10 Item Film Paling Terkutuk Dan Menyeramkan

1
588
item terkutuk menyeramkan film

Pada umumnya benda / items, adalah sebuah benda mati yang tidak memberikan ancaman terhadap nyawa kita sama sekali. Toh sekali lagi, mereka adalah benda mati bukan? Namun di dalam film terutama film horor, malah sebaliknya.

Benda tidak bergerak justru kerap dijadikan medium oleh iblis, setan atau dukun tak bertanggung jawab untuk memberikam teror horor ke seluruh orang yang menemukannya. Dan di dalam sepanjang sejarah film sejauh ini, sudah terdapat lumayan banyak item-item mati yang diperlihatkan telah dikutuk untuk menyebarkan teror.

Namun, dari seluruh items yang ada, rasanya hanya 10 items inilah yang paling terkutuk, berbahaya dan tentunya sangat ikonik hingga detik ini.

 


10. Video Game (Stay Alive)


Bisa dikatakan film arahan William Brent Bell (The Devil Inside, The Boy) yang dirilis di tahun 2006 ini, adalah film horor yang harus dihindari oleh seluruh gamer.

Bagaimana tidak? Stay Alive mengisahkan sekumpulan anak muda yang setelah memainkan game berjudul Stay Alive, meninggal dunia. Dan cara meninggalnya, sama persis seperti cara kematian karakter yang mereka mainkan di game-nya.

Usut punya usut game tersebut telah dikuasai oleh arwah wanita terhormat asal Hungaria era 1500-an, Elizabeth Bathory. Walau terhormat, Bathory jugalah merupakan sosok pembunuh berantai sadis.

Dan tujuan Bathory melakukan apa yang dilakukannya di film ini, adalah untuk mengambil darah wanita muda segar yang nantinya akan digunakan untuk membuatnya terus terlihat awet muda. Walau filmnya mungkin mendapatkan kritikan kurang positif, namun Stay Alive tak dipungkiri sukses menjadi salah satu film horor fantasi cult classic sepanjang masa.

 


9. Amulet Pazuzu (The Exorcist)


Amulet yang ditampilkan di pembuka film The Exorcist (1973) ini, bisa dikatakan adalah item yang benar-benar terkutuk. Pasalnya, amulet ini dirasuki oleh arwah iblis bernama Pazuzu. Walau tidak dijelaskan secara eksplisit, bisa dikatakan arwah Pazuzu di amulet ini, menjadi salah satu arwah yang merasuki tubuh Regan MacNeil (Lind Blair) di filmnya.

Dan tentunya kita bisa menyalahkan seluruh insiden kerasukan yang terjadi terhadap Regan ke Pendeta Lankester Merrin (Max Von Sydow) yang pertama kali menemukan artefak amulet ini di pembuka filmnya. WOW thanks but not thanks you Merrin.

 


8. Kancing (Drag Me to Hell)


Dari semua items mati yang ada di dunia ini, kalau dipikir lagi secara logika, kancing bisa dikatakan adalah benda yang kecil kemungkinannya untuk “dijampi-jampi” kutukan. Tapi justru itulah yang terjadi di Drag Me to Hell (2009).

Setelah sakit hati karena pengajuan perpanjangan cicilannya ditolak oleh pegawai peminjaman bank, Christine Brown (Alison Lohman), seorang nenek menyeramkan, Sylvia Ganush (Lorna Raver) langsung menyerang Christine di dalam mobilnya sendiri.

Dalam penyerangannya tersebut, Ganush mencabut salah satu kancing mantel Christine yang lantas langsung dimantrai kutukan yang alhasil membuat hidup Christine menjadi tidak setenang seperti sebelumnya.

Kasus di Drag Me to Hell ini memberikan kita 2 pelajaran moral yang sangat berharga:

Pertama, lebih berbaik hati terhadap orang yang sudah jompo, dan kedua, pastikan kalau tiba-tiba diserang si orang jompo, baju atau mantel yang kita kenakan tidak ada kancingnya sama sekali (walau ya sepertinya itu sangat mustahil).

 


7. Cermin (Oculus)


Semenjak dipopulerkan oleh film animasi Disney, Snow White and the Seven Dwarves (1937), reputasi cermin sebagai obyek menyeramkan atau terkutuk menjadi begitu abadi. Dan sutradara Mike Flanagan (Absentia) semakin menghidupkan reputasi mistis tersebut melalui Oculus ini.

Di film ini, cermin antik yang dimiliki oleh keluarga Russell, ternyata didiami oleh arwah hantu bernama Marisol. Dan melalui tangannya, cermin ini sukses menimbulkan kejadian mistis binti menyeramkan bagi keluarga tersebut.

Dan gilanya, aksi maut cermin ini masih terus berlangsung hingga kedua anak dari keluarga ini: Tim (Brenton Thwaites) dan Kaylie (Karen Gillan) beranjak dewasa. Cermin ini bahkan bisa sampai membuat keduanya makin traumatik dengan membuat keduanya menjadi teringat dengan masa lalu keduanya yang sangat kelam dengan cermin ini.

