Perkembangan teknologi berkembang begitu pesat dalam satu dekade terakhir ini. dari teknologi kecil sampai teknologi besar semuanya terus berkembang. Tidak terkecuali untuk industri gim yang memiliki pangsa pasar besar di seluruh dunia ini. Industri gim juga mengikuti tren dengan masing-masing pengembang terus memberikan inovasi terbaru mereka untuk masa depan, salah satunya adalah PlayStation.

Perusahaan gim asal Jepang tersebut terus melaju pesat dengan berbagai inovasi baru mereka. Untuk menyambut masa depan, mereka sudah mempersiapkan teknologi gim terbaru untuk dipasang di konsol mereka. Konsol PlayStation 4 akan memasuki masa pensiunnya. Maka, kemungkinan paling besar adalah mereka sudah mempersiapkan konsol terbaru yaitu PlayStation 5, yang sudah banyak digembar-gemborkan.

Sampai dengan saat ini, Sony masih terus menutup rapat-rapat gerbang informasi mengenai konsol yang mungkin akan menjadi andalan baru mereka tersebut. Mengenai pengembangan PlayStation 5 sendiri kabar tersebut sudah dikonfirmasi oleh Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Shawn Layden, dan juga presiden dari Sony, Kenichiro Yoshida. Apa sebenarnya yang mereka siapkan untuk konsol generasi baru tersebut dan kapan konsol tersebut dirilis?


Jadwal Perilisan


Dengan belum adanya pernyataan dari Sony tentang kapan PS 5 akan dirilis, sulit untuk menerka-nerka kapan para pecinta gim bisa menantikan perilisan dari konsol PS5. Beberapa analis memprediksikan PlaysStation 5 kemungkinan akan dirilis pada 2020 atau 2021 mendatang. Saat berbicara kepada GamingBolt, Michael Patcher pernah mengatakan bahwa menurutnya PS5 tidak akan terlalu jauh kualitasnya dengan PS4 Pro. Dia juga mengatakan bahwa kemungkinan 2020 akan menjadi tahun Sony merilis konsol tersebut.

Hal ini masuk akal mengingat pengguna TV dengan resolusi 4K di Amerika sudah hampir mencapai 50%. “Aku pikir mereka (Sony) sudah mengetahui apa yang akan mereka akan lakukan,” ujar Patcher.  Jason Schreier dari Kotaku, juga menyebutkan bahwa kemungkinan PS5 akan dirilis pada 2020. Dia mengatakan bahwa dia sudah berbicara ke beberapa pengembang tentang jadwal perilisan tersebut. “ada informasi tentang PlayStation 5 yang berkembang di perusahaan pihak pertama dan ketiga, tapi sangat terbatas dibandingkan dengan kabar apakah PS5 akan dibuat itu benar adanya.”

Laporan terbaru dari Wall Street Journal menyebutkan bahwa PlayStation 5 akan dirilis pada 2021 mendatang. Hal tersebut didukung oleh pernyataan John Kodera yang menyebutkan: “Kami akan menggunakan tiga tahun kedepan untuk mempersiapkan langkah selanjutnya…. .” Tidak lama kemudian, Yoshida merilis rencana bisnis Sony selama tiga tahun kedepan yang memprediksi bahwa keuntungan perusahaan akan digunakan sampai 2021 mendatang.


Kompetisi


Kita tidak bisa menyalahkan Sony karena belum mau akan merilis PS5 dalam beberapa waktu kedepan. Saat ini, Sony sedang “memerah” sampai titik terakhir dari PlayStation 4, mengingat banyaknya dan begitu setianya para penggemar konsol tersebut. Lagi pula, konsol PS4 Pro masih terhitung baru bagi pasar dan juga kompetitor. Xbox One X milik Microsoft bahkan lebih baru lagi.

Pakar Industri, Jez Cordent, sudah memberikan sinyal bahwa Microsoft sudah berpikir untuk membuat Xbox generasi selanjutnya, Xbox Two. Artinya Sony dipastikan tidak akan melakukan hal yang sama dan bahkan mungkin akan melangkah jauh dalam prosesnya. Rasanya, memang untuk saat ini masih belum ada urgensi untuk segera memulai sebuah generasi konsol baru. Dengan Mircosoft yang memiliki komitmen untuk mengembalikan kompabilitas yang lama, Sony perlu memikirkan matang-matang langkah mereka selanjutnya.


Berita Dan Rumor


PS5 Absen di Acara E3 2018

Mungkin masih ingat di benak Geeks semua kalau Sony Interactive Entertainment absen dari panggung E3 tahun kemarin. Langkah tersebut juga diambil oleh Microsoft sebelumnya. meskipun begitu, mereka tetap mempresentasikan empat buah gim andalan mereka di tahun mendatang, seperti Death Strandingh, Spider-Man, The Last of Us 2, dan Ghost of Tsushima.

Analisis Dari Ahli di Eurogamer

Sebuah laporan terbaru dari Eurogamer, memuat sebuah ulasan tentang teknologi apa yang harus dikembangkan Sony ketika mereka berencana untuk membuat konsol terbaru, PS5. Hal yang paling penting yang harus diperbarui adalah prosesor dari konsol tersebut dan memori. Berdasarkan analisis mereka, sepertinya kita masih belum akan melihat konsol tersebut setidaknya sampai akhir 2019.

Meskipun jika Sony mampu untuk merilis konsol terbaru mereka sebelum 2019 berakhir (atau sebelum 2020 akhir), ongkos produksinya pasti akan sangat tinggi yang akan berimbas pada harga penjualan PS5 yang juga akan tinggi.

Kenichiro Yoshida Konfirmasi Konsol Generasi Selanjutnya

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, Presiden dan CEO Sony, Kenichiro Yoshida, mengatakan: “pada saat ini, yang bisa aku katakan adalah kita membutuhkan perangkat keras  generasi terbaru.


Bisakah PS5 Support 4K Gaming?


CTO dan co-founder dari pengembang Rebellion, memberikan pernyataan yang lebih ambisius tentang teknologi yang harus dimiliki oleh PS5: “tentunya perangkat baru (PS5) harus mampu men-support TV dengan resolusi 4K dan mungkin bahkan 8K sekaligus!” Para pemilik TV dengan resolusi 4K tentunya menjadi dasar bagi PlayStation 5.

Disamping masalah visual 4K, jika hal yang ditunjukan dalam konfrensi Pengembang Gim (GDC) 2018 kemarin merupakan sebuah usaha yang sedang diupayakan, sudah barang tentu generasi selanjutnya akan menawarkan visual yang luar biasa dalam hal model karakter. Dalam acara tersebut, kita diperlihatkan sedikit dari apa yang gim untuk konsol generasi selanjutnya bisa lakukan dan bagaimana gim tersebut nantinya. Hal tersebut membuat PS5 semakin dinanti.

Sistem Ray Tracing yang real-time juga disebutkan akan menjadi hal besar dalam pembuatan gim sementara Epic Games memberikan kita sedikit “rasa” dari bagaimana membuat karakter semirip mungkin dengan aslinya. Menggunakan teknologi tangkapan (capture), pencipta Unreal Engine memperlihatkan sebuah masa depan dari model karakter yang begitu realistis.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2