15 Villain Harry Potter Berbahaya & Terbaik Sepanjang Masa

0
630
Harry Potter Villain

Seperti kita ketahui, di dunia magis Harry Potter milik J.K Rowling, terdapat lumayan banyak sosok penyihir beraliran gelