Selain menampilkan elemen fantasi dan kepahlawanan, genre superhero nyatanya juga kerap menampilkan elemen hubungan romantis antara superhero atau supervillain nya. Salah satu contoh yang terkenal adalah Clark Kent aka Superman dengan Lois Lane.

Namun bisa dikatakan hubungan keromantisan yang ditampilkan keduanya masih tergolong “normal”. Faktanya, lumayan banyak terdapat hubungan romantis superhero atau supervillain yang memiliki hubungan yang sangat hot terlebih, kompleks.

Dan dari  seluruh pasangan yang terlibat hubungan romantis yang unik tersebut, berikut adalah 15 contoh pasangan top diantaranya.

 


15. Harley Quinn & Poison Ivy


Seperti kita ketahui, semenjak diperkenalkan perdana di seri animasi Batman hit tahun 90an, Batman: The Animated Series (1992-1995), Harley Quinn ditampilkan sebagai love-interest Joker aka Mr. J.

Namun seiring berjalannya waktu, mantan psikiater di Arkham Asylum ini, mulai merasakan ketertarikan dengan rekan villain wanitanya, Poison Ivy. Akhirnya di tahun 2015, penulis komik Jimmy Palmiotti dan Amanda Conner mengkonfirmasikan secara resmi bahwa Quinn & Ivy memang sudah menjadi sepasang kekasih.

Tapi unik binti kompleksnya, hubungan kasih keduanya tidak bersifat Monogami. Alias, mereka berpacaran tapi keduanya tidak terikat (boleh menjalin hubungan dengan wanita atau pria lain juga).

 


14. Gambit & Rogue


Bisa dikatakan ini hubungan yang paling “kasian”. Bagaimana tidak? Rogue dan Gambit sejak keduanya bertemu, sudah saling “greget” satu sama lain. Pokoknya keduanya benar-benar tidak sabar untuk saling bersentuhan satu sama lain.

Tapi dikarenakan seperti kita tahu Rogue dapat membuat orang-orang di dekatnya langsung tewas ketika ia menyentuhnya, alhasil hubungan keduanya pun hanya sekedar saling bertukar kata-kata menggoda. Walau terlihat sangat miris, terbukti keduanya tetap saling mencintai satu sama lain.

 


13. Nightwing & Batgirl


Dick Grayson memanglah terkenal sebagai sosok womanizer. Tapi, siapa yang menyangka kalau “pelet” cintanya bisa mengenai rekan kerja superhero-nya, Barbara Gordon aka Batgirl? Tapi kenyataannya itulah yang terjadi.

Awalnya keduanya berhubungan secara kucing-kucingan. Karena mentor keduanya, Bruce Wayne aka Batman, tidak suka apabila keduanya memiliki hubungan di luar kerja. Tapi nyatanya hal ini tak lantas menghentikan aksi flirting diantara keduanya.

Alhasil keduanya pun berhubungan. Dan semakin erat lagi, ketika Barbara lumpuh setelah ditembak Joker di storyline top The Killing Joke (1988). Dick tidak pernah lepas sama sekali dari Barbara. Waduh romantis banget gak tuh Geeks?

Tapi sayang hubungan keduanya menjadi retak ketika di komik Batman Beyond, terungkap dengan sangat mengejutkan bahwa Barbara, selingkuh dengan Bruce dan mengandung anak keduanya. WADUH!

 


12. Midnighter & Apollo


Bisa dikatakan hubungan romantis antara keduanya adalah hubungan sesama jenis yang menghebohkan seluruh fans komik (terutama DC). Apollo dan Midnighter pada dasarnya adalah versi “dunia lain” dari Superman dan Batman.

Keduanya berasal dari komik Midnighter (2015) karya Warren Ellis & Bryan Hitch. Hubungan asmara antara keduanya bisa dikatakan sangat romantis. Keduanya saling menyelamatkan satu sama lainnya ketika bahaya datang mendera.

Saking kerennya hubungan keduanya, tak mengherankan apabila kisah keduanya mendapatkan berbagai penghargaan dari organisasi monitoring Gay & Lesbian Amerika Serikat, GLAAD.

 


11. Black Panther & Storm


 

 

 

 

 

 

 

Terlepas keduanya telah ditampilkan di berbagai seri animasi dan tentunya live-action layar lebar, sangat disayangkan masih banyak awam yang belum mengetahui kalau Storm dan Black Panther pernah menikah.

Yap si raja Wakanda dan pengendali cuaca pernah menikah selama 6 tahun lamanya. Sayangnya pernikahan keduanya harus berakhir hanya dikarenakan Storm terlambat datang untuk membantu T’ Challa menghadapi musuhnya. Yap menyebalkan memang. Tapi itulah kenyataannya.

