Event crossover Elseworld mengungkapkan sejumlah kejutan yaitu ada banyaknya karakter-karakter dari komik Batman yang hadir di Arrowverse. Meskipun beberapa episode sebelumnya di seri Arrow, The Flash, dan Supergirl sudah mereferensikan nama Batman dan memunculkan beberapa musuhnya, untuk sebagian besar, Arrowverse belum pernah mengeksplor kota Gotham sampai pada saat ini.

Dalam Elseworlds dijelaskan alasan mengapa Batman sama sekali belum pernah ditampilkan, adalah karena Batman dipercaya merupakan sebuah mitos kaum urban yang diciptakan oleh kepolisian kota Gotham untuk menakut-nakuti para kriminal agar tidak melakukan aksinya. Barry Allen, sebaliknya, percaya bahwa Batman memang benar-benar ada. Lalu, siapa saja karakter “Easter Eggs” dari komik Batman yang muncul di Elseworlds?


Vesper Fairchild


Saat pertama kali tiba di kota Gotha, Oliver Queen memberikan saran untuk mencari Vesper Fairchild terlebih dahulu. Oliver mengungkapkan bahwa dirinya bertemu dengan Vesper beberapa tahun yang lalu dan mereka juga pernah berkencan tapi, dia tidak terlalu yakin karena dulunya dia merupakan seorang playboy yang senang mabuk.

Dalam cerita komik Batman, Vesper Fairchild merupakan seorang penyiar radio untuk acara talkshow, Siren of the Night, yang mengencani Bruce Wayne selama beberapa waktu sampai dirinya dibunuh sebagai bagian dari plot untuk menjebak Bruce.


Kate Kane/Batwoman


Kate Kane diperkenalkan pertama kali di Arrowverse setelah dia membayar tebusan mereka ketika mereka ditangkap saat mereka baru saja tiba di Gotham. Kate sendiri mengaku sebagai sepupu dari Bruce Wayne, yang mana saat itu dia sedang berada di tengah-tengah rebovasi bekas gedung Wayne Enterprises. Alasan Kate menebus mereka adalah karena dia ingin Oliver Queen untuk segera keluar dari Gotham.

Akhirnya Kate pun mengusir mereka dengan identitas Batwoman dengan alasan mereka sudah mengakibatkan kekacauan besar di RSJ Arkham saat melawan Dr. John Deegan. Terlepas dari itu semua, dia seoertinya membangun sebuah hubungan baik dengan Supergirl, yang merupakan satu-satunya orang yang mengetahui bahwa Batwoman adalah Kate setelah dia menggunakan pengleihatan sinar X miliknya.


Bruce Wayne/Batman


Dalam Elseworlds part 2, diungkapkan bahwa Bruce Wayne menghilang dari kota Gotham sekitar tiga tahun yang lalu, setelah terakhir kali Batman terlihat. Tidak ada yang terlalu memikirkan hal tersebut tapi, saat banyak orang pergi meninggalkan kota Gotham setelah rumor menghilangnya Batman tersebut, kota Gotham juga berubah menjadi kota yang lebih banyak tindakan kriminalnya dan menjadi kota yang tidak aman.


Alfred Pennyworth


Pelayan pribadi dari Bruce Wayne dan juga ayah asuhnya, Alfred Pennyworth, tidak muncul dalam Elseworlds. Memang tidak ada indikasi yang jelas bahwa Alfred berada di Gotham atau dia juga ikut menghilang secara misterius seperti Bruce Wayne. Namun, kehadirannya bisa diketahui dengan cara yang cukup unik. Saat Kate sudah memberi tahu Barry, Kara, dan Oliver bahwa mereka bisa menggunakan gedung Wayne Enterprises sebagai markas operasi mereka, Kate pun memberitahu kata sandi untuk WiFi gedung tersebut adalah “Alfred.”


Oswald Cobblepot/The Penguin


Saat Oliver Queen dan Jogn Diggle mencari keberadaan ruangan Dr. John Deegan di RSJ Arkham, mereka menjelajahi selasar dan melihat berbagai nama di pintu-pintu tersebut. pintu pertama yang mereka lihat ternyata milik Oswald Cobblepot alias The Penguin. Hal ini tentunya mengejutkan karena, dalam cerita komiknya, Oswald bukanlah seorang kriminal yang gila


Pamela Isley/ Poison Ivy


Kamar tahanan beikutnya setelah Penguin adalah milik P. Isley, yang mana hal tersebut secara jelas merederensikan kepada Pamela Isley alias Poison Ivy. Ada detail yang mengejutkan yaiu sebuah gambar bunga mawar yang di cat. Hadiah dari Harley Quinn sebelum dia mengunjungi Arkham?


