Batman


Sama seperti Catwoman, selama bertahun-tahun sejak kemunculan pertamanya, Batman sudah berkali-kali berganti kostum. Desain kostum baru Batman di komik The Dark Knight Returns karya Frank Miller, menjadi acuan kostum modern untuk karakter Batman. Film-film Batman terbukti berhasil melangkahkan kostum Batman begitu jauh. Dimulai dari film klasik Batman karya Tim Burton yang dirilis pada 1989, sampai yang kita lihat di film Justice League.

Dalam dunia komik, dalam beberapa tahun belakangan penampilan Batman tidak banyak berubah. Namun, pada baur-baru ini, diumumkan bahwa Batman akan kembali memakai kostum yang dia gunakan saat sebelum New 52.


Starfire


Titans adalah live-action pertama yang mencoba menggambarkan kostum grup para superhero muda tersebut sesuai dengan versi komiknya. Pada tahun kemarin, Starfire muncul di komik terbaru Superman dengan kostum yang lebih tertutup. Sebelumnya, kostum yang dia kenakan memiliki banyak area terbuka di sekitar wilayah tengah dan pinggang tapi, sekarang dia memiliki sebuah kostum super yang menggambarkan dirinya sebagai seorang putri perang antar galaktik, dengan warna ungu dan putih serta rambut terbakar berwarna jingga.


Red Hood


Hasil positif dari latihan dibawah pengawasan sang vigilante, Batman, bisa membuat seseorang memiliki kemampuan menyelinap yang luar biasa serta kostum-kostum yang benar-benar baru dan keren. Dick Grayson berlatih dibawah pengawasan Batman sebagai Robin pertama dan ketika sudah waktunya dirinya untuk berdiri sendiri, dia kemudian menjadi Nightwing. Hal yang sama juga berlaku kepada Jason Todd, saat dirinya berubah menjadi Robin kedua, dia kemudian menjadi Red Hood.

Di kebanyakan penampilannya di komik, Red Hood hanya mengenakan topeng berwarna, sedikit sekali dia mengenakan penutup kepala merah. Tapi, hal tersebut berubah ketika Pete Woods mengambil alih. Pete memberikan sebuah penampilan baru yang disesuaikan dengan namanya.


Iron Man


Sepertinya bukan hal yang aneh jika Tony Stark selalu berganti-ganti “kostum” miliknya. Setidaknya dia memiliki lima armor Iron Man di setiap film yang dia bintangi. Bahkan dia juga sempat memberikan kostum buatannya kepada karakter lain. Dalam Tony Stark: Iron Man #1, dia kemudian kembali menggunakan versi tradisional dari armornya demi komik baru dari Marvel, Fresh Start.

BACA JUGA: 10 Grim Reapers Terkuat di Anime!


Thanos


Para penggemar Thanos mungkin sudah melihat perkembangan yang terjadi di sosok Thanos secara visual di filmnya. Pada tahun ini, dalam serinya yang terhubung dengan jajaran karakter di komik Fresh Start, Thanos kembali ke asalnya, menaklukan galaksi dan menyerang planet-planet. Kembali ke desain awal, artinya Thanos tidak akan menggunakan headgear seperti yang biasa kita lihat di filmnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.