Selepas berpisah dengan Mr. Panther, Storm langsung menjalin hubungan dengan rekan mutant-nya, Wolverine. Bisa ditebak, T’Challa sangat geram ketika mengetahuinya.

 


10. Spider-Man & Silk


Gwen Stacey, Mary Jane dan Black Cat. Yap bisa dikatakan hanya ketiga nama inilah yang langsung terngiang di kepala ketika membicarakan wanita-wanita yang pernah menjalin hubungan dengan Peter Parker aka Spider-Man.

Tapi siapa yang menyangka bahwa Peter juga pernah menjalin hubungan dengan rekan superhero laba-laba bernama Cindy Moon aka Silk?  Setelah membebaskan Silk dari bunker pelatihannya, Peter dan Cindy langsung jatuh hati satu sama lain.

Dan gilanya, keduanya benar-benar agresif ketika sedang berpacaran alias tensi libido antara keduanya sangatlah tinggi. Namun jangan salah Geeks. Di beberapa momen keduanya terbukti bisa menjalin hubungan yang tak selalu “panas”. Keduanya pernah hanya berpegangan tangan saja ketika Peter sudah merasa sangat lelah bertarung di jalanan seharian.

 


9. Silk Spectre & Night Owl


Kedua anggota Watchmen ini mulai memadu kasih setelah Silk Spectre aka Laurie Juspeczky putus dari anggota Watchmen juga, Doctor Manhattan. Pasca resmi berpacaran, Silk Spectre & Night Owl bisa dikatakan menampilkan “adegan” percintaan yang lumayan panas.

Terbukti, saking libidonya yang super tinggi, keduanya sampai nekad melakukan hubungan badan di pesawat tim Watchmen, Owlship. Saking romantis dan gokilnya hubungan keduanya, terbukti dari seluruh rekan-rekan Watchmen-nya, hanya Spectre & Owl yang memiliki ending karakter yang bahagia (happy ending).

 


8. Jessica Jones & Luke Cage


Bagi Geeks yang fans seri Marvel-Netflix, pastinya kalian sudah menngetahui apa dan bagaimana Jessica Jones & Luke Cage bisa saling tertarik satu sama lainnya. Dan bisa dikatakan di komiknya pun hampir serupa.

Jones bertemu dan langsung melakukan hubungan badan dengan Cage ketika keadaan Jones sedang kacau-kacaunya. Di komik, hubungan keduanya berujung pada lahirnya buah hati mereka. Sayang nasib bahagia keduanya ini tidak akan terealisasikan di adaptasi seri Netflix-nya mengingat, seri Luke Cage kini sudah di-cancel.

 


7. Daredevil & Elektra


Seperti yang kita saksikan di komik dan berbagai adaptasi kisah Daredevil, hubungan asmara antara Daredevil & Elektra terlepas sangat intens nan agresif, namun keduanya juga kerap memiliki kekompleksitasan hubungan yang sangat tinggi.

Hal ini dikarenakan keduanya kerap berkonflik atas pebedaan cara mereka dalam beraksi. Namun walau demikian, Matt terus mencintai Elektra hingga Elektra tewas di tangan musuh bebuyutannya, Bullseye. Kegaharan sekaligus selalu tingginya rasa dendam yang dimiliki oleh Elektra, adalah dua hal utama yang membuat Matt tidak pernah berhenti tertarik dengan dirinya.

 


6. Swamp Thing & Abigail Holland


Kalau dipikir secara logika, manusia rawa yang tinggal (of course) di rawa-rawa seperti Swamp Thing mana mungkin memiliki kekasih wanita normal pada umumnya? Tapi komikus top, Alan Moore berpikir sebaliknya.

Melalui idenya, Moore memberikan Swamp Thing seorang istri manusia normal bernama Abigail Holland. Keduanya benar-benar saling mencintai yang bahkan, membuat Holland nekad memakan akar yang terdapat di badan suami rawanya tersebut (yikes!).

Keduanya bahkan pernah difoto telanjang bareng sampai-sampai Abigail dilecehkan secara seksual oleh orang di sekitar lingkungan keduanya. Atas peristiwa yang dialaminya, alhasil Abigail pun memutuskan untuk lari ke kota Gotham.

Mendengar ini Swamp Thing pun menyusul dan melibas apa dan siapa saja yang menghalangi jalannya untuk menemukan si istri termasuk si pahlawan kota tersebut, Batman.

