Bagaimana Gigan Hadir Di Monsterverse?

0
815

Gigan adalah salah satu monster paling terkenal dan musuh terkuat dari Godzilla selain King Ghidorah. Banyak penggemar yang menginginkan agar monster satu ini muncul di dalam franchise Godzilla milik Legendary Studio, yakni Monsterverse. Yang menjadi pertanyaan besar sekarang adalah: bagaimana cara memasukan Gigan ke dalam Monsterverse?

Pertanyaan ini menjadi serius mengingat Gigan aslinya adalah alien dari luar angkasa. Sementara Legendary memperlakukan para monster di dalam Monsterverse mereka sebagai spesies super yang telah hidup lama di bumi, dan menjadi salah satu bagian dari alam. Nah, di dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa teori yang dapat membawa Gigan ke dalam Monsterverse. Baca terus artikel ini!


Perkenalan Unsur Alien Di Godzilla: King of the Monsters


Di dalam Kong: Skull Island dijelaskan bahwa Kong bukanlah satu-satunya “raja” di bumi. Begitu juga di dalam Godzilla: King of the Monsters, Godzilla nantinya akan menghadapi “raja” dan “ratu” seperti King Ghidorah, Rodan, dan Mothra. Di dalam film kedua Godzilla dari Legendary Studio ini para super spesies yang telah lama tinggal di bumi ini memiliki julukan “The Titans.” Namun, bagaimana apabila konsep super spesies atau para Titans ini tidak hanya berada di bumi? Bagaimana apabila galaksi dan seantero isinya ternyata menyimpan para Titans lain? Salah satunya kemungkinan adalah Gigan.

Harus diakui kalau memasukkan unsur alien ke dalam dunia Monsterverse memang riskan, mengingat Legendary lebih mengarahkan monster mereka dengan unsur realitas. Sepanjang pengetahuan yang di dapat, hal inilah yang Legendary lakukan terhadap King Ghidorah milik mereka, apalagi Mothra, yang di dalam serial aslinya terdapat unsur fantasi. Namun, masih menjadi pertanyaan apakah King Ghidorah itu adalah Titans “asli” yang berasal dari bumi atau bukan. Apabila nanti terungkap kalau King Ghidorah adalah alien di dalam Godzilla: King of the Monsters maka ada kesempatan untuk memperkenalkan Gigan di dalam film ketiga Godzilla.


Senjata Yang Dikirimkan Para Alien


Apabila seandainya Legendary memang memasukkan unsur alien ke dalam Monsterverse, maka Gigan bisa jadi sama seperti kemunculannya di awal film: senjata dari sebuah ras alien untuk menyerang bumi. Bila seandainya King Ghidorah adalah alien yang jatuh ke bumi, maka ia bisa jadi adalah senjata pertama yang digunakan alien. Nah, seandainya King Ghidorah dapat dikalahkan di dalam Godzilla: King of the Monsters, maka para alien tersebut mulai berpikir untuk mengirimkan senjata mereka yang paling mematikan: Gigan. Ada banyak materi dari masa lalu yang dapat digunakan untuk Gigan di dalam Monsterverse. Legendary tinggal memilih, kemudian merevisi, sesuai arahan mereka.

Di dalam film aslinya, Godzilla vs Gigan, Gigan adalah salah satu dari monster yang dikirim oleh alien M Space Hunter Nebula untuk menghancurkan bumi bersama dengan King Ghidorah. Berkat bantuan Angurius, Godzilla pada akhirnya berhasil mengusir keduanya kembali ke luar angkasa. Namun, Gigan kembali lagi di dalam Godzilla vs Megalon. Kali ini ia dipanggil dari luar angkasa untuk membantu monster pelindung penduduk lautan (Seatopians), Megalon, dari ancaman dunia luar. Kali ini Godzilla mendapat bantuan dari cyborg buatan manusia bernama Jet Jaguar untuk melawan ancaman Megalon dan Gigan.


Gigan Adalah Buatan Manusia


Bagaimana jika pada akhir dari Godzilla: King of the Monsters umat manusia menyadari bahwa Godzilla bukanlah pelindung, namun sebuah ancaman bagi seluruh umat manusia? Tentunya pemerintah dunia tidak akan mengumpulkan penjahat super untuk melawan sang raja monster seperti di Suicide Squad. Mereka harus memiliki “raja” mereka sendiri yang dapat bertindak sesuai kehendak mereka. Di dalam film aslinya, Gigan adalah seekor dinosaurus luar angkasa yang dimodifikasi menjadi cyborg. Legendary bisa menggunakan alasan ini untuk menciptakan Gigan, apabila Godzilla tidak berniat menjadi pelindung keseimbangan di bumi lagi.

Apabila Legendary tidak berniat memasukkan unsur alien ke dalam Monsterverse, maka mereka dapat menggunakan monster lama mereka. Salah satunya adalah M.U.T.O. dari film Godzilla pertama. M.U.T.O. memiliki banyak kesamaan dengan Gigan: mata berwarna merah, tangan berbentuk pengait, paruh, kemampuan untuk terbang, tempat untuk gergaji di dada (setelah tertusuk gedung di film pertama tahun 2014), dan warna yang sama dengan Gigan di Godzilla: Final Wars. Tentu saja Legendary dapat menggunakan pilihan lain apabila mereka tidak menginginkan M.U.T.O. menjadi Gigan, toh konsep alien seperti film aslinya masih terbuka untuk digunakan.


Monster Mutan Hasil Eksperimen


Jika konsep alien dan cyborg buatan manusia bukanlah pilihan Legendary untuk menampilkan Gigan ke dalam Monsterverse, maka mereka dapat melakukan cara klasik dari film monster zaman dulu: Gigan adalah monster mutan hasil eksperimen manusia yang gagal. Cara klasik di mana manusia mencoba bermain sebagai Tuhan ini seringkali digunakan di dalam film-film monster terkenal, contoh paling dekat adalah franchise film Jurassic Park. Dalam hal ini, Jurassic World yang paling mendekati.

Bisa saja Gigan adalah percobaan untuk membuat jenis super spesies baru untuk menyaingi Godzilla, namun Gigan pada akhirnya memberontak, dan Godzilla pun turun tangan untuk membasminya. Legendary juga dapat memasukkan karakterisasi ke dalam Gigan, seperti bagaimana ia ingin menghancurkan dunia karena sadar bahwa ia tidak lain adalah sebuah hasil eksperimen yang gagal. Godzilla pun bisa mengerti perasaan Gigan sehingga ia ragu untuk membunuhnya. Seandainya ia membunuh Gigan, bisa jadi Godzilla kesal dengan umat manusia dan ia pun mulai berpikir berbeda mengenai manusia.

 

Bagaimana Geeks, kira-kira apakah Legendary akan memasukkan Gigan ke dalam Monsterverse? Bila iya, tulis melalui komentar di bawah mengenai bagaimana caranya agar Gigan dapat masuk ke dalam Monsterverse.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here