Rencana kembalinya Scott Summer sudah sangat sulit untuk ditutup-tutupi lagi alias sudah sangat jelas bahwa dia akan kembali ke komik X-Men. Munculnya kembali Cyclops ke komik X-Men sudah diperlihatkan di beberapa gambar sampul dari komik X-Men. Penulis Matthew Rosenberg sudah mengkonfirmasi hal tersebut di akun media sosial miliknya bahwa Cyclops akan memimpin tim X-Men barunya sendiri.

Seperti yang diketahui, Cyclops mati dalam mini seri Death of X yang dirilis pada 2016 lalu. Cyclops meninggal akibat para X-Men terlambat mengetahui kalau Terrigen Mist, yang dilepas ke atmosfir bumi, merupakan racun bagi para mutan. Scott Summer adalah salah satu dari mutan yang pertama mati, meskipun kekasihnya, Emma Frost, masih belum menerima keadaan tersebut dengan berpura-pura bahwa Scott masih hidup. Dia menggunakan kemampuan telepatinya untuk berpura-pura dia meluncurkan sebuah kampanye melawan pembunuhan massal para Inhuman.

Komik Extermination dimulai dengan diperkenalkannya seorang Cable yang lebih muda, yang mana tugas pertamanya adalah membunuh dirinya di masa depan. Selama event tersebut berlangsung, Cable bari ini sudah mengungkapkan bahwa seluruh fokusnya adalah mengembalikan seluruh X-Men baru ke waktu mereka sendiri. Dia percaya bahwa dirinya di masa depan sudah mengetahui keamanan dari lini masa dengan membiarkan X-Men dari masa lalu tinggal di masa sekarang, dan kemudian Cable pun benar mengenai hal tersebut.

BACA JUGA: Bagaimana Time Travel Muncul di Avengers: Endgame?

Menarik untuk melihat bagaimana Cyclops bisa bekerja sama dengan seorang Cable muda. Itu juga bisa berarti bahwa Cyclops sedang mengumpulkan rencana untuk membunuh anaknya sendiri, yang mana mengisyaratkan Summers masih ingin melakukan apa yang para mutan lain tidak akan pernah lakukan. Di komik Extermination #5 ini, Marvel akan menjawab pertanyaan bagaimana dia bisa kembali hidup, mengapa dia bersembunyi dari para X-Men lainnya, dan apa yang sedang dia kerjakan atau apa yang menjadi tujuannya saat ini.