 


5. Batwoman & Renee Montoya


Sama hal-nya dengan Poison Ivy & Harley Quinn, hubungan antara Kate Kane aka Batwoman dan Renee Montoya aka The Question, adalah hubungan sesama jenis (lebisan) top di rana komik superhero DC.

Keduanya sama-sama saling mencintai. Sayang, dikarenakan kesibukan masing-masing keduanya sebagai pembasmi kejahatan, alhasil hubungan keduanya pun tidak dapat bertahan lama.

 


4. Cyclops & Emma Frost


Pasca pikirannya dikendalikan oleh Apocalypse, secara mengejutkan musuh bebuyutan X-Men lainnya, Emma Frost langsung menerapi pikiran Scott Summer aka Cyclops sehingga ia bisa terbebas dari kendali pikiran Apocalypse.

Pasca berhasil melakukan hal tersebut, keduanya secara perlahan namun pasti langsung menjalin hubungan asmara. Walau awalnya terlihat aneh dan kontroversial, seiring berjalannya isu terbukti sekali bahwa kehadiran Emma nyatanya sangat penting bagi Scott.

Berkat Emma lah, Cyclops menjadi sosok yang lebih percaya diri baik sebagai pemimpin X-Men, maupun sebagai sosok Scott secara keseluruhan.

 


3. Green Arrow & Black Canary


Dengan rangkaian seri di Arrowverse, kisah hubungan percintaan Green Arrow & Black Canary, kini bisa dikatakan menjadi lumayan ngetop (menjadi sorotan). Namun di komiknya, justru kisah percintaan antara keduanya kerap terbayangi oleh kisah percintaan superhero DC lain semisal Clark & Lois, Bruce & Selena dan Barry & Iris.

Padahal kisah kasih keduanya juga tidak kalah seru dan kompleksnya loh. Pasca bergabung dengan Justice League, Dinah Lance aka Black Canary langsung jatuh hati dengan Oliver Queen. Saking cintanya, keduanya kerap terlibat hubungan yang bersifat seksual.

Namun layaknya pasangan lain, keduanya juga kerap konflik. Umumnya konflik antara keduanya disebabkan oleh sosok Dinah yang selalu ingin independen dan Oliver yang justru terlalu overprotektif terhadap Dinah.

Terlepas perbedaan itu, keduanya pada akhirnya tetap saja berakhir di pelaminan. Namun sayang, tidak bertahan lama. Setelah Oliver melakukan pembunuhan kejam atas dasar rasa dendam kesumatnya yang amat sangat, Dinah yang tidak menyukai tindakan suaminya itu, langsung bergegas meninggalkan Oliver.

 


2. Batman & Catwoman


Sejak keduanya bertemu, bisa dikatakan Selina dan Bruce sudah langsung “nafsu” satu sama lain. Namun keinginan Bruce untuk lebih dekat dengan Selina kerap terhambat oleh karakteristik Selina yang kerap beda jalur dengan Bruce.

Bruce adalah sosok pahlawan (hero) sedangkan Selina adalah sosok anti-hero yang tak jarang menjadi villain. Namun walau demikian, setiap kali bertemu keduanya kerap flirting satu sama lain. Pada akhirnya mereka pun memutuskan untuk menikah.

Namun ketika hari bahagia tersebut tiba, sayangnya Catwoman membatalkan sepihak dikarenakan ia lebih memilih ketentraman kota Gotham yang menurutnya akan selalu aman apabila Batman ada ketimbang melihat Bruce yang pastinya akan lebih banyak mengambil “time-off” setelah menjadi suaminya.

 


1. Wolverine & Jean Grey


 

Walau Daredevil & Elektra serta Batman & Catwoman memiliki kisah percintaan yang kompleks, tetap saja kekompleksan mereka tidaklah sekompleks  kisah percintaan antara Jean & Logan.

Malah bisa dikatakan sejak pertama bertemu, keduanya sudah ribet dan kompleks. Pasalnya, Logan yang langsung jatuh cinta di pandangan pertama dengan Jean, terhambat oleh fakta bahwa Jean kala itu sudah berpacaran dengan Scott Summers aka Cyclops.

Dan gokilnya, ketika Cyclops dan Jean sedang renggang hubungannya, Jean yang mencoba untuk memulai hubungan baru dengan Logan, langsung menghentikan langkah Jean karena ia menyadari betul bahwa keduanya tidak akan pernah bisa menjadi pasangan abadi (soulmate). Walau demikian, hal ini tidak menghentikan keduanya untuk flirting berat satu sama lain.

 

Nah, itulah tadi 15 pasangan superhero yang memiliki hubungan yang hot dan kompleks. Dari 15 hubungan ini, yang manakah yang menjadi favorit kalian?

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)