Di tahun 2019, Walt Disney Studios kemungkinan akan memecahkan rekor untuk pendapatan kotor terbesar dalam sejarah Hollywood. Sejak zaman keemasan Hollywood dimulai, Disney sudah menjadi salah satu “pemain” yang mengedepankan kreatifitas, terutama yang berhubungan dengan animasi. Meskipun saat ini mereka lebih banyak mengerjakan proyek live-action, hal tersebut tidak mereka lakukan sampai tahun 2000an saat mereka merilis film Pirates of the Caribbean yang pertama.

Film tersebut dirilis pada 2003 dan film tersebut mendapatkan banyak sekali kesuksesan dan meyakinkan Disney untuk terus berada di jalur ini. Untuk melakukan hal tersebut, mereka mengakuisisi Marvel Entertainment pada 2009 lalu dan Lucasfilm pada 2012. Dan karena “aliran” film yang lancar dari Marvel, Pixar, dan Star Wars, juga trend live-action yang dilakukan oleh pihak studio, Disney kini mendominasi box office dunia.


Berbagai Proyek Disney Di Tahun 2019


Cinematic UniverseSelain merajai box office dunia, Disney kini siap untuk membawa semuanya ke level yang baru. Selain Spider-Man: Far From Home, yang mana film tersebut merupakan film besutan Sony Pictures, juga Penguins yang merupakan garapan Disneynatures, Walt Disney sudah memiliki rencana untuk merilis sembilan film blockbuster di tahun 2019 mendatang.

Film-film yang akan dirilis Disney di 2019 adalah Captain Marvel (Maret), Dumbo (Maret), Avengers 4 (Mei), live-action Aladdin (Mei), Toy Story 4 (Juni), reboot The Lion King (Juli), Artemis Fowl (Agustus), Frozen 2 (November), dan Star Wars: Episode IX (Desember). Well, that’s a lot of movies for one year. Selain dari segi jumlahnya, “ukuran” dari film-film yang dirilis juga bisa dibilang sangat luar biasa.

Pada 2019 mendatang, Disney akan merilis film superhero wanita pertama yang digarap oleh Marvel Studios, Captain Marvel. Film ini sudah sejak lama digaungkan oleh para penggemar di jagat daring. Film tersebut juga akan menjadi film pembuka bagi berbagai film Disney yang akan dirilis pada tahun 2019. Puncaknya adalah pada bulan Mei, dimana Marvel akan merilis sekuel dari film crossover terbesar, Avengers: Infinity War. Film tersebut juga akan menutup bagi satu dekade Marvel.

Beberapa minggu berikutnya live-action Aladdin akan drilis, kemudian disusul oleh The Lion King. Dan di akhir tahun akan ditutup dengan film Frozen 2 dan juga film yang akan menceritakan akhir dari kisah Skywalker, Star Wars: Episode IX.


Disney Siap Membuat Rekor


Dari semua proyek film yang dimiliki Disney di tahun 2019 nanti, empat film akan menjadi sumber pemasukan terbesar bagi Disney. Dua film akan menjadi cerita penutup bagi cerita sebelumnya dan dua film lainnya akan menjadi film live-action yang diprediksi menjadi menjaring banyak penonton, mengingat film adaptasi yang dijadikan referensi merupakan film animasi tersukses Disney.

Film-film lainnya merupakan film yang paling dinanti-nanti oleh para penggemar, seperti Frozen 2, dan juga sisanya merupakan film perdana Disney. Rumah produksi ini berada di jalur untuk membuat rekor pemasukan terbesar di dunia, bahkan dalam sejarah. Sebelumnya mereka pernah menjadi satu-satunya studio yang memiliki pemasukan sebanyak 6 miliar Dollar Amerika selama dua kali.

Dan di tahun 2019 nanti, diprediksi mereka akan melampaui rekor sebelumnya dengan menjadi satu-satunya rumah produksi yang mampu menerima pemasukan sebesar 7 Miliar Dollar Amerika (mungkin lebih). Hal tersebut bukanlah hal mustahil mengingat film Avengers 4 dan Star Wars berada di tahun tahun perilisan yang sama dan juga film sekuel Frozen yang mampu ikut mendongkrak pemasukan.


Rencana Kedepan Disney


Masih belum diketahui apa rencana Disney setelah 2019 nanti. Tapi, satu hal yang pasti, salah satu perusahaan akusisinya, Marvel, sudah memiliki rencana jangka panjang untuk berbagai filmnya. Marvel akan membuka Phase 4 nanti dengan film Far From Home. Kemudian ada film yang sedang dalam masa pengembangan seperti The Eternals.

Juga film Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang ditunda sampai 2020 mendatang. Belum lagi berbagai film seperti Ms. Marvel dan beberapa film yang masih dirahasiakan oleh Marvel. Hal ini bisa menjadi salah satu sumber pemasukan lainnya bagi Disney, apalagi Marvel selalu membuat film-film blockbuster yang tidak jarang meraih pemasukan yang besar.

Belum lagi franchise Star Wars dari Lucasfilm. Cerita tentang Skywalker mungkin akan berakhir di film Episdoe IX namun, cerita lain tentang karakter-karakter muda akan menjadi “penerus” bagi berbagai karakter ikonik dari Star Wars. Ceritanya jug tentu tidak akan ada habisnya. Masih banyak yang bisa digali dari cerita para jedi ini.