Mysterio


Karakter Mysterio pertama kali muncul dalam komik Amazing Spider-Man #13 yang dirilis pada tahun 1934. Mysterio memiliki nama asli Quentin Beck. Beck sendiri dalam komiknya memiliki profesi sebagai aktor pemeran pengganti dan juga mantan pegawai special effect. Selain itu dirinya juga juga memiliki keahlian cemerlang di bidang kimia. Quentin Beck lahir di riverside, California. Saat dirinya berada di industri Hollywood, dia memiliki cita-cita namanya bisa dikenal oleh orang banyak.

Karena kurangnya talenta akting yang dia miliki, akhirnya dia juga berhenti menjadi aktor. Seorang temannya kemudian menyarankan Beck untuk menjadi pahlawan berkostum. Dirinya kemudian tersadar, dengan kemampuan ilusi miliknya dia bisa berubah menjadi “seseorang” dan dikenal banyak orang. Hanya saja ia melakukan hal tersebut dengan rencana untuk mengalahkan Spider-Man.

Berbulan-bulan Beck mempersiapkan seluruh peralatan dan seluruh sumber daya yang dia miliki untuk mengalahkan Spider-Man. Beck kemudian mempelajari sifat dan perilaku Spider-Man dan dengan arahan dari geng Tinkerer. Hingga akhirnya ia menggunakan nama panggilan ‘Mysterio’ dan menjadi lawan tangguh bagi Spidey ( meskipun gagal ).

Mysterio sadar bahwa dirinya tidak mampu untuk mengalahkan Spidey sendirian. Pada awal karirnya sebagai seorang super-villain, Beck mengajak kelima villain yang pernah dihadapi oleh Spidey dan kemudian membentuk sebuah kelompok yang disebut dengan Sinister Six. Kelompok ini dipimpin oleh Doctor Octopus. Kelompok ini beranggotakan Sandman, Kraven the Hunter, Vulture, dan Electro.

Mysterio selalu tampil dengan helmnya yang ikonik dan menggunakan bom asap sebagai ciri khasnya. Jangan salah Geeks, bom asap tersebut ternyata bisa melemahkan Spidey. Asap buatannya membuat kemampuan Spider-Sense milik  Peter melemah dan melelehkan spider-web hingga Peter dengan mudah dapat diserang oleh Beck.

Muncunya Mysterio dan Elementals di film Spider-Man; Far From Home merupakan yang pertama kali dalam versi layar lebar dan live-action. Disamping itu cukup menarik juga menunggu pertempuran The Elementals of Doom yang tidak memiliki sejarah keterikatan dengan Spidey. Meskipun rumor yang berkembang The Elementals of Doom hanyalah trik dari Mysterio agar tampak sebagai pahlawan. Namun kepastiannya masih harus kita tunggu di film Spider-Man: Far From Home yang baru akan dirilis beberapa bulan mendatang.

[yuzo_related]

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.