Bagi para penggemar Power Rangers Tommy Oliver adalah karakter legendaris yang akan selalu diingat dan menjadi ikon dari franchise ini. Penampilannya sebagai ranger hijau di dalam Mighty Morphin Power Rangers adalah peran perdana yang menarik perhatian. Hal ini dikarenakan Tommy adalah ranger pertama yang beraliansi dengan tokoh antagonis untuk melawan kelima anggota rangers utama. Setelah Tommy berhasil disadarkan ia kemudian bergabung menjadi anggota keenam dari Power Rangers. Selama kedepannya, Tommy menggantikan kepemimpinan Jason Lee Scott, sehingga membuatnya menjadi orang yang bertanggung jawab dalam memimpin para rangers dalam melawan kejahatan.

Namun bagaimana jadinya apabila Tommy tidak memilih untuk bergabung dengan para rangers dalam membasmi kejahatan? Hal itulah yang terjadi di dalam komik Mighty Morphin Power Rangers dari Boom! Studios. Di dalam komik ini terdapat versi lain (alternate universe) dari Tommy yang ternyata tidak bergabung dengan para rangers dan menamai dirinya sebagai Lord Drakkon. Dengan kekuatan yang diraihnya ia dapat menguasai bumi dan memimpinnya dengan tangan besi. Simak terus artikel ini untuk mengetahui bagaimana Tommy menjadi Lord Drakkon.


Kisah Awal Tommy Menjadi Ranger Hijau


Tommy Oliver pertama kali muncul di dalam franchise Power Rangers sebagai ranger hijau di dalam serial televisi Mighty Morphin Power Rangers. Ia adalah seorang remaja yang sekolah di SMA Angel Grove sama seperti karakter lainnya. Ia melawan Jason di dalam sebuah kompetisi bela diri dengan hasil seimbang, keduanya saling menganggap satu sama lain sebagai saingan. Rita Repulsa, antagonis utama Mighty Morphin Power Rangers, melihat potensi sang anak muda dan mengikatnya dengan sihirnya. Ia kemudian memberikan Tommy Power Coins keenam, Dragon Coin, sehingga merubahnya menjadi ranger hijau. Dalam pengaruh sihir Rita, Tommy melakukan banyak hal jahat untuk menghancurkan para rangers, termasuk menyabotase mesin penghubung Zordon dan meretas sistem Alpha 5.

Untuk semakin memperkuat bawahannya Rita lantas memberikan Tommy pedang kegelapan (Sword of Darkness). Ia kemudian berusaha menghancurkan Angel Grove dengan bantuan Zord miliknya, Dragonzord. Namun, berkat kerja keras para anggota Power Rangers, mereka berhasil mengalahkan Dragonzord dan melepas Tommy dari pengaruh sihir Rita. Di dalam jalan cerita resmi franchise Power Rangers, Tommy kemudian bergabung menjadi anggota keenam. Ia kemudian mengambil alih tonggak kepemimpinan dari Jason. Tommy terus membantu Zordon dan para rangers  dalam melawan kejahatan di dalam Power Rangers Zeo, Power Rangers Turbo, dan Power Rangers Dino Thunder.


Perjalanan Menjadi Lord Drakkon


Namun, di dalam jalan cerita komik Mighty Morphin Power Rangers karya Boom! Studios, Tommy lantas tidak bergabung dengan para rangers dalam membasmi kejahatan. Ia kabur ketika para rangers melepaskannya dari sihir Rita dan berkelana dari kota ke kota. Sang ranger hujau kemudian bertemu Rita Repulsa yang mengatakan padanya bahwa ia memilihnya menjadi Green Ranger untuk membantunya “menyatukan” bumi. Tertarik, ia pun mengikuti Rita kembali untuk menguasai bumi dengan menundukkan setiap kota yang ada ke dalam perintahnya. Ketika pasukan Rita di bawah pimpinan Tommy hendak menyerang markas Power Rangers, Zordon dan Alpha 5 tengah membuat sebuah kostum baru: White Ranger. Jason secara otomatis terpilih untuk mengemban kekuatan ini, sementara rangers lainnya berusaha menahan pasukan Rita agar Jason dapat sepenuhnya dapat memiliki kekuatan White Ranger.

Sayangnya Jason tewas di tangan Tommy sebelum ia memiliki kekuatan White Ranger. Tommy lantas mengambil kekuatan White Ranger dan menggabungkannya dengan kekuatan Green Ranger-nya, sehingga kostumnya memiliki perpaduan motif antara Green dan White Ranger. Setelah kehilangan satu-satunya harapan terakhir mereka, para Power Rangers kalah, Zord mereka pun dihancurkan, sementara Tommy berhasil menguasai bumi atas nama Rita. Namun, meski ia menguasai bumi atas nama Rita, Tommy sebenarnya telah membunuh sang penyihir setelah ia mengalahkan para rangers. Sang ranger hijau kemudian mengganti namanya menjadi Lord Drakkon. Dengan Power Coins yang direbut dari para angota Power Rangers, Lord Drakkon kemudian membuat sebuah pasukan yang menggunakan armor Power Rangers dengan julukan Power Sentries.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

2 KOMENTAR

  1. 360 derajat berarti kembali ke titik semula dong. Belajar matematika dulu lah. Masa kalah sama anak SD. Yg bener tuh 180 derajat.

Comments are closed.