Dengan latar waktu 8000 tahun sebelum kejadian Gameof Thrones, The Long Night akan menggali lebih dalam pertama kali tentang Westeros yang dilanda oleh cuaca salju yang sangat panjang dan mengerikan. Saat musim itu juga para White Walkers dan para pasukan mereka semakin melemah, membeku, dan kelaparan juga menyusut populasinya. Setelah sebelumnya dikabarkan Naomi Watts akan bergabung dalam prequel ini, kini Joshua Whitehouse dikabarkan akan menjadi pemeran utama.

Dalam laporan dari Deadline, Whitehouse akan memerankan peran utama dalam episode pilot The Long Night. Tapi, berbeda dengan Watts, tidak ada informasi detail mengenai karkater seperti apa yang akan dimainkan oleh Whitehouse. Dengan latar waktu yang mundur sangat jauh dan masih belum diketahui tentang dunia tersebut, masih sulit menggali lebih dalam tentang detail tersebut selain cerita tentang seorang figur legendaris, Azor Ahai dan The Last Hero.

Karir Whitehouse dimulai pada 2014 lalu di sebuah drama musikal Nothern Soul, dan juga bermain dalam film drama Poldark. Hal ini menjadi indikasi awal kalau The Long Night akan memiliki pendekatan casting yang sama dengan Game of Thrones, yaitu memadukan para aktor lama dengan para bintang baru. Kemungkinan nama-nama lainnya juga akan segera muncul dalam waktu dekat.

Selain mengabarkan perihal Whitehouse, Deadline juga memberikan sedikit sinopsis dari The Long Night yang akan mengungkapkan berbagai misteri yang ada di seri Game of Thrones.

Prequel tersebut akan memiliki setting ribuan tahun sebelum kejadian Game of Thrones. Menjadi sebuah catatan sejarah bagi sebuah bagi dunia dari jaman keemasan para pahlawan menjadi masa terburuk. Dan hanya satu hal yang pasti: dari rahasia yang mengerikan dalam sejarah Westeros sampai pada cerita asli dari para White Walkers, misteri dari timur sampai legenda Starks.. ini bukanlah cerita yang kita pikir kita tahu.

Jika menganut pada keterangan tersebut, kemungkinan Whitehouse akan memerankan leluhur dari keluarga Starks, yang mana menarik untuk dilakukan demi menjaga hubungan antara dua judul tersebut.