Kehadiran Elasti-Woman, Robotman, dan Negative Man di dalam serial Titans  rupanya cukup untuk membuat para penggemar komik, terutama DC Comics, kegirangan. Pasalnya, ketiganya adalah anggota dari tim superhero terkenal yang telah muncul semenjak tahun 1963: Doom Patrol. Rupa-rupanya kehadiran tiga anggota Doom Patrol di dalam Titans ini bukan hanya sekedar fan-service, namun juga menjadi salah satu rencana DC untuk membawa petualangan para anggota superhero “misfit” ini ke dalam layanan streaming mereka, DC Universe. Hal ini dapat dilihat melalui teaser trailer Doom Patrol yang muncul di internet.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau Doom Patrol pertama kali muncul di dalam komik pada tahun 1963, tepatnya di dalam antologi komik My Greatest Adventures. Tim superhero ini diciptakan oleh penulis Arnold Drake dan Bob Haney, serta ilustrator Bruno Premiani.  Pada tahun 1964, tepatnya pada isu ke 86 dan seterusnya, komik My Greatest Adventures diubah menjadi Doom Patrol. Doom Patrol sendiri terdiri dari The Chief (Doctor Niles Caulder), Elasti-Girl (Rita Farr), Negative Man (Larry Trainor), Robotman (Cliff Steele), Mento (Steve Dayton), dan Beast Boy (Garfield Logan). Beberapa karakter lain, seperti Crazy Jane (Kay Challis), muncul sebagai anggota di isu-isu mendatang. Mereka adalah tim superhero yang tidak mendapat tempat di masyarakat, karena kekuatan yang mereka miliki membuat mereka diasingkan atau trauma. Sebelum serial ini tayang tahun depan ada baiknya Geeks membaca artikel ini untuk mengetahui apa dan siapa itu Doom Patrol.


Terbentuknya Tim Doom Patrol


Seorang ilmuwan gila yang duduk di kursi roda bernama Chief (Niles Caulder) berniat untuk menciptakan sebuah tim berisikan orang-orang dengan kekuatan super yang tidak diterima masyarakat. Uniknya, setiap anggota yang direkrut ke dalam timnya telah mendapatkan kecelakaan yang “diatur” oleh Caulder sendiri. Ia kemudian mendorong mereka untuk melakukan misi-misi berbahaya untuk menyelamatkan dunia.

Rencana awal untuk membentuk tim ini dimulai oleh Caulder dengan cara menciptakan Robotman, seperti Mystery Man pada tahun 1940-an, dengan memindahkan otak manusia ke dalam tubuh robot. Awalnya ia menciptakan sebuah ledakan laboratorium yang menghancurkan tubuh koleganya. Sayang, rencana untuk memasukan otak koleganya, yang tidak diketahui namanya, ke dalam tubuh robot ini gagal ketika sang otak (yang ke depannya menjadi antagonis Doom Patrol bernama The Brain) diselamatkan oleh gorilla peliharaannya bernama Monsieur Mallah.

BACA JUGA: Tony Bangun Kembali Ultron Untuk Kalahkan Thanos?

Kegagalan ini membuat Caulder merubah rencananya dengan menghancurkan tiga kehidupan individu bernama Cliff Steele (Robotman), Rita Farr (Elasti-Girl), dan Larry Trainor (Negative Man). Caulder kemudian memotivasi para anggota Doom Patrol ini untuk menggunakan kekuatan mereka demi keamanan dunia. Meski mempercayai Chief sebagai pemimpin mereka, para anggota Doom Patrol tidak sadar kalau ialah yang sebenarnya bertanggung jawab atas kehancuran hidup mereka dan mendapat kekuatan yang membuat mereka trauma serta diasingkan oleh publik. Sepanjang karir mereka, Doom Patrol bertemu dengan berbagai supervillain yang tidak kalah anehnya, seperti otak jenius yang bisa berbicara (The Brain) dan gorilla jenius peliharaannya (Monsieur Mallah).

Mereka juga bertemu dengan Madam Rouge, satu-satunya anggota wanita di dalam organisasi supervillain Brotherhood of Evil. The Chief berusaha untuk merehabilitasi kepribadian gandanya, namun ia gagal dan malah terjurus untuk melakukan tindakan jahat. Selain supervillain, Doom Patrol juga bertemu dengan superhero aneh seperti mereka, seperti Steve Dayton (Mento). Ia lantas menikah dengan Elasti-Girl dan keduanya mengadopsi Beast Boy (Garfield Logan). Dua anggota Doom Patrol inilah yang pada akhirnya membentuk tim asli dari Doom Patrol. Sepanjang serial komiknya berlanjut, Doom Patrol akan mendapat inkarnasi baru dengan karakter-karakter yang berbeda dari tim aslinya. Meski Robotman adalah satu-satunya anggota Doom Patrol yang muncul di dalam setiap versi dari Doom Patrol semenjak kemunculannya pertama kali pada tahun 1963.


Mengenal Beberapa Anggota Doom Patrol


Doom Patrol tidak akan terbentuk apabila tidak ada sang Chief (Niles Caulder), ia pada awalnya adalah seorang ilmuwan muda yang menggunakan cara tidak lazim dalam penelitiannya. Kejeniusannya inilah yang secara tidak sengaja menjadikannya bawahan dari General Immortus, yang mendanai penelitiannya untuk membuat obat untuk hidup abadi. Untuk menjadikan Caulder loyal dengan dirinya, General Immortus memasukkan bom ke dalam dada sang ilmuwan muda. Beruntung ia berhasil memindahkan bom ini dan terlepas dari cengkraman Immortus. Sayangnya dalam proses operasi untuk memindahkan bom, Caulder kehilangan kedua kakinya dan ia terpaksa harus menggunakan kursi roda sepanjang hidupnya. Kejadian ini menginspirasi Caulder bahwa kehidupan yang lebih baik datang setelah seseorang berhasil bertahan hidup dari kejadian yang tragis. Oleh karena itulah ia mengatur kehidupan beberapa individu agar mereka mendapat “kecelakaan” dan mendapat kekuatan super, kemudian memotivasi mereka untuk menggunakan kekuatan mereka sebagai Doom Patrol.

