Mengenal Berbagai Dimensi Di Marvel Cinematic Universe

Rasanya tidak pernah bosan untuk membahas segala sesuatu dari Marvel Cinematic Universe. Tentu saja karena franchise ini tidak hanya memiliki puluhan karakter superhero, namun berbagai elemen di filmnya yang selalu membuat kita berspekulasi. Nah, dalam pembahasan kali kita akan lebih membahas ke salah satu elemen cerita yang membuat universe ini semakin menarik, yaitu dunia paralel atau disebut Dimensions.

Di beberapa film MCU sebelumnya, banyak melibatkan Dimensi di dalam ceritanya. Salah satu contohnya Ant-Man dengan Quantum Realm. Namun bukan hanya Quantum Realm, ada banyak dimensi lain yang bisa kita kenali di MCU. Apa saja dan bagaimana sejarah dari dimensi tersebut? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini Geeks!


Mirror Dimensions


Yang pertama, tentu kamu yang sudah menonton film Doctor Strange sudah tidak asing lagi dengan dunia paralel ini. Mirror Dimensions ini adalah dimensi yang memungkinkan para pengguna kekuatan magis memprakterkan ilmu dan juga melawan musuh mereka tanpa sepengetahun orang umum. Dimensi ini terkenal dengan lanskap-nya dan mampu membalikan ruang dengan cepat, yang mana para pengguna ilmu magis dapat mengunjungi sekaligus mengendalikan dimensi ini. Sedangkan bagi yang menggunakan kekuatan Dark Dimension memiliki kontrol yang lebih kuat untuk Mirror Dimensions.

Mirror Dimensions juga bisa digunakan oleh seorang penyihir untuk melatih mantra yang berbahaya tanpa mempengaruhi dunia nyata, serta dapat mengawasi ancaman tanpa sepengatahuan musuh. Selain menjadi tempat berlatih dan berlindung, Mirror Dimension juga dipakai untuk tempat tahanan bagi penyihir yang tidak memiliki Sling Ring. Nah, dalam Avengers : Infinity War, Doctor Strange memanfaatkan Mirror Dimensions guna melindungi ledakan dari Power Stone yang dihasilkan Thanos, saat pertempuran di Planet Titan.


Astral Dimensions


Layaknya seperti Mirror Dimensions, keberadaan Astral Dimensions atau Astral Plane berhubungan dengan material. Untuk mengakses ke Dimensi ini, jiwa atau roh seseorang harus dipisahkan dari tubuh mereka oleh kekuatan energi yang murni. Seperti contohnya dalam film Doctor Strange (2016) saat roh Stephen Strange didorong oleh Ancient One untuk membuktikan keberadaan Multiverse. Terkadang seorang ahli sihir juga mampu melihat ke Astral Dimensions tanpa harus meninggalkan tubuh mereka.

BACA JUGA : Inilah Para Titans Di Godzilla : King of the Monsters

Nah, Astral Dimensions ini pertama kali muncul di MCU Phase 3 di film Doctor Strange, dan film Black Panther bulan Februari kemarin. Dimensi ini juga muncul di film Black Panther yang rilis pada bulan Februari kemarin. Sedikit berbeda dengan ilmu magis Doctor Strange, untuk masuk ke Astral Dimensions ini T’Challa harus meminum ramuan Herb dan dalam keadaan tubuh yang dikubur. Hal tersebut dilakukan T’Challa untuk mencari petunjuk kepada ayahnya T’Chaka saat hendak diangkat menjadi King of Wakanda.


Dark Dimensions


Masih sekitar di film Doctor Strange, dalam film tersebut tentunya banyak mengaitkan dengan dunia magis dan berbagai dimensi. Kali ini merupakan salah satu dimensi yang dikontrol dan diperintah oleh Dormammu. Dark Dimensions bisa dikatakan alam semesta yang aneh, karena sistem kerja waktu di Dark Dimensions sangat berlawanan dengan alam semesta seperti biasanya. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperpanjang kekuatan mantra, memperpanjang kehidupan dan menghapus kematian.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Ancient One, ia menarik kekuatan dari Dark Dimensions agar tetap hidup dan keabadiannya tersebut menjadi sumber kekuatan yang dimiliki Ancient One. Bila dengan sengaja mengakses ke Dark Dimensions ini dapat mempengaruhi Dromammu, bahkan memaksa untuk menjadi prajuritnya.


Quantum Realm


Bagi kamu yang sudah tonton Ant-Man (2015) atau Ant-Man & The Wasp ( 2018 ), pastinya tak asing dengan dimensi ini, ya Quantum Realm. Quantum Realm ini adalah dimensi alternatif yang dapat diakses oleh energi magis, transportasi magis dengan menggunakan Sling Ring, atau bahkan penyusutan makhluk hidup atau benda ke ukuran sub atom. Keberadaan Quantum Realm ini pertama kali disadari oleh ilmuwan bernama Dr. Hank Pym dan untuk mengakses ke dimensi ini harus menggunakan Pym Particles, namun memiliki resiko yang sangat tinggi.

BACA JUGA : Marvel Rilis Sinopsis Resmi Spider-Man: Far From Home!

Quantum Realm ini memiliki ruang dan waktu yang tidak relevan, atau bisa juga dikatakan bahwa waktu di alam nyata tidak mempengaruhi dimensi ini. Sejauh ini, masih diyakini bahwa dimensi Quantum Realm bersifat ‘temporer’ atau seseorang masih bisa kembali dari dimensi tersebut. Hal itu tentu karena Janet Van Dyne alias istri dari Hank Pym yang berhasil di bawa kembali ke dimensi nyata. Bahkan ia keluar dengan sebuah kemampuan unik.

Meskipun begitu, misteri seputar Quantum Realm ini memberi kita tanda tanya besar. Terutama setelah trailer Avengers 4 dirilis, dimana Scott Lang tampak mendatangi  Avengers Headquarter. Karena seperti yang kita ketahui, di Ant-Man & The Wasp, Scott tampak masih terjebak di dalam Quantum Realm, dan pertanyaannya, apakah Scott Lang dapat keluar begitu saja dari dimensi ini? Atau ada hal tertentu yang membantunya keluar?


K’un-Lun Dimension


Kali ini dimensi yang muncul dalam series MCU Netflix yaitu Iron Fist. Meskipun berupa dimensi, K’un Lun adalah sebuah kota mistis yang keberadaannya berbeda dengan kota di alam nyata, dan K’un Lun dijuluki sebagai ‘Seven Capital Cities of Heaven’. Pintu masuk ke kota K’un Lun ini hanya dapat diakses setiap 15 tahun sekali dan memiliki prajurit bernama Iron Fist untuk melindungi gerbangnya dari The Hand yang berambisi untuk merusak K’un Lun.

Awalnya pada ribuan tahu yang lalu, di K’un Lun mengajarkan metode penyembuhan dengan kekuatan chi. Namun, lima murid memutuskan untuk menyimpang dan merusak ajaran ini demi mencari keabadian. Lalu, mereka dibuang dari K’un Lun dan mengembara di Bumi, yang dimana mereka berkumpul dan membuat suatu organisasi bernama The Hand yang kini menjadi musuh bebuyutan Iron Fist alias Danny Rand.

Geeks, itulah lima dimensi yang terkenal di Marvel Cinematic Universe. Lalu apakah kita akan mengenal dimensi lainnya di MCU? Bisa ya, bisa tidak, tapi jika menilik roadmap MCU yang masih sangat panjang setelah Avengers: Endgame, bisa saja kita diperkenalkan dengan dimensi lain yang jauh lebih misterius.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *