Tak dipungkiri bahwa salah satu tren yang sedang “hot” di industri perfilman Hollywood saat ini adalah rana sinematik (Cinematic Universe) atau “Sharing Universe”. Ya mau dengan apapun kita memanggilnya, siapa sangka tren yang dipopulerkan oleh Marvel Studios dengan MCU-nya ini, bisa sukses menjadi trendsetter?

Spesifiknya, pasca kesuksesan MCU, perlahan tapi pasti semakin banyak studio-studio yang ikut menerapkan tren ini. Alhasil seperti kita ketahui, kini lumayan banyak rana sinematik yang eksis dan memberikan kita alternatif tontonan yang tidak kalah asyiknya dari MCU.

Dan dari sekian banyak rana sinematik yang eksis saat ini, berikut adalah 6 besar diantaranya.


Dark Universe


Tidak jelas. Ya 2 kata ini rasanya pas sekali untuk mendeskripsikan reboot Universal Monsters ini. Pasalnya semenjak mulai dikembangkan di tahun 2012, pengembangan universe ini bisa dikatakan sangat kacau balau.

Diawali dengan perilisan Dracula Untold (2014), film yang dibintangi oleh Luke Evans (The Hobbit) sebenarnya ditujukan sebagai film pembuka dari rangkaian sinematik ini. Sayang setelah dipertimbangkan lagi, pihak Universal lebih memilih untuk menjadikan filmnya sebagai franchise.

Masih optimis untuk me-revitalisasi universe-nya, film reboot The Mummy pun dirilis di tahun 2017. Sayang sekali resepsi film yang dibintangi oleh Tom Cruise (Mission: Impossible) dan Annabelle Wallis (Annabelle) ini, sangatlah negatif.

Alhasil dengan kegagalan demi kegagalan, ketidak jelasan demi ketidak jelasan, proyek Dark Universe kini sedang di-pending hingga waktu yang belum ditentukan lagi. Semoga saja cepat dibenahi. Karena selain menjanjikan, Dark Universe bisa dibilang merupakan cinematic universe yang memang sangat penting untuk dilanjutkan kembali.


MonsterVerse


Terencana. Itulah salah satu prinsip yang harus diterapkan studio ketika memutuskan untuk menciptakan sharing universe. Dan prinsip ini nyatanya diterapkan secara baik oleh Legendary Entertainment dan Warner Bros ketika berinisiatif mencitakan MonsterVerse ini.

Dari sejak proses produksi Godzilla (2014), keduanya sudah tahu betul bahwa ada akhirnya mereka memang akan mengadu si raja monster dengan si primata ganas, King Kong. Dan terbukti sejauh ini, universe ini berjalan dengan sangat lancar jaya.

BACA JUGA: 10 Monster Yang Bisa Kalahkan Godzilla

Kini, kita tinggal bersabar saja menunggu hingga kedua monster fiksi ikonik ini bertarung sampai titik darah penghabisan di film final dari cinematic universe ini, Godzilla VS Kong yang sedianya akan dirilis 22 Mei 2020 mendatang.

BACA KELANJUTANNYA DI HALAMAN 2