BACA JUGA: 5 Hero Non Marvel dan DC Yang Paling Keren!

Salah satu anggota paling populer dari Doom Patrol adalah Clifford Steele alias Robotman. Ia adalah seorang pemain acrobat yang sangat terobsesi dan terlibat di dalam setiap tindakan berbahaya, seperti menjelajahi gua, memanjat pegunungan Himalaya, mengarungi sungai Amazon, dan hidup bersama dengan suku pedalaman di Afrika. Ketika ia menjadi atlet balap NASCAR, ia mengalami “kecelakaan” yang menghancurkan tubuhnya. Dokter Niles Caulder kemudian berusaha untuk menyelamatkan nyawanya dengan memindahkan otak Cliff ke dalam tubuh robot, sehingga terciptalah Robotman. Pada awalnya ada kesalahan di dalam sistem otaknya, sehingga ia mengamuk. Namun, setelah sang Chief berhasil membetulkan kesalahan di dalam sistemnya, Cliff menjadi tenang. Ia pun menawarkan Cliff untuk bergabung ke dalam anggota Doom Patrol bersama dengan Elasti-Girl dan Negative Man.

Rita Farr, alias Elasti-Girl atau Elasti-Woman, pada awalnya adalah seorang aktris Hollywood yang terekspos oleh gas vulkanik misterius ketika melakukan proses syuting di Afrika. Setelah ia siuman, Farr menyadari bahwa ia dapat memperbesar atau memperkecil tubuhnya sesuka hati. Ukurannya bervariasi, bisa sampai puluhan meter atau bahkan sekecil makhluk yang hanya dapat dilihat melalui mikroskop. Ketika ia dapat mengendalikan kekuatannya, Rita dapat kembali ke ukurannya semula, atau dapat memperbesar ukuran kaki dan tangannya. Kekuatan baru yang dimilikinya inilah yang membuatnya dicap aneh, sehingga menghancurkan karir Hollywood-nya. Ia kemudian bergabung dengan tim superhero “aneh” Doom Patrol, setelah ditawarkan oleh Chief. Pada cerita selanjutnya, Rita jatuh cinta dan menikah dengan superhero bernama Mento (Steve Dayton). Keduanya lantas mengadopsi seorang pria muda bernama Garfield Logan, yang nantinya akan menjadi Beast Boy dari Teen Titans.

Negative Man, nama aslinya Larry Trainor, adalah seorang pilot uji coba pesawat di Angkatan Udara Amerika Serikat. Ia telah menerbangkan berbagai jenis pesawat dan juga adalah teman dan kolega dari Hal Jordan (Green Lantern). Ketika ia tengah menerbangkan pesawat uji coba bernama X-19, Larry berhasil menembus atmosfer bumi. Namun, berkat rencana Niles Caulder alias The Chief, sistem pembimbing pesawatnya rusak dan ia justru malah melewati sebuah medan di luar angkasa yang memiliki radiasi mematikan. Gravitasi bumi membawanya kembali pulang, dan tepat sebelum pesawatnya jatuh, Larry berhasil mencegahnya. Merasa ada yang tidak beres dengan tubuhnya, Larry pergi ke rumah sakit dan menemukan bahwa ia kini memiliki tubuh cacat yang dengan kulit tembus pandang yang memancarkan radiasi. Berkat bantuan Chief, yang memberinya perban untuk meredam efek radiasi kulitnya, Larry berhasil keluar dari rumah sakit. Ia kemudian meneriwa tawaran Chief untuk bergabung ke dalam Doom Patrol.


Penampilan di Titans dan Masa Depan Doom Patrol


Pada tanggal 10 februari, 2018, co-creator sekaligus produser dari Titans mengumumkan bahwa episode keempat dari serial ini akan berjudul Doom Patrol. Di dalam episode inilah diperkenalkan keempat anggota Doom Patrol, mereka adalah: Elasti-Woman, Robotman, Negative Man, dan Dr. Niles Caulder alias The Chief. Memang Beast Boy tinggal di dalam mansion Doom Patrol dan adalah salah satu anggotanya di komik. Namun, mengingat serial ini fokus kepada grup Teen Titans maka ia lebih condong kepada grup ini daripada Doom Patrol.

BACA JUGA: 10 Karakter Yang Pernah Jadi Iron Man!

Pada 14 Mei, 2018 DC Universe mengumumkan bahwa mereka akan memberikan spin-off dari Titans, yang akan menampilkan para karakter Doom Patrol. Season pertama dari serial ini akan tayang perdana pada bulan Mei 2019 dan akan menampilkan tiga belas episode. April Bowby, Brendan Fraser, dan Matt Bomer akan kembali menampilkan Elasti-Woman, Robotman, dan Negative Man. Diane Guerrero akan berperan sebagai Crazy Jane, Joivan Wade sebagai Victor Stone/Cyborg, dan Alan Tudyk akan memerankan Eric Mordern alias Mr. Nobody. Bruno Bichir, yang memerankan Chief di dalam Titans, akan digantikan oleh Timothy Dalton. Kalau Geeks menyukai Titans dan penasaran bagaimana penampilan Doom Patrol di dalam layar kaca, ada baiknya kalau Geeks menunggu kehadirannya pada bulan Mei mendatang.