Basil Karlov/Clayface


Ruangan 303 memiliki kamar yang kotor dan diberi nama “Karlo. B.” Meskipun tidak seterkenal Penguin atau Poison Ivy, banyak penggemar DC Comics yang akan mengenali hal tersebut sebagai Basil Karlo alias Clayface. Cerita origin dari Clayface sendiri sudab beberapa kali diganti dalam beberapa tahun belakangan dan ada juga beberapa villains yang menggunakan nama tersebut. Clayface saat ini yang ada di komik merupakan aktor yang tubuhnya memiliki kemampuan untuk berubah bentuk dan menjadi tnah liat yang hidup.


Edward Nigma/The Riddler


Kamar tahanan selanjutnya adalah milik raja kuis dan ahli dalam permainan pikiran, Edward Nigma alias The Riddler. Tidak mengejutkan jika seluruh tembok dari kamar tahanannya dihiasi oleh tanda tanya berwarna hijau dan teka-teki, “benda apa yang keseluruhanya berwarna biru dan abu-abu dan merah?”


Roger Hayden/Psycho-Pirate


Saat kekacuan besar terjadi setelah Dr. Deegan membuka seluruh kamar tahanan untuk menutupi pelariannya, salah seorang tahanan berlarian di RSJ tersebut. kemudian dia memakai topeng yang berwarna keemasan. Orang tersebut adalah Roger Hayden, yang dikenal sebagai Psycho-Pirate, dan topeng emasnya adalah sebuah artefak yang disebut topeng medusa, yang membuat penggunanya mengontrol emosi orang lain.

Meskipun Psycho-Pirates banyak dikenal di komik Crisis on Infinite Earths, Hayden awalnya adalah musuh dari Justice Society of Amrica dalam komik Earth-2. Yang beroperasi diluar kota Gotham dan sering kali bertarung dengan Batman dan Alan Scott Green Lantern.


Nora Fries


Saat kekacauan terjadi, Caitlin Snow menemuykan seorang wanita gila di ruang penyimpanan, berbicara tentang cryo-stasis miliknya dimatikan dengan kunci, dan bagaimana dia harus tetap terasa dingin, sambil mencoba untuk membuka satu tangki nitrogen cair. Meskipun tidak menyebutkan namanya, wanita tersebut dipastikan Nora Fries, istri dari Dr. Victor Fries, yang secara cyrogenetik berada dalam keadaan membeku demi mencari penawar bagi penyakit yang mengancam nyawanya.

Sangat jarang sekali DC mengungkapkan penyakit yang diderita oleh Nora, tapi sepertinya untuk versi Elserworlds dia menderia gangguan jiwa, hal itu menjelaskan mengapa dirinya dibekukan di RSJ Arkham.


Bane


Saat Nora Fries sedang berada di sekitar ruang penyimpanan, para penonton bisa melihat secara sekilas sebuah topeng yang familiar di salah satu rak penyimpanan. Para penggemar film DC pastinya akan mengenal topeng tersebut karena pernah digunakan oleh Tom Hardy dalam film the Dark Knight Rises, ketika dirinya berperan sebagai Bane.


Dr. Victor Fries/Mr. Freeze


Ketika aksi dari Nora Fries tidak sengaja membangkitkan karakter Killer Frost, dia kemudian dengan cepat melindungi dirinya dengan menggunakan sebuah senjata yang familiar yang terpasang dengan nitrogen cair yang sudah dibuka sebelumnya. Di label senjata tersebut tertulis “Fries.V” yang merupakan suami dari Nora, Victor Fries alias Mr. Freeze.


Dr. Jonathan Crane/ Scarecrow


Saat Green Arrow dan The Flash berusaha untuk menyelamatkan Killer Frost, Oliver Queen melemparkan anak panah yang mengandung petir ke arah Norah Fries yang ditangkis dan kemudian mengarah ke sebuah kotak yang berisi tabung-tabung percobaan yang diketahui milik dari Crane. J, alias Jonathan Crane/Scarecrow. Tabung tersebut berisi gas ketakutan yang biasa dipakai oleh Crane untuk memanipulasi pikiran korbannya. Hasilnya adalah korbannya berhalusinasi dari ketakutan terbesarnya.


Dr. John Deegan/ Doctor Destiny


Di akhir cerita Elseworlds, Dr. John Deegan sudah meninggalkan semua jejak masa lalunya, dan terkunci di kamar tahanan RSJ Arkham. Dengan takdir yang terjadi di Elseworlds, dipadukan dengan digunakannya sebuah artefak yang disebut The Book of Destiny, sepertinya membenarkan statusnya sebagai adaptasi dari Doctor Destiny.

Versi buku komik dari Doctor Destiny, yang memiliki nama asli Dr. John Dee, memiliki kekuatan untuk membawa mimpi menjadi kenyataan dan dunia paralel dalam skala kecil. Meskipun Doctor Destiny awalnya merupakan seorang villain Justice League, dia menjadi lebih dikenal saat dirinya berada di Arkham, dan menjadi tahanan disana.