Coalition studios bersama Universal Studios sudah mulai menjalin kerja sama sejak beberapa tahun yang lalu. Tujuannya adalah untuk membuat adaptasi live-action dari gim Gears of Wars. Kurangnya sorotan media untuk proyek film ini membuat kabar mengenai pergantian penulis untuk film ini baru terendus sekarang.

Menurut laporan The Wrap, screenwriter F. Scott Frazier sudah direkrut oleh Universal Studios untuk menulis adaptasi film Gears of War. Proyek sebelumnya dari Frazier adalah film xXx: Return of Xander Cage. Dia juga pernah terlibat dalam proyek film Collide dan The Numbers Station. Ketiga proyek film tersebut bisa dibilang bukan film yang begitu sukses di pasaran.

Tidak ada nama Salerno dalam laporan The Wrap, artinya ada kemungkinan Frazier akan mengekang semuanya dari awal. Gim pertama Gears of War muncul pada 2006 silam. Gim ini sendiri memiliki cerita tentang seorang tahanan perang, Marcus Fenix, yang memimpin pasukan dari serangan musuh untuk melindungi rumahnya dari makhluk Locust Horde.

Sudah ada empat judul untuk gim ini dan judul kelima sendiri akan segera dirilis pada tahun depan. Karena Frazier kemungkinan mengulang semuanya dari awal, sepertinya film adaptasi Gears of War masih jauh untuk masuk ke proses produksi. Hal itu juga berarti film ini masih jauh untuk dirilis di layar lebar. Dave Bautista dikabarkan tertarik untuk memerankan Marcus Fenix tapi, semua keputusan berada di tangan pihak rumah produksi.