Trailer terbaru dari film Godzilla: King of the Monsters, film ketiga dari MonsterVerse dari studio Warner Bros. dan Legendary Studio, menampilkan tiga monster baru, yakni King Ghidorah, Rodan, dan Mothra. Bagi yang pernah menonton film-film Godzilla semenjak era Showa (tahun 1950-1970), Heisei (1990-an), dan Millenium (tahun 2000-an) karakter Mothra memiliki ciri khas yang unik, yakni kehadiran dua peri kembar yang dikenal sebagai shobijin. Meski di dalam trailer dua peri ini tidak terlihat, namun terdapat sebuah adegan di mana karakter Millie Bobby Brown dan Vera Farmiga berinteraksi dengan Mothra dalam bentuk larva. Apakah adegan ini menunjukkan bahwa peran shobijin akan diisi olehnya?

BACA JUGA: Inilah Para Titans Di Godzilla : King of the Monsters

Tidak seperti Rodan dan King Ghidorah, yang penampilan perdananya melalui film, Mothra pertama kali hadir dalam bentuk novel serial dengan judul The Luminous Fairies and Mothra oleh Takehiko Fukunaga, Shinichiro Nakamura, dan Yoshie Hotta. Toho Studio mengadaptasi novel tersebut pada tahun 1961 dengan judul Mothra. Kupu-kupu raksasa ini seringkali menjadi penyelamat manusia ketika melawan monster lainnya seperti Godzilla dan King Ghidorah. Sifat Mothra inilah yang kemungkinan dimainkannya dalam Godzilla: King of the Monsters, melalui kontak yang dilakukan dengan Madison Russel (Brown) dan Dr. Emma Russel (Farmiga), sama seperti para shobijin berbicara secara langsung kepada dewi pelindung mereka.


SIAPAKAH PERI MOTHRA?


Sumber gambar: Cool Ass Cinema

Para peri Mothra atau shobijin adalah penghuni Infant Island yang berperan sebagai “penerjemah” antara Mothra dan umat manusia. Melalui kedua peri inilah manusia dapat mengerti bahwa tidak seperti Godzilla dan monster lainnya, Mothra tidak menginginkan kehancuran dunia dan umat manusia. Para peri ini memiliki kemampuan telepati yang dapat memanggil Mothra dari jarak yang jauh. Selain telepati, para peri juga memiliki kemampuan telekinetis dan teleportasi.

Kehadiran para peri di Godzilla: King of the Monsters memang sangat meragukan, mengingat Legendary memfokuskan Godzilla sebagai sebuah kekuatan alam yang jauh dari unsur spiritual. Meski begitu kehadiran karakter manusia sebagai garis penghubung antara para monster (terutama Mothra) dan manusia nampaknya masih merupakan sebuah unsur penting.


HUBUNGAN DENGAN MOTHRA


Belum banyak informasi yang ada mengenai, Madison Russel, karakter yang diperankan oleh Millie Bobby Brown. Kedua orangtuanya, Dr. Emma Russel (Vera Farmiga) dan Mark Russel (Kylie Chandler), telah bercerai. Ibunya Emma adalah adalah seorang ilmuwan yang bekerja di MONARCH, organisasi rahasia yang mempunyai tugas untuk meneliti mahluk-mahluk legendaris seperti Godzilla dan Kong. Di dalam film Madison dan Emma diculik oleh sebuah “organisasi rahasia” yang mempunyai rencana tersendiri untuk para monster. Sementara Mark bergabung dengan Dr. Ishiro Serizawa (Ken Watanabe) dan Dr. Vivienne Graham (Sally Hawkins), yang kembali dari film Godzilla pertama, untuk menyelamatkan keluarganya.

Informasi tambahan mengenai karakter Brown dan Farmiga dapat kita ketahui melalui trailer, di mana mereka berada di sebuah markas Arktik bersama dengan aktor Charles Dance (Game of Thrones), yang nama dan perannya di dalam film belum jelas. Di dalam markas tersebut terlihat jelas ketiga karakter sedang melihat King Ghidorah yang membeku di dalam sebuah balok es raksasa. Di lokasi yang sama, kemungkinan juga telur Mothra berada, karena di dalam trailer dapat terlihat Madison menyentuh kepala Mothra yang kemungkinan masih dalam bentuk larva.


VERA FARMIGA ADALAH PERI LAINNYA?


Meski adegan tersebut masih menyimpan pertanyaan, namun kalau diperhatikan kembali ada sebuah hubungan yang terjadi antara Mothra dan Madison. Teori ini juga semakin diperkuat dengan fokus penelitian ibunya yang berusaha melakukan komunikasi dengan para monster dengan sonar. Aktris Vera Farmiga yang memerankan Dr. Emma Russel malah mengatakan bahwa karakternya adalah “DJ bagi para monster.” Sehingga walaupun para peri shobijin tidak hadir di dalam film ini, peran mereka dipenuhi oleh sang ibu dan putrinya.

BACA JUGA: Godzilla: King of the Monsters Hadirkan 2 Titan Baru?

Menjadikan Madison dan Emma sebagai pengganti para peri adalah sebuah ide yang menarik, terlebih ketika hubungan mereka adalah ibu dan anak. Mengapa? Hal ini dikarenakan Mothra sendiri yang perannya seringkali juga digambarkan sebagai seorang ibu. Setiap kali Mothra hendak mati, anaknya akan menggantikan posisinya. Dalam beberapa kasus, Mothra memiliki dua anak sekaligus dalam satu telur, sebuah gambaran bagi para peri shobijin yang selalu direpresentasikan sebagai saudari kembar. Apabila gambar promosi Godzilla: King of the Monsters mengenai Mothra di atas adalah benar, maka ada kemungkinan Mothra memiliki dua anak. Bentuk larva dan kupu-kupu Mothra sendiri telah dikonfirmasi kehadirannya di dalam trailer.


PERAN APA YANG DI MAINKAN “PERI” MOTHRA?


Para peri shobijin adalah bagian yang tak dapat terpisahkan dari Mothra sehingga menghilangkan mereka dari film kemungkinan akan membuat beberapa fans kecewa. Namun, memasukkan para peri ke dalam sebuah film yang menitik beratkan pada unsur alamiah daripada spiritual, juga akan membuat beberapa fans keheranan. Sehingga pilihan terbaik yang dapat menjadi titik tengah dari kedua hal tersebut adalah kehadiran dua karakter yang dapat “berbicara” kepada Mothra untuk mewakili seluruh umat manusia, sebuah peran yang dapat diisi oleh Madison dan Emma Russel.

Meski karakter ibu dan anak ini tidak menggunakan nyanyian untuk berbicara dengan Mothra, namun dengan kekuatan ilmu pengetahuan yang dihasilkan dari penelitian Emma, maka ia dapat berbicara kepada salah satu “Titan” yang dapat membantu menyelamatkan dunia dari bencana besar. Putri Madison, Emma, bisa jadi sependapat dengan ibunya seiring berjalannya film. Hal ini dapat diketahui melalui trailer, di mana Madison menyentuh kepala Mothra yang tampaknya tidak memiliki sifat agresif kepada sang ibu dan anak.

Bagaimana Geeks? Apakah karakter ibu dan anak ini dapat mengisi peran shobijin dalam film-film Godzilla dan Mothra sebelumnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here