Sesuai dengan nama franchise filmnya Star Wars, franchise karya George Lucas ini sudah pasti tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya planet. Dan faktanya planet memiliki peranan yang sangat penting baik bagi karakter maupun keseluruhan storyline filmnya.

Terdapat banyak planet yang memiliki peranan penting di sepanjang 4 dekade perjalanan franchise opera sabun luar angkasa ini. Namun dari semua, rasanya hanya kesepuluh inilah yang sangat vital peranannya. Sebelum dimulai, perlu kami ingatkan bahwa pembahasan ini, hanya akan menampilkan Planet-Planet yang sekali lagi, memiliki peranan yang sangat vital di filmnya.

Jadi, planet-planet lain yang peranannya sama atau jauh lebih penting namun, tidak ditampilkan di filmnya sejauh ini, maka tidak akan masuk ke dalam daftar ini. Kalau sudah jelas mari kita jelajahi kembali planet-planet keren tersebut Geeks!


10. Polis Massa


Mungkin banyak dari kita yang tidak begitu mengenal nama dari planet yang melakukan debut di Star Wars Episode 3: Revenge of the Sith (2005) ini. Wajarlah karena Polis Massa tidak disebutkan namanya di film tersebut.

Walau demikian, tak dipungkiri sama sekali bahwa planet ini memiliki peranan yang sangat vital bagi kesleuruhan franchise ini. Pasalnya Polis Massa adalah lokasi Padme Amidala (Natalie Portman) melahirkan kedua anaknya yang 30 tahun kemudian menjadi 2 figur terpenting di seluruh galaksi: Luke Skywalker (Mark Hamill) dan Leia (Carrie Fisher).

Dan di Polis Massa jugalah keduanya langsung dipisahkan setelah melalui perundingan alot antara Yoda (Frank Oz), Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor) dan Senator Alderan Bail Organa (Jimmy Smits). Berdasarkan perundingan, agar keduanya terhindari dari pengaruh Sith aka sisi gelap, Luke dikembalikan ke rumah keluarganya di Tatooine dan Leia, diadopsi oleh Bail.


9. Hoth


Planet es yang memiliki nama ironis ini, pertama kali diperkenalkan di Star Wars Episode 5: The Empire Strikes Back (1980). Hoth digunakan sebagai markas pasukan pemberontak (Rebel Alliance) kedua setelah Yavin 4.

Selain itu, Hothjuga merupakan rumah bagi mahluk berbulu besar yang hampir memakan Luke hidup-hidup, Wampa.


8. Mustafar


Planet vulkanik yang diperkenalkan di Revenge of the Sith ini, merupakan lokasi dimana Palpatine aka Darth Sidious (Ian McDiarmid) memerintahkan Anakin Skywalker aka Darth Vader (Hayden Christensen) membunuh General Grievous (Mathew Wood) dan seluruh sisa Trade Federation sehinnga, perang klon panjang dapat berakhir.

Selain itu, Mustafar juga menjadi lokasi pertarungan terakhir Obi-Wan dan Anakin sebelum seluruh wajahnya rusak akibat lahar panas dan menjadi sosok Vader yang sangat ikonik itu.


7. Coruscant


Coruscant bisa dikatakan adalah Jakarta atau New York nya Star Wars. Pasalnya Coruscant adalah satu-satunya planet yang berkonsep kosmopolitan (sangat maju).Saking majunya, Coruscant kerap dijadikan tempat pertuakaran pendidikan, seni, teknologi, dan kebudayaan.

Selain itu, Coruscant juga dijadikan markas pusat seluruh Jedi aka Jedi Temple.


6. Dagobah


Dagobah seperti yang dikatakan oleh Yoda, adalah satu-satunya sistem yang dilindung oleh force. Sehingga, tidaklah mengherankan apabila Yoda memilih tempat ini sebagai tempat persembunyiannya pasca peristiwa di Revenge of the Sith.

Disini pula, ia memberikan pelatihan jedi lebih lanjut ke Luke. Kalau tidak ada Dagobah, dipastikan selain Yoda tidak akan memiliki rumah, juga Luke mungkin tidak akan pernah bisa menjadi sosok Grandmaster Jedi seperti yang kita kenal sekarang ini.


5. Endor


Planet hutan yang ditampilkan di Star Wars Episode 6: Return of the Jedi (1983) ini, digunakan oleh pasukan kekaisaran (empire) untuk mendirikan shield generator yang dimanfaatkan untuk melindungi Death Star II yang masih dalam tahap pembangungan.

BACA JUGA: 10 Monster Yang Bisa Kalahkan Godzilla

Generator perisai tersebut akhirnya bisa ditaklukkan oleh Han Solo (Harrison Ford), Leia, dan mahluk “sok imut” kontroversial, Ewok. Dan pasca seluruh persiai hancur, pasukan pemberontak yang dikomandoi oleh Lando Calrissian (Billy Dee Williams), berhasil menghancurkan Death Star II dan perang panjang antara pemberontak dan kekaisaran pun berakhir.


4. Naboo


Planet indah ini sekilas terlihat tidak terlalu penting. Tapi pada kenyataannya justru sebaliknya Geeks. Naboo adalah fokus planet yang ditampilkan di film pertama dari saga ini, Star Wars Episode 1: The Phantom Menace (1999).

Dan alasan utama mengapa planet ini menjadi fokus utamanya adalah karena Darth Sidious dengan bantuan Trade Federation, memulai cikal bakal terornya di seluruh galaksi selama 60 tahun lamanya.

Bersama-sama, mereka mengorkestrasikan invasi Trade Federation ke Naboo yang alhasil, membuat calon ibu kandung Luke, Amidala, berjuang mati-matian untuk mempertahankan rumahnya ini. Di Naboo jugalah guru Obi-Wan, Qui-Gon Jinn (Liam Neeson), tewas dibunuh oleh Darth Maul (Ray Park) sebelum akhirnya, ia menghadapi takdir yang serupa di tangan Obi-Wan.


3. Bespin


Planet yang merupakan lokasi dari Cloud City ini, diekspos habis-habisan di The Empire Strikes Back. Di planet inilah kita bertemu dengan sahabat sekaligus rival Solo, Lando.

BACA JUGA: Yang Kita Harapkan Dari Season Final Game Of Thrones!

Dan tentunya, di Bespin ini pulalah, pertarungan  pertama antara Luke dan Vader berlangsung yang mana, seperti kita ketahui berakhir dengan pengungkapan twist paling mengejutkan di dalam sejarah perfilman itu.

Apa? Masih belum mengetahui twist yang dimaksud tersebut? Oke kata kuncinya adalah: “Aku bapakmu!”


2. Scarif


Walaupun baru diperkenalkan pertama kali di Rogue One: A Star Wars Story (2016), namun tidaklah dipungkiri sama sekali kalau Scarif langsung memiliki peranan yang sangat vital bagi keseluruhan saga Star Wars.

Disinilah, bagan Death Star pertama disimpan. Dan untungnya, Jyn Erso (Felicity Jones) beserta tim Rogue One, sukses mencuri bagan tersebut sehingga, di Star Wars Episode 4: A New Hope (1977), pasukan pemberontak dapat menghabisi stasiun perang luar angkasa yang sangat berbahaya tersebut.


1. Tatooine


Planet manalagi yang memiliki nilai kepentingan yang sangat tinggi kalau bukan planet gurun berbulan 2 ini? Tatooine adalah rumah dari keluarga Skywalker.  Tanpa Tatoooine, tidak mungkin Anakin cilik (Jake Lloyd) bertemu dengan Amidala dan melahirkan Luke.

Selain itu, di tempat ini pula, ibu kandung Anakin, Shmi Skywalker (Pernilla August) tewas di tangan Tusken Raiders. Intinya, kalau tidak ada Tatooine, tidak ada keluarga Skywalker. Dan Tanpa keluarga Skywalker,  maka saga Star Wars tidak akan pernah ada.

 

Nah, itulah tadi kesepuluh planet yang sangat penting di universe Star Wars. Dari 10 planet ini, manakah yang merupakan planet penting favorit kalian?

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)