Hingga kini kita seringkali mendengar atau membaca terkait kabar DCEU (sekarang Worlds of DC) yang masih terus menggodok adaptasi live-action perdana dari kelompok superheroine DC, Birds of Prey.

Mungkin bagi sebagian besar dari kita, kita masihlah belum terlalu familiar dengan nama kelompok ini dan juga anggota-anggotanya. Nah agar tidak kebingungan lagi, yuk mari kita simak penjelasan serta sosok-sosok superheroine dan supervillainess yang pernah menjadi anggota kelompok ini.


Awal Mula Formasi


Kelompok ini pertama kali diperkenalkan di komik Black Canary / Oracle: Birds of Prey #1 yang dirilis di tahun 1996. Komik ini ditulis oleh Jordan B. Gorfinkel & Chuck Dixon.

Awalnya kelompok ini hanya beranggotakan Barbara Gordon aka Batgirl yang kini menggunakan alter ego Oracle pasca mengalami kelumpuhan yang diakibatkan oleh Joker di storyline top The Killing Joke karya Alan Moore yang dirilis di tahun 1988 dan Dinah Lance aka Black Canary.

Tujuan keduanya membentuk kelompok yang awalnya berpusat di kota Gotham ini tentunya adalah untuk membantu Batman dan superhero-superhero DC lainnya memberantas kejahatan di kota tersebut.

Uniknya jauh sebelum keduanya membentuk kelompok ini, Oracle & Canary kurang begitu menyukai satu sama lain. Barulah ketika keduanya bertemu face to face, Dinah dan Barbara menjadi akrab dan memutuskan untuk membentuk Birds of Prey.


Bergabungnya Huntress dan Pindah-Pindah Markas


Pasca membentuk tim-nya, Helena Bertinelli aka Huntress, bergabung dengan keduanya setelah ia berhasil menyelamatkan Dinah dari sebuah jebakan. Melihat ketiganya yang sangat kohesif satau sama lain, Oracle pun memutuskan untuk memberikan ketiganya markas operasional.

Awalnya mereka bermarkas di Clock Tower di kota Gotham lalu pindah ke Metropolis dan Platinum Flatts. Namun ketika mendengar kabar bahwa Batman tewas,Oracle membubarkan grup ini sebelum akhirnya menghidupkannya kembali di Kord Tower cabang kota Gotham dengan Hawk & Dove sebagai dua anggota terbarunya.

Nah sering berjalannya waktu, layaknya seperti grup-grup superhero kebanyakan, Birds of Prey juga kerap mengalami banyak pergantian anggota. Dan berikut adalah sosok-sosok superheroine dan supervillainess top DC lainnya yang juga pernah mengisi kelompok super wanita ini.


1. Lady Blackhawk


Zinda Blake adalah sosok superheroine era 40an yang terdampar di waktu yang salah. Namun, kalau dipikir lagi sebenarnya ad auntungnya juga ia terdampar di waktu yang bukan seharusnya tersebut.

Pasalnya ia diandalkan oleh rekan Birds of Prey-nya untuk menjadi pilot mereka. Namun selain keahlian aviasi-nya, ia juga dikenal sebagai marksman handal dan mumpuni dalam menggunakan berbagai senjata api apapun.


2. Big Barda


Big Barda adalah salah satu anggota New God yang berasal dari Planet Apokolips. Ia juga adalah anggota dari Female Furies dan Justice League. Barda adalah istri dari Scott Free aka Mister Miracle.

Barda dibunuh di Death of the New Gods (2007) namun dibangkitkan lagi di Final Crisis (2008).


3. Manhunter


Kate Spencer bergabung dengan Birds of Prey atas ajakan dari Oracle pasca Canary memutuskan untuk mengundurkan diri dari grup ini. Dan hingga detik ini, ia masih menjadi anggota dari grup ini.

Manhunter bisa dikatakan adalah sosok yang paling kejam dibanding anggota-anggota lainnya. Maklumlah. Di kehidupan sehari-hari, ia adalah seorang Jaksa Federal. Kate sudah sangat muak dengan seluruh kriminal yang kerap bisa meloloskan diri dari sistem hukum yang ada.