 


6. Topeng Loki (The Mask)


Yap sesuai namanya, topeng hijau yang dikenakan oleh Stanley Ipkiss (Jim Carrey) ini, menurut legenda di filmnya, dibuat oleh God of Mischief, Loki. Namun kutukanyang diberikan oleh Loki ke topengnya ini untungnya (atau mungkin tidak untungnya) disesuaikan dengan karakteristik pemakainya.

Ketika dikenakan oleh Ipkiss, topeng tersebut merubah sosok Ikiss menjadi sosok yang konyol dan sedikit menyebalkan. Namun, ketika dikenakan oleh villain di film ini, Dorian Tyrell (Peter Greene), topeng ini membuat sosoknya menjadi monster hijau yang sangat berbahaya.

 


5. Cincin  (The Lord of the Rings)


Cincin yang dibuat oleh villain Sauron ini, benar-benar tidak pantas untuk disematkan di jari manapun. Pasalnya siapapun yang mengenakan cincin ini, dijamin langsung terpengaruh habis-habisan oleh keinginan haus kekuasaan dan ingin menjadi sosok yang paling dominan.

Wajar saja apabila cincin ini mengandung kekuatan jahat tersebut. Pasalnya, ketika membuat cincinnya, Sauron sangat terobsesi untuk menguasai satu Middle-Earth.

 


4. Internet (Unfriended)


Bisa dikatakan semenjak menyaksikan film horor arahan Levan Gabriadze (Lucky Trouble) ini, banyak dari kita yang makin paranoid ketika berinteraksi dengan chat user yang identitasnya tidak dikenali secara jelas.

Pasalnya, bisa saja chat user tersebut adalah roh penasaran dari seseorang yang telah meninggal karena di-bully habis-habisan semasa hidupnya. Dan roh ini bisa membuat diri kita benar-benar celaka dengan sangat sadis.

 


3. Horcruxes (Harry Potter)


Tidak menghitung Harry Potter (Daniel Radcliffe), dan Nagini, kelima benda mati lain yang juga merupakan Horcrux, sangatlah berbahaya. Pasalnya keenam benda ini sama halnya seperti Harry & Nagini, juga menjadi tempat “penyimpanan” nyawa Voldemort (Ralph Fienes).

Maka tak mengherankan apabila di kedua film terakhirnya, Harry, Ron (Rupert Grint) dan Hermione (Emma Watson), memfokuskan misi mereka untuk mencari sekaligus menghancurkan seluruh benda-benda terkutuk tersebut demi mengenyahkan Voldy untuk selama-lamanya.

 


2. Boneka Annabelle (Annabelle)


Mau yang versi tampilan asli maupun versi film yang tampangnya “diserem-seremin”, tetap saja boneka Annabelle ini sangat terkutuk dan sangat berbahaya. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak nyawa tak bersalah menjadi korbannya.

Oleh karenanya, tidaklah mengherankan apabila pasangan paranormal (oops sori Demonologis) Ed & Lorraine Warren memastikan betul-betul agar boneka ini, tidak keluar dari ruang penyimpanan mereka.

 


1. VHS Tape (The Ring)


Yap item terkutuk manalagi yang pantas untuk menempati posisi puncak kalau bukan video VHS kuno yang memiliki jiwa Sadako / Samara di dalamnya ini? Bayangkan saja. Setiap kali seseorang usai menyaksikan video VHS ini, orang tersebut langsung tewas.

Dan ini semua gara-gara kutukan kuat nan gokil Sadako yang “hidup” di dalam video tersebut. Walau pada awalnya (sebelum filmnya dirilis) premis ini agak konyol, namun dengan eksekusinya yang mumpuni baik versi Jepang maupun versi barat, alhasil membuat premis yang terlihat konyol tersebut, menjadi terlihat sangat menakutkan.

 

Nah Geeks. Itulah tadi 10 item berbahaya nan menyeramkan ikonik yang berasal dari sebuah film. Bagaimana apakah Geeks setuju dengan 10 items yang ada di dalam daftar ini? Lalu manakah yang merupakan favorit kalian?

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)

1 KOMENTAR

  1. no 5 “Cincin yang dibuat oleh villain Sauron ini, benar-benar tidak pantas untuk disematkan di jari manapun. Pasalnya siapapun yang mengenakan cincin ini, dijamin langsung terpengaruh habis-habisan oleh keinginan haus kekuasaan dan ingin menjadi sosok yang paling dominan.

    Wajar saja apabila cincin ini mengandung kekuatan jahat tersebut. Pasalnya, ketika membuat cincinnya, Sauron sangat terobsesi untuk menguasai satu Middle-Earth.”

    tapi ada satu mahluk yang tidak terpengaruh cincin waktu dia memakainya, yaitu Tom Bombadil. Dalam buku pertama, The Felloship of the Ring, keempat Hobbit sempat bertemu Tom dan berkunjung ke rumahnya. Frodo menceritakan kisahnya lalu Tom meminta untuk melihat cincin itu, memakainya dan dia tidak menghilang sama sekali. Cincin tidak berpengaruh pada dirinya dan cuma dia satu2nya mahluk yang kebal terhadap pengaruh cincin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here