Superman sudah mengahadapi berbagai jenis kryptonite sebelumnya tapi, versi terbaru yang dimasukan ke dalam seri DC benar-benar terasa lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Nama dari kryptonite baru tersebut adalah Platinum Kryptonite. Kryptonite terbaru ini mampu memberikan semua kekuatan Superman kepada siapapun yang memegangnya. Dan Superman ingin memberikan seluruh kekuatannya kepada Batman, sebagai sebuah hadiah.

Hal itulah yang terjadi dalam komik Batman Secret Files. Tom King sepertinya ingin “menyelesaikan” dilema tentang ketidakmungkinan tersebut kepada Bruce Wayne. Tapi, bukan berarti ketika Bruce mendapatkan kekuatan miliknya dia jadi lebih santai. Dengan kekuatan tersebut Superman ingin Bruce melanjutkan perjuangan yang sudah dia mulai.

Yang jadi masalah adalah bukan tentang apa bahan dari Platinum Kryptonite tersebut, yang jadi masalah adalah Bruce Wayne. Bruce sudah lama bertarung melawan kriminal, hal tersebut membuat tubuhnya semakin melemah. Apalagi jika harus ditambah dengan kekuatan Superman. Pergulatan apakah Bruce harus menyerahkan sisi manusianya dan menjadi abadi ataukah tetap menjadi Bruce yang seperti biasa.

Alfred pun “menginterupsi” pertimbangan dari Bruce. Saat itu, Bruce bertanya apakah dia cukup tangguh untuk memegang tanggung jawab tersebut. Berbagai pertanyaan muncul di kepala Bruce. Apakah dengan mendapatkan kekuatan tersebut dia mampu menjadi seorang pahlawan yang sebenarnya seperti Superman? Apakah akan ada sesuatu yang aneh yang terjadi kepadanya jika dia meninggalkan semua sisi manusianya dan menjadi seorang manusia super?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.