Alhasil dengan latar belakang dan sifatnya tersebut, iapun lantas tidak pernah segan apabila ia diharuskan membunuh sosok krimial yang sudah sangat membandel.


4. Hawkgirl


Awal mula Hawkgirl (Kendra Saunders) bisa bergabung bersama Birds of Prey adalah setelah Oracle meminta bantuannya untuk menangani masalah dengan kelompok Secret Six. Berhasil menjalani tugas yang diberikan, Oracle lantas memberikannya sebuah mobil.

Setelah bergabung, iapun mulai melakukan feud panjang dengan Secret Six khususnya salah satu anggotanya yang bernama Scandal.


5. Vixen


Superheroine dari Afrika ini, sebenarnya telah diangkat oleh Oracle menjadi field agent Birds of Prey. Salah satu misi awalnya adalah ketika ia mengawal Huntress ke Pacific Northwest untuk menghentikan aksi sekte pemuja Meta Human.


6. Gypsy


Versi Arrowverse dari superheroine ini adalah Cynthia Reynolds (Jessica Camacho). Namun versi Arrowverse dan versi komik, tentunya berbeda satu sama lain (well, nama asli keduanya saja berbeda).

Tidak seperti versi Arrowverse yang kekuatannya lebih ke berpindah tempat (breach), versi komiknya, ia memiliki kekuatan lebih variatif lagi seperti: Menciptakan ilusi, mengkamuflasekan dirinya, dan mampu membaur dengan latar belakang apapun yang ada di dekatnya.

Ia pertama kali ditampilkan gabung bersama Birds of Prey di Birds of Prey #92 (1999) sebagai agen yang dipekerjakan oleh Oracle.


7. Katana


Seperti yang ditampilkan di film Suicide Squad (2016), Tatsu Yamashiro aka Katana, adalah sosok swordsman yang snagat mumpuni. Ia memiliki pedang yang biasa disebut dengan “Soultaker”.

Awalnya, ia hanya dimintai tolong untuk menyelamatkan Oracle dari Senator Pullman. Setelah sukses menyelamatkan dirinya, Barbara lalu memberikannya kartu namanya apabila sewaktu-waktu, ia membutuhkan bantuannya lagi.

Namun, setelah Barbara kembali menjadi Batgirl, iapun mengangkat Katana sebagai anggota tetap Birdds of Prey.


8. Catwoman


Walaupun sosoknya selalu tidak bisa dipercaya, nyatanya Selina Kyle sudah beberapa kali ikut beraksi bersama Birds of Prey. Salah satu misinya bersama mereka yang sangat terkenal adalah di mini seri Birds of Prey: Manhunt.


9. Lady Shiva aka Jade Canary


Bagi Geeks yang sudah pernah memainkan Batman: Arkham Origins (2013), pastinya kalian sudah tahu siapa dia. Ya, Lady Shiva adalah salah satu sosok assassin top di rana DC. Dikarenakan skill-nya yang sangat mumpuni, tak herana apabila ia ditunjuk untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan oleh Black Canary.

Dan uniknya, ketika ia sudah menempati posisi tersebut, ia villainess bernama asli Sandra Wu-San ini, , mengganti namanya menjadi Jade Canary. Namun setelah melakukan perjanjian lagi dengan Dinah, iapun meninggalkan Birds of Prey.


10. Poison Ivy


Dr. Pamela Isley direkrut ke Birds of Prey oleh Black Canary di komik New 52. Perekrutannya diprotes oleh anggota lainnya. Dan benar saja. Pada akhirnya, terungkap bahwasanya ia hanyalah bergabung ke grup ini demi memenuhi agenda gelapnya.

_

Nah Geeks. Itulah tadi seklumit latar origin dan 10 anggota ternamanya. Semoga saja adaptasi filmnya yang kini masih dikembangkan, nantinya akan bisa memuaskan kita sebagai fans-nya. Dari kesepuluh anggotanya, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)