Bagi seorang pahlawan super, penampilan terutama kostum adalah sebuah identitas diri dari sang pahlawan tersebut. Kostum juga yang menjelaskan tentang cerita masa lalu atau origins mereka, apakah mereka bagian dari sebuah tim pahlawan super atau bukan, dan juga menggambarkan gaya pribadi mereka. Oleh karena itu, jika penampilan dan kostum mereka berubah, maka artinya akan terjadi sesuatu yang pentig terhadap karakter tersebut, dan mungkin juga artinya ada perubahan secara menyeluruh dari seri tersebut.

Perubahan penampilan bisa terjadi karena beberapa alasan, contohnya adalah sebuah seri butuh untuk membangun kembali narasinya, perubahan terjadi di bagian kreatif, atau karakter tersebut sedang dalam masa “perkembangan” dalam sebuah kejadian yang akan membentuk mereka di kemudian hari. Peningkatan level dari karakter tersebut dan kostum sebelumnya tidak pas dengan takdir atau petualangan baru mereka, juga menjadi alasan mengapa penampilan dan kostum mereka berubah. Nah, dibawah ini ada beberapa karakter dengan penampilan baru yang memiliki desain terbaik, siapa saja? Check these out!


Catwoman


Karakter Catwoman sudah beberapa kali berganti kostum sejak pertama kali kemunculannya, terutama dengan mempertimbangkan apakah rambutnya akan diurai diluar topengnya atau tidak. Mengingat reputasinya sebagai “kucing pencuri,” rasanya masuk akal jika rambutnya tetap terlindungi di dalam kostumnya tapi,hal tersebut tidak selalu dinilai menarik bagi para pembaca komik di tahun 80an ketika rambut besar memang menjadi tren.

Pada tahun ini, saat dia semakin serius bersama Batman, kostumnya sudah berubah dengan nuansa lama (sebelum New 52): sebuah perpaduan dari debut awalnya (tanpa kacamata), dan catsuit yang ikonik yang pernah digunakan oleh Michelle Pfeiffer di film Batman Returns. Tampilan yang sporty, terutama di bawah tangannya, meningkatkan mobilitasnya dan memberikan estetika baru.


Aquaman


Kita tentunya melihat efek dari salah satu perubahan kostum terbesar karakter buku komik ketika Aquaman muncul pertama kali di film Batman V. Superman, juga ketika menjadi peran pembantu di film Justice League. Sebuah perubahan yang sangat pesat dari sekedang celana legging berwarna hijau dan atasan berwarna jingga, yang sering dikaitkan dengan karakter tersebut.

Di tahun 2018 kemarin, kita sudah melihat mengenakan versi modern dari kostum klasik miliknya. Selain kostum, dia juga memiliki penampilan yang mirip dengan sang dewa laut, Poseidon, berkat penampilan dari Jason Momoa. Menyatukan dua dunia merupakan piliha yang tepat, mengingat film harus bisa memuaskan para penggemar baru maupun lama.


Captain Marvel


Film Marvel yang akan mengawali tahun 2019 adalah Captain Marvel yang akan dirilis pada Februari mendatang, yang juga akan menjadi debut pertamanya di Marvel Cinamatic Universe. Dalam trailernya (juga komiknya), Carol Danvers diberikan desain kostum baru yang membuat banyak penggemar tidak berhenti membicarakannya.

Diceritakan bahwa Captain Marvel merupakan manusia setengah Kree, juga seorang pasukan Starforce. Maka, masuk akal jika kemudian menggunakan kostum milik pasukan Kree. Biasanya dia menggunakan warna hijau dan hitam, tapi di film ini dia menggunakan merah, emas, dan biru. Kostum tersebut diadaptasi dari artwork Carol Danvers milik Jamie McKelvie.


The Punisher


Frank Castle hampir saja terkena efek dari jentikan jari Thanos, kemudian dia membuat sebuah kesepakatan dengan Mephisto, dan diberkati dengan kekuatan untuk membalas dendam. Dia menjadi satu-satunya yang selamat dari aksi Thanos di bumi, sampai Galactus “memberikan” kekuatan kosmik kepada Franks Castle, merubahnya menjadi Cosmic Ghost Rider. Dalam Thanos #16, diungkapkan bahwa dia kemudian menjadi tangan kanan Thanos, dalam sebuah rencana yang sebenarnya yaitu menghabisi Thanos dengan kekuatan barunya.


The Wasp


Penampilan dari The Wasp menerima banyak kritik karena tidak terlalu mengeluarkan banyak warna (sejarahnya, dia lebih dikenal karena memiliki warna yang lebih terang) dan bentuk dada dari kostumnya yang kurang tepat. Berbeda dengan di filmnya, untuk versi komiknya mereka membuat desainnya dengan tepat.

Seri Ant-Man and the Wasp memperlihatkan The Wasp dalam balutan perpaduan hitam dan merah yang cocok bila disandingkan dengan kostum milik Ant-Man di filmnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2