Sudah sepuluh tahun sejak film Iron Man keluar dan menjadi permulaan dari kisah kisah di Marvel Cinematic Universe. Dan sejak itulah Marvel Cinematic Universe terus berkembang sampai menjadi franchise film terbesar sepanjang sejarah.

Selama sepuluh tahun juga, Marvel Cinematic Universe telah memperkenalkan segudang pahlawan seperti Iron Man,Star-Lord,Black Widow, Doctor Strange,Spider-Man, Scarlet Witch dan lainnya. Beberapa superhero juga mulai diperkenalkan dalam film solo mereka sendiri walau ada beberapa yang mendapatkan debut pada film Avengers dan Guardian of the Galaxy.

Setiap pahlawan tentu memiliki kostum yang keren untuk membantu mereka dalam menumpas kejahatan. Maka sang Concept Artist akan menyusun berbagai macam kemungkinan kostum yang akan digunakan oleh sang tokoh utama. Beberapa akhirnya digunakan, dan beberapa hanya jadi portofolio sang artist. Namun concept art yang tidak digunakan bukan berarti tidak bagus, hanya saja belum sesuai dengan selera dan kebutuhan filmnya. Penasaran dengan berbagai concept art yang tidak digunakan oleh Marvel Studios? Simak selengkapnya dibawah ini ya Geeks!


Doctor Strange


Pada tahun 2016, Marvel mulai memperluas Cinematic Universe mereka dengan dihadirkannya Doctor Strange yaitu seorang alih bedah saraf terkenal di dunia bernama Dr. Stephen Strange yang hidupnya berubah karena kecelakaan mobil telah merenggut fungsi kedua tangannya secara permanen. Dia telah menghabiskan seluruh uangnya untuk bisa menyembuhkan tangannya, namun tidak ada satupun yang berhasil. Akhirnya Dr.Strange pergi ke Kamar-Taj, dimana dia memperoleh kekuatan magis dan menjadi Sorcerer Supreme. Dengan penampilan memukau dari Benedict Cumberbatch membuat karakter dari Doctor Strange semakin hidup.

Kostum dari Doctor Strange berbeda dengan pahlawan MCU lainya yang biasanya menggunakan pakaian lebih sporty dan ketat. Sorcerer Supreme menggunakan kostum yang telah dipengaruhi oleh budaya Asia. Sebuah jubah kimono bewana biru, berlapis dan ditutup dengan Cloak of Levitation berwarna merah. Cloak of Levitation juga menyebabkan Dr.Strange dapat terbang. Kostum yang detail dan sangat mengesankan. Namun Andy Park merubah kostum Dr. Strange, ia menggambarkan tunik yang jauh lebih ramping dan jubah yang sedikit berbeda. Mungkin desain ini akan kita lihat di salah satu film MCU yang akan datang.

 


Iron Man Bullet Armor (Iron Man 3)


Tony Stark menghabiskan waktu luangnya untuk merancang dan membangun berbagai armor Iron Man. Jadi saat Iron Man 3, kita dapat melihat banyak armor Iron Man yang berterbangan untuk melawan The Mandarin. Sekitar 40 Armor Tony Stark dia ciptakan kemudian dihancurkan di Iron Man 3. Namun banyak sekali desain konsep terhadap armor Iron Man yang tidak digunakan dalam film.

Salah satunya adalah Iron Man Bullet Armor yang memiliki desain halus, mengiklap dan memiliki sudut yang bulat. Desain ini sangat keren dan unik tapi ada keraguan terhadap desain itu karena terlihat aneh. Akhirnya desain tersebut tidak terpakai karena tidak cocok jika ditampilkan dalam sebuah pertempuran.

 


Spider-Man (Spider-Man: Homecoming)


Di tahun 2016, Spider-Man akhirnya bergabung dengan MCU dan melakukan debut di Captain America : Civil War. Tahun selanjutnya, Spider-Man mendapatkan film solo pertamanya dibawah naungan Marvel yang berjudul Spider-Man: Homecoming. Peter Parker yang mendapatkan kostum keren dari Tony Stark mulai berhadapan dengan Vulture. Padahal Tony Stark menyuruhnya untuk membantu orang sekitar, bukan melawan penjahat dengan kekuatan super. Akhirnya Tony Stark mengambil kostum tersebut untuk memberikan pelajaran kepada Peter.

BACA JUGA: Inilah Penjelasan Ending Film Bird Box

Berbicara tentang kostum Spiderman rancangan Ryan Meinderding, hampir terlihat bebeda. Berbagai Concept Artis membagikan sejumlah desain untuk kostum Spider-Man yang menampilkan simbol laba-laba besar di dada Peter. Nah diatas adalah contoh tiga desain awal dari Spider-Man. Dari ketiga desain tersebut, desain tengahlah yang tidak digunakan, kerena terlalu banyak warna gelap pada kostum tersebut sehingga tidak pantas untuk digunakan Peter Parker yang ramah.


Thor (Thor: Ragnarok)


Film ke 17 di MCU dan film ketiga dari serial Thor. Film yang dikemas dengan urutan aksi mengagumkan, soundtrack yang memanjakan telinga serta twist tak terduga membuat film Thor Ragnarok adalah film Thor terbaik. Dengan pendapatan mencapai $853 juta diseluruh dunia. Apalagi ditambah penampilan baru dari God of Thunder memberikan sebuah tampilan segar untuk karakter tersebut.

Concept Artist Andy Park memiliki sebuah desain konsep rambut lain dari God of Thunder. Dengan rambut yang lebih pendek, justru memberikan kesan lucu terhadap God of Thunder. Untung saja desain ini tidak digunakan. Betapa buruknya jika desain tersebut digunakan.


Black Panther (Captain America : Civil War)


Penampilan pertama dari Black Panther terjadi di Captain America : Civil War dan mendapatkan sambutan baik dari para fans. Selain Black Panther, film tersebut juga menjadi ajang debut dari Spider-Man. Chadwick Boseman digambarkan secara luar biasa pada Black Panther. Dipadu dengan kostum simple dan elegan. Namun ada desain lain yang berbeda dari kostum yang biasa kita lihat.

BACA JUGA: Bagaimana Time Travel Muncul di Avengers: Endgame?

Desain yang lebih menampilkan struktur otot dan menyerupai nanosuit dari Game Crysis. Desain tersebut lebih menampilkan Black Panter sebagai seorang penjahat karena desain yang terkesan mengancam dan ganas. Desain yang akhirnya digunakan dalam film jauh lebih cocok, akurat dengan komik dan juga estetis.

PAGE 2: QUICKSILVER, VISION, SCARLET WICTH, HULK, THE WASP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here