Stephanie Brown (The Spoiler)


Stephanie Brown adalah anak dari seorang musuh Batman yaitu Cluemaster, salah satu penjahat berbahaya di Gotham City. Brown tidak terlalu mengetahui sosok ayahnya, karena sang ayah banyak menghabiskan waktunya di penjara dan melakukan kegiatan kriminal. Ketika itulah, Stephanie Brown tidak hanya tinggal diam karena ayahnya kembali lagi ke dunia kriminal. Ia pun membuat kostum superhero dan menyebut dirinya sebagai The Spoiler.

Setelah lama membasmi kejahatan, Stephanie tidak menuruti perintah Batman dan diberhentikan sebagai Robin dan The Spoiler. Stephanie memutuskan untuk mendahului salah satu rencana Batman yang akan berurusan dengan seluruh dunia kriminal Gotham sekaligus untuk membuktikan bahwa dia adalah seorang superhero.

Namun justru Stephanie menyebabkan bencana dan memicu perang antar geng di seluruh kota. Lalu ia diculik oleh Black Mask dan disiksa untuk mendapatkan informasi tentang Batman. Stephanie berhasil melarikan diri dan nyaris sampai di rumah sakit. Namun, akhirnya ia meninggal karena terlalu banyak luka serius ditubuhnya, Batman tetap di sampingnya sampai kematiannya, menghiburnya dengan mengatakan bahwa ia adalah Robin sejati. Kemudian terungkap bahwa Dr. Leslie Thompkins memiliki kemampuan untuk menyelamatkan kehidupan Stephanie namun menolak melakukannya, ia melakukan ini untuk mengirim sebuah peringatan kepada semua remaja di Gotham bahwa kecerobohan akan menyebabkan kematian.


Blue Beetle (Jaime Reyes)


Beberapa saat sebelum kematian Ted Kord, Blue Battle meninggalkan Scarab, sebuah kostum berteknologi tinggi yang diciptakan oleh Alien milik Dan Garrett di Rock of Eternity bersama Shazam. Scarab lalu mendarat di suatu tempat di El Paso, Texas dan ditemukan oleh seorang remaja bernama Jaime Reyes. Kemudian, Scarab tersebut mengikat dirinya dengan tubuh Jaime, dan memasuki hubungan yang jauh lebih interaktif dengan Jaime daripada dengan Dan Garrett.

Dengan menggunakan Scarab Jaime memiliki kekuatan besar dan menggunakan kekuatan itu untuk melindungi orang yang tidak bersalah dan membuatnya bergabung bersama Generation Lost Justice League bersama Booster Gold, Captain Atom, Fire, Ice and Rocket Red 7. Semua anggota Generation Lost adalah mantan anggota Justice League International. Blue Beetle (Ted Kord) awalnya adalah bagian dari grup ini dan Jaime telah mengisi posisi Ted dalam anggota. Dalam suatu waktu, Jaime bersama anggota lainnya harus menghadapi Max Lord, namun sayang Jaime ditembak di kepala seperti Ted Kord.


Robin (Jason Todd)


Robin versi kedua yaitu Jason Todd, menjadi salah satu karakter yang kurang dikenal dan tidak disukai oleh para penggemar komik untuk menggantikan karakter Dick Grayson. Menyadari hal ini, DC lalu membuat sebuah voting apakah menginginkan Jason Todd tetap hidup atau mematikannya. Perolehan suara menunjukan angka yang beda tipis (5.343 kematian dan 5.271 tetap hidup). Jason Todd akhirnya dimatikan dalam sebuah komik seri “Batman: Death in the Family” oleh Jim Starlin. Diceritakan bahwa Jason mengetahui jika Catherine Todd bukan ibu kandungnya. Setelah pergi mencari ibunya yang sebenarnya, akhirnya ia menemukan ibu kandungnya yang sedang berhadapan dengan Joker. Namun hal itu ternyata hanyalah jebakan dan ibunya menyerahkan Jason kepada Joker.

Tidak bisa menghindari Joker, Jason harus menerima dan pasrah ketika dirinya dipukuli habis hingga tak berdaya oleh Joker. Ia memukuli Jason menggunakan sebuah linggis hingga pingsan. Setelah sadar, ia ternyata berada di dalam sebuah gudang yang telah diberi bom waktu bersama ibu yang menjebaknya. Setelah gagal keluar dari gudang tersebut, Jason Todd akhirnya meninggal tertimpa puing-puing reruntuhan, tetapi sang ibu berhasil selamat dan Batman merasa sangat terpukul dengan kepergian Jason Todd.


Jonathan Kent (Superman Father)


Dalam kisah Brainiac yang ditulis oleh Geoff Johns pada tahun 2008. Seorang villain bernama Brainiac, diketahui telah mencuri kota Kandor dengan mengecilkannya dan memasukan kota tersebut dalam sebuah tabung. Dalam upaya melacak keberadaan Brainiac, Superman terbang melintasi galaksi. Ia menyaksikan Brainiac mencuri kota seperti yang ia lakukan terhadap kota Kandor, Brainiac yang menyadari kehadiran Superman lalu menembakan rudal ke arah matahari dan ledakan itu membuat Superman tak sadarkan diri lalu membawanya ke kapal Brainiac.

Singkat cerita, Superman lolos dari Brainiac dan memaksanya mendarat di Bumi dan keluar dari kapal. Brainiac tidak bisa menghadapi bakteri dan mikro-organisme yang terdapat di Bumi. Akibatnya ia tidak bisa mengendalikan apapun di Bumi dan bisa langsung dikalahkan oleh Superman. Namun Brainiac memiliki satu cara terakhir. Setelah membaca pikiran Superman, ia tahu di mana orang tua Superman tinggal, dan ia segera meluncurkan rudal yang meledak tepat di peternakan milik Jonathan Kent (ayah angkat Superman). Meskipun tidak ada yang terluka oleh ledakan itu, namun Jonathan Kent terkena serangan jantung dan meninggal di pelukan Martha.


The Flash (Barry Allen)


Barry Allen a.k.a The Flash salah satu karakter superhero yang populer dan berpengaruh dalam dunia DC. Pada event Crisis on Infinite Earths, ia menghancurkan mesin Anti-Matter yang secara tidak langsung juga telah menyelamatkan semua Universe DC dari penghancuran Bumi oleh Anti-Monitor.

BACA JUGA: Inilah Cerita Origins Celestial di Jagad Marvel!

The Flash lalu berlari secepat mungkin berulang kali untuk menghancurkan Anti-Matter, tetapi selain mesin tersebut yang hancur, tubuh Barry pun menguap dan saat itu langsung menghilang. Berkatnya, kehancuran multiverse DC berhasil digagalkan dan semua orang berduka atas kematian Barry.

_

Nah, itulah 10 kisah kematian tragis para karakter Universe DC dalam sejarah komik, dalam aksinya melawan para villain. Jika mempunyai versi lainnya mengenai kisah di atas, kamu bisa menambahkan ulasannya dalam kolom komentar di bawah ini ya Geeks. 

1
2