Bentuk PlayStation 5


[fve]https://youtu.be/mkkWCmljMSA[/fve]

Sudah banyak tanda-tanda bahwa konsol masa depan seperti PlayStation 5 bisa benar-benar memiliki bentuk yang sangat berbeda dibandingkan dengan yang sebelumnya. Hal tersebut berkat teknologi yang maju dari sistem cloud dan game streaming, yang membuat komponen di konsol zaman sekarang begitu padat di dalamnya.

Dengan segala perkembangan komponen di dalamnya, seperti CPU, GPU dan RAM, yang membuat PlayStation 5 menjadi terdepan dan modern, semua hal tersebut bisa diterapkan atau mampu dilakukan oleh PlayStation 5. Tapi, apakah PS5 nanti masih akan menempatkan harddisk? Melihat kesuksesan dari PS4 dan Pro yang men-support harddisk external, sepertinya Sony juga akan menerapkan hal tersebut di konsol generasi selanjutnya.

Sony juga memiliki komitmen untuk melakukan pengembangan berdasarkan keinginan para konsumennya. Mereka juga sering mengadakan survey untuk para anggota eksklusif dari PlayStation Voice, yang merupakan komunitas resmi PlayStation. Mereka juga baru-baru ini menggelar survei, tentang apa yang mereka ekspektasi atau harapkan dari PS5.


PS5 Dan Streaming Games


Jika memang gim di PS5 hanya tinggal streaming saja, tentunya tidak akan ada masalah besar. Sony sendiri sebenarnya sudah memiliki layanan tersebut di PlayStation Now. Namun, layanan streaming tersebut memiliki masalah. Pertama adalah masalah pada biaya berlangganannya. Kedua adalah masalah kecepatan koneksi.

Sebuah TV dengan resolusi 4K membutuhkan minimal kecepatan internet sebesar 25 Mbps. Sangat meragukan jika 4K game streaming mampu berjalan dengan koneksi seperti itu. Mungkin Sony akan merilis sebuah cloud dengan ukuran kecil untuk konsol PS5 bagi mereka yang memiliki kecepatan jaringan yang luar biasa cepat.


PS5 Memiliki Optical Discs Atau Tidak?


Dengan kebangkitan dari gim yang mampu untuk di unduh, yang terus menggerus pasar kepingan disc fisik, artinya kemungkinan konsol di masa depan sudah tidak akan lagi menggunakan teknologi kepingan disc dalam bentuk fisik. Namun, sepertinya Sony belum mau mempertaruhkan modal mereka untuk hal tersebut, setidaknya sampai Microsoft melakukan hal tersebut terlebih dahulu.

Survei terus menunjukan hasil bahwa para penggemar gim masih tertarik untuk membeli gim dalam bentuk fisik dan tetap menjaga penggunaan ruang di konsol mereka. Jika, memang Sony menghilangkan sistem Blue-ray di PS5, maka kemungkinan kita akan diberikan beberapa terabit di penyimpanan konsol kita.

BACA JUGA: Detail Baru Video Game World War Z

CEO dari EA, Blake Jorgensen, sudah mengatakan bahwa dia berpikir konsol dan kepingan fisik masih akan terus berlanjut. “Konsol dan disc drive kemungkinan masih akan ada sampai waktu yang lama … aku pikir konsumenlah yang menentukan apa cara termudah bagi mereka untuk membeli sebuah gim.

Blake juga menyebutkan bahwa jika teknologi disk dihilangkan maka, tidak akan ada lagi toko-toko yang menjual gim di jalanan.


Gim Apa Yang Bisa Kita Nantikan di PS5 Nanti?


Jika pemasalahan hak paten sistem backwards compability diaplikasikan, kemungkinan seluruh gim yang dirilis untuk konsol PS4 bisa dimainkan di PS5. Atau, kemungkinan, kita akan disuguhkan dengan berbagai remastered seperti yang terjadi di gim PS3 ke PS4. Juga bisa saja para pengembang gim sedang mengembangkan proyek terbaru untuk konsol PS5 secara diam-diam.

CD Projekt Red sebelumnya sudah menyebutkan bahwa mereka sedang mengembangkan gim untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang, dan bersamaan dengan rumor yang menyebutkan sudah ada pengembang yang akan mengerjakan berbagai proyek gim PS5, kemungkinan besar Cyberpunk 2077 akan menjadi gim pertama yang dikhususkan untuk PS5.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.