Seperti yang kita lihat di film Aquaman (2018), Arthur Curry (Jason Momoa) sukses mendapatkan triden emas ikoniknya atau yang lebih dikenal juga dengan nama: Trident of Neptune.

Alhasil seperti yang juga telah dijelaskan di filmnya, Curry pun sukses menjadi penguasa Atlantis baru. Sayangnya, film yang disutradarai oleh James Wan (The Conjuring) ini, tidak menggali lebih detail terkait senjata yang dulu dimiliki oleh King Atlan tersebut.

Oleh karenanya, mari kita sekarang bahas lebih dalam Trident of Neptune ini baik asal muasalnya, kekuatan yang dimiliki dan siapa-siapa saja yang pernah memilikinya.

 


Asal Muasal


Untuk membahas kisah origin dari trisula sakti ini, kami akan menggunakan kisah asal-usul yang ditampilkan di seri komik New 52. Karena seperti kita tahu, film Aquaman sebagian besar mengambil storyline dari seri komik tersebut.

Trident of Neptune merupakan salah satu dari ketujuh harta karun keramat milik Atlantis. Seluruh harta karun tersebut memiliki warna emas dikarenakan ketujuhnya terbuat dari The Gold of Legacy.

Dan triden ini pertama kali digunakan oleh Raja Atlan. Seperti di filmnya, ketika Atlan memiliki Triden ini, ia sukses menjadi raja dari 7 lautan. Selain itu, siapapun yang memiliki triden ini, maka ia memiliki hak eksklusif kepimpinan terhadap berbagai lautan yang ada di dunia ini.  Oleh karenanya, tak heran apabila banyak rakyat Atlantis yang berambisi besar untuk memiliki triden ini.

 


Kekuatan dan Kemampuan


Masih berdasarkan seri komik New 52, dikisahkan bahwa triden ini diyakini tidak memiliki kekuatan supranatural / mistis apapun. Namun kenyataannya justru sebaliknya.

Nah, berikut, adalah kekuatan-kekuatan super nan gokil yang dimiliki oleh Triden tersebut.

1. Mampu mengkoyak-koyakkan anggota New Gods seperti Darkseid.

2. Mengandung kekuatan seluruh dewa-dewa yang membuat penggunannya “auto” menjadi penguasa Atlantis.

3. Mampu Memanipulasi dan Menguasai Aliran Air

4. Mampu Menyembuhkan Penyakit dan Meningkatkan Stamina Aquaman

5. Mampu Membuat Penggunanya Berteleportasi

6. Mengendalikan Cuaca dan Lempengan Tektonik Gempa Bumi

7. Memanggil Kilat dan Menembakkan Petir di Bawah Laut

8. Bisa Mengendalikan Perangkat Atlantis Manapun

 


Yang Pernah Memiliki


Walau Trident of Neptune identik dengan Aquaman dan Atlan, nyatanya beberapa karakter berikut juga pernah memiliki triden ini. Dan berikut adalah karakter-karakter yang dimaksud tersebut.

Mera

Pastinya. Sebagai kekasih lalu istri dari Curry, sangat aneh apabila Mera tidak pernah memiliki triden suaminya ini. Terlebih di salah satu kisah, triden ini suskes menyelamatkan nyawanya dari masalah pernapasan yang dideritanya.

Daniel Evans

Daniel Evans adalah seorang arkeolog yang sangat terobsesi untuk menyelidiki legenda dari Aquaman. Namun, di saat yang sama ia juga terobsesi untuk memiliki Trident of Neptune. Usut punya usut, alasan ia terobsesi untuk memiliki senjata Aquaman tersebut adalah untuk (menurutnya) membuka gerbang yang ia yakini adalah gerbang dari benua hilang, Atlantis.

Sayang dalam prosesnya ia di-trik oleh ras Giant-Born dengan membuat dirinya mengira itu adalah gerbang yang dimaksud. Padahal justru yang ia buka dengan triden tersebut, adalah gerbang neraka. Alhasil, gara-gara trik tersebut, seluruh penghuni neraka pun terbebas keluar.

 

Nah Geeks itulah tadi seklumit pembahasan detail terkait senjata andalan Aquaman, Trident of Neptune. Bagaimana pendapat kalian terhadap pembahasan ini? Dan ketika tulisan ini diturunkan, sudah berapa kalikah kalian menyaksikan Aquaman di bioskop?

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)