Sistem PvP antar trainer sekarang tersedia di gim Pokemon Go, banyak para pemain sekarang bisa bertarung melawan teman-teman mereka, keluarga, dan bahkan orang asing, demi menjadi yang terbaik yang pernah ada. Sistem PvP masih relatif baru di gim ini, makanya banyak para pemain yang mungkin membutuhkan bantuan dalam petualangan mereka. Ada beberapa tips dan trik yang bisa membantu kalian untuk memenangkan pertarungan tersebut.


Berlatih Dengan Pemimpin Tim


Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan pertarungan PvP adalah dengan berlatih bersama pemimpin tim dan hal tersebut bisa di lakukan di game ini. Pergi ke menu pertarungan (battle) dan pilih salah satu dari tiga pemimpin tim: Blanche, Spark, dan Candela. Para pemain juga tidak perlu khawatir tentang hubungan tim karena mereka bisa bertarung dengan siapapun.

Pertarungan tersebut bisa menghasilkan hadiah harian (daily rewards), jadi bukan hanya sekedar latihan kita juga bisa mendapatkan hadiah. Sepertinya para pemimpin tim tersebut tidak pernah menggunakan tameng pelindung (protect shields), berbeda dengan musuh di pertarungan PvP yang sebenarnya.


Pahami Musuh Dan Tipe Pokemon Apa Yang Kalian Hadapi


Satu dari beberapa poin kunci untuk memahami sistem PvP adalah dengan memahami pokemon tipe apa yang tim kalian akan hadapi. Meskipun mustahil untuk pokemon yang kita punya menutupi seluruh kelemahan musuh, setidaknya kita bisa memahami apa tipe mereka dan apa yang harus kita lakukan dengan pokemon tersebut. Jangan menggunakan tipe yang sama di dalam pertarungan. Gunakan tipe yang berbeda sehingga kita bisa menyerang musuh dengan berbagai variasi serangan. Kuncinya adalah berfikir di luar kebiasaan dan menjadi kreatif dalam meracik tim agar bisa mengalahkan seluruh musuh.


Gunakan Tameng Secara Tepat


Bukan hal yang aneh untuk menggunakan tameng dalam setiap serangan yang masuk. Tapi, ada satu hal penting yang harus d ingan tentang tameng dalam pertarungan PvP: masing-masing pemain hanya bisa menggunakan tameng tersebut sebanyak dua kali. Artinya jika para pemain menggunakan kedua tameng tersebut dalam dua setangan pertama, maka tamengnya tidak bisa kembali di pakai.


Gunakan Gerakan Serangan


Ketika menyerang, pemain menggunakan sesuatu yang di sebut Quick Move. Dengan menggunakan terus menerus gerakan Quick Move, kita akan bisa melakukan Charge Move ketika bar nya sudah penuh. Ketika sudah penuh, pilih dan mulai tekan secepat mungkin layar untuk mengeluarkan damage sebesar mungkin. Sebuah Charge Move yang baik bisa mengurangi poin lawan lebih dari setengahnya.

Triknya adalah mengetahui bagaimana mengejutkan musuh sehingga mereka tidak bisa menduga serangan kita tersebut. tidak ada patokan kapan Charge Move aktif. Beberapa bisa lebih cepat dan beberapa bisa lebih lambat. Para pemain bisa membeli Charge Move tambahan dengan Candy dan Stardust.


Menerima Damage Tidak Meningkatkan Energi


Ada beberapa perbedaan utama antara bagaimana cara kerja dari pertarungan trainer di Pokemon Go. Satu yang membedakan dengan yang lain adalah energi. Di Gym dan Raid battle, menerima damage bisa menghasilkan energi. Berbeda kasusnya di PvP. Di PvP satu-satunya cara untuk mendapatkan energi adalah dengan menggunakan Quick Move. Artinya kalian tidak bisa melakukan Charge Move hanya dengan menerima Damage.


Ganti Pokemon Untuk Lebih Banyak Charge Move


Charge Move merupakan hal yang penting dalam mengalahkan musuh secara cepat, dan dengan Charge Move tambahan yang memakan Candy dan Stardust, hal tersebut bisa menghabiskan Candy dan Stardust yang kita punya. Dengan mengganti pokemon di tengah tengah pertarungan dan tidak mengahapus Charge Move mereka saat proses pengisian berlangsung, hal tersebut bisa menjadi cara yang lebih baik daripada menghabiskan banyak Candy dan Stardust.

Cara terbaik untuk melepaskan serangan Charge Move dadakan adalah menukar ke pokemon yang barnya hampir penuh dan kemudian mengalahkan musuh. Setelah 60 detik, kalian bisa kembali menukar pokemonnya. Lakukan lagi hal yang sama untuk melepaskan serangan Charge Move dadakan lainnya.


Mengerti Bahwa Setiap Move Berbeda Di PvP


Setiap Move berbeda di sistem PvP dibandingkan dengan Gym dan Raid Battles. Quick Move menggunakan sistem bergilir, yang berlangsung sekitar setengah detik. Hal ini agar PvP bisa berlangsung dengan lancar. Penegmbang kemudian memutakhirkan Health Point dari masing-masing pemain setelah gilirannya.

Perbedaan kecil ini mungkin tidak bergitu terasa  tapi, hal ini bisa mempengaruhi seberapa cepat Charge Move aktif, juga bagaimana pertarungan antar trainer berlangsung. Ada kemungkinan kedua trainer kalah jika kedua pokemon mereka kalah dalam waktu yang bersamaan. Mengerti bagaimana sistem ini bekerja bisa memberikan perbedaan antara menang dan kalah.