musuh klasik yang belum pernah diadaptasi ke layar lebar sebelumnya, seperti Vulture dan Shocker.

Kemudian, yang terbaru adalah Peter akan menghadapi Mysterio dan para anggota dari Elementals of Doom, dalam film Spider-Man: Far From Home. Kemarin, Sony baru saja merilis trailer perdana untuk film ini. Dalam trailernya kita diperlihatkan bagaimana Peter bertemu dengan Nick Fury, dan juga memperlihat first look dari Mysterio dan Elementals of Doom. Menariknya, Mysterio tampil justru sebagai pahlawan dan melawan salah satu anggota dari Elementals of Doom. Meskipun demikian banyak penggemar menganggap bahwa Mysterio sebenarnya hanya berpura-pura menjadi pahlawan, justru ia sendiri yang memanggil para Elementals of Doom dan membuat kekacauan.

Memiliki Kemampuan Magis?

Tapi jika teori itu benar, maka ada satu kejanggalan dan mungkin perubahan drastis yang dilakukan oleh Marvel Studio dalam mengadaptasi karakter Mysterio. The Elementals of Doom sendiri sebenarnya merupakan lawan dari Fantastic Four, bukan Mysterio ataupun Spider-Man. Dan untuk membangkitkan para Elementals of Doom tersebut membutuhkan cara yang cukup rumit.

Untuk membangkitkannya, Mysterio membutuhkan sebuah artefak kuno bernama Talisman of Power. Esteban Corazon de Ablo alias Diablo adalah orang yang pertama kali memanggil para Elementals of Doom tersebut dengan mencuri kekuatan Talisman of Power. Artefak Talisman of Power sendiri mampu membangkitkan kekuatan alam untuk memanipulasi medan sihir dan energi. Selain itu, pemakainya juga mampu mengendalikan berbagai makhluk halus.

Jadi, ada kemungkinan sebelum Beck menyerang Spidey dan menghancurkan kota, dia mencuri Talisman of Power terlebih dahulu dan kemudian membangkitkan Elementals of Doom, dan mengendalikan berbagai kekuatan alam dan energi juga berbagai makhluk halus, seperti yang dilakukan oleh Diablo dalam cerita komik. Maka, tidak heran jika Mysterio adalah satu-satunya orang yang mampu “mengalahkan” para anggota Elementals of Doom tersebut karena, dia bisa mengendalikan para makhluk tersebut. Dia memegang Talisman of Power tersebut tanpa diketahui oleh Peter.

Mysterio Versi Komik

Sedangkan dalam cerita komik, Quentin Beck merupakan seorang mantan pekerja efek khusus di industri Hollywood. Namun, dia sadar bahwa di pekerjaan yang dia geluti sekarang tidak membuatnya terkenal seperti yang dia impikan. Akhirnya dia pun berubah menjadi seorang kriminal. Dengan kemampuannya dalam bidang efek khusus, ditambah dengan kemampuan kimia, hipnotis, ilusi, sulap atau magician, membuatnya menjadi salah satu musuh Spider-man yang paling sulit dikalahkan.

Melakukan kontak langsung bukan menjadi gaya bertarungnya. Sebaliknya, terlebih dahulu dia melemahkan Peter dengan menggunakan gas halusinogen dan kemampuan ilusinya, sebelum akhirnya Beck menghajar Peter dan mengalahkannya. Peralatan yang dia buat untuk mengalahkan lawannya juga bukanlah alat sembarangan. Sehingga dia bukan hanya menjadi villain yang berbahaya untuk Spidey, tapi juga untuk seluruh universe Marvel.

Memang film adaptasi buku komik tidak selalu harus mengadaptasi secara keseluruhan cerita maupun karakter serta cerita origin dari komik tersebut. Pastinya akan ada penyesuaian yang dilakukan demi bisa ‘pas’ untuk ditampilkan di layar lebar. Contohnya lagi adalah dalam trailer-nya, kita bisa melihat (saat Mysterio muncul) dia terbang untuk menghadang seorang monster air dan menembakan energi berbentuk asap berwarna hijau, benar-benar berbeda dengan komiknya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here