Red Dead Redemption 2 adalah sebuah game yang ambisius karena menampilkan gameplay yang realistis, cerita yang membuat pemain tercengang, dan dunia yang penuh dengan misteri dan intrik. Salah satu misteri yang terdapat di dalam dunia Red Dead Redemption 2 adalah kereta hantu. Selain menghadirkan UFO dan hantu perempuan yang muncul di rawa, Rockstar Games tampaknya tidak puas apabila tidak menghadirkan salah satu legenda populer ke dunia “Wild West” ini.

Kereta hantu ini tampaknya adalah referensi langsung dari salah satu game RPG klasik terkenal dari Super Nintendo, Final Fantasy VI. Kereta hantu di dalam Red Dead Redemption 2 terlihat mirip dengan kereta hantu yang ada di dalam Final Fantasy VI. Sehingga terlihat seakan ada hubungan yang jelas antara kedua game ini. Namun, tidak seperti kereta hantu di dalam Final Fantasy VI di mana pemain harus bertarung secara acak dengan musuh, kereta hantu di dalam Red Dead Redemption II dapat ditemukan lokasi spesifiknya. Baca terus artikel ini untuk mengetahui cara menemukan kereta hantu yang misterus ini beserta legenda di baliknya.


Lokasi Kereta Hantu


Hal tersulit dalam menemukan kereta hantu adalah lokasinya. Red Dead Redemption 2 adalah prekuel dari Red Dead Redemption pertama, tepatnya pada tahun 1899. Pada tahun tersebut rel kereta masih dibangun di bagian Barat Amerika, sehingga tidak sebanyak yang ditemukan pada tahun 1911, yang menjadi latar belakang waktu game pertama. Ada beberapa rel kereta yang dapat dikunjungi, namun tidak semuanya mengarah ke penampakan sang kereta hantu.

Untuk menemukan kereta misterius ini pemain harus mengarahkan Arthur Morgan, protagonis utama Red Dead Redemption II, ke arah Barat Laut (Northwest) dari daerah Lemoyne di tengah-tengah Scarlett Meadows. Rel kereta ini berlokasi tepat di sebelah papan penanda yang menyambut kehadiran pemain di wilayah Lemoyne.


Hal yang Dilakukan Setelah Sampai di Lokasi


 

Ketika pemain tiba di lokasi yang tepat, pemain harus membuat Arthur menunggu hingga sekitar jam 3 pagi. Apabila pemain mengarahkan Arthur dan kudanya ke rel kereta terdekat, maka Arthur dapat melihat penampakan sang kereta hantu. Arthur dapat mengikuti kereta ini dan menembusnya, mengingat kereta ini adalah kereta hantu bukan sungguhan. Uniknya, ukuran kereta hantu ini lebih kecil bila dibandingkan kereta lainnya di dalam Red Dead Redemption 2, terutama yang melibatkan misi merampok kereta.

Ada kemungkinan kalau pemain tidak akan menemukan penampakan kereta hantu ini di dalam percobaan pertama. Jikalau benar pemain tidak menemukan penampakan sang kereta begitu matahari terbit, maka Arthur harus berkemah dan tidur hingga jam 3 pagi. Apabila pemain dapat bersabar untuk menunggu kehadiran kereta, maka  kuda pemain akan mulai bersuara dan memukulkan kakinya ke tanah untuk member tanda kehadiran kereta hantu.


Legenda Kereta Hantu


Kereta hantu adalah legenda populer yang mendapatkan penampilannya di berbagai budaya populer seperti novel, film , dan tentu saja video game. Kereta hantu adalah salah satu jenis kendaraan berhantu yang dipercaya dihantui atau dikendalikan oleh arwah gentayangan, sehingga alat transportasi ini dapat bergerak sendiri tanpa dikendalikan orang lain. Secara umum orang biasa tidak dapat melihat pengendara kereta ini, karena memang dikendalikan oleh kekuatan dari dunia lain. Konsep ini mirip dengan kendaraan berhantu lainnya seperti mobil dan truk, perahu, dan pesawat.

Contoh populer dari legenda kereta hantu adalah Silverpilen, sebuah kereta hantu berwarna perak yang terkenal dari Kota Stockholm, Swedia. Ketika kereta lain berwarna hijau, para penumpang tercengang dengan penampakan sebuah unit kereta berwarna hijau di stasiun kereta yang sepi pada malam hari. Ada lagi sebuah legenda kereta hantu populer bernama kereta hantu St. Louis atau dikenal sebagai lampu St. Louis. Penampakan kereta ini dapat ditemui di desa St. Louis yang berlokasi di Provinsi Saskatchewan, Kanada. Mitos lampu St. Louis ini dibongkar oleh dua siswa kelas XII yang menemukan dan mempraktekkan bahwa bahwa cahaya dari kereta hantu ini adalah efek dari difraksi. Yakni kecenderungan gelombang (cahaya) yang dipancarkan dari sumber melewati celah yang terbatas untuk menyebar ketika merambat.

BACA JUGA: Bagaimana Gigan Hadir Di Monsterverse?

Satu lagi legenda kereta hantu populer lainnya adalah kereta pengantar jenazah yang dikatakan melintasi rel kereta dari Washington, D.C. ke Springfield, Illinois. Kereta ini melintas setiap kali kematian Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln dirayakan. Menurut legenda setiap kali kereta ini muncul akan memberhentikan gerak setiap jenis jam di wilayah yang dilewatinya.