Kesuksesan dari gim Resident Evil pada awal kemunculannya, tidak dapat dipungkiri ada keinginan untuk membuat film adaptasinya. George A. Romero pada awalnya adalah orang yang ditunjuk untuk menyutradarai film pertama Resident Evil. Franchise RE sendiri sudah berhenti pada film Resident Evil: The Final Chapter tapi, kini rencananya franchise ini akan kembali di reboot.

Informasi mengenai potensi reboot ini masih simpang siur, meskipun diketahui bahwa sutradara The Conjuring, James Wan, adalah orang yang akan produseri film tersebut. Saat berdiskusi dengan Discussing Film, penulis Greg Russo berbicara tentang pengalamannya menulis untuk proyek tersebut, termasuk inspirasinya untuk tone di film tersebut.

Tentu saja, aku adalah penggemar berat dari franchise ini jadi mengerjakan proyek ini benar-benar sangat menyenangkan. Dan mereka sudah membuat enam film sebelumnya jadi ketika kau ingin kembali dan melakukan reboot, kau harus melakukan sesuatu yang berbeda dan bukan hanya mereka ulang. Bagiku sudah sangat jelas bahwa aku ingin kembali dan membuatnya seram lagi seperti sebuah film horror dalam gaya James Wan jadi itu yang dipresentasikan, kembali dan melihat apa yang membuat gimnya begitu menakutkan dari awal jadi Resident Evil 7 adalah inspirasi untuk draftku.”

Bagi Russo, kembali bersentuhan dengan akar horror dari seri ini merupakan kuncinya, meskipun dia juga menyebutkan kalu dia sudah tidak lagi bergabung dengan proyek ini dan tidak yakin apakan skrip yang dibuatnya akan benar-benar digunakan.

Aku mengerjakan reboot ini selama setahun dan kemudian produser James Wan masuk, keterlibatanku dalam proyek tersebut kemudian berakhir, jadi aku tidak yakin apa yang akan mereka lakukan terhadap naskah tersebut, aku memasukan draft skripku kepada para produser dan mereka menyukainya dan mereka akan melakukan apa yang dituliskan dalam skrip tersebut tapi, aku saat ini sudah tidak terlibat lagi dengan film tersebut.

Game Resident Evil menjadi semakin berfokus kepada tema action-horror setelah keberhasilan game keempat mereka pada tahun 2005 dengan meninggalkan tema utama yaitu survival-horror. Namun, tahun lalu, Capcom sukses besar setelah mereka memutuskan untuk membawa franchise ini kembali ke akarnya, lewat game Resident Evil 7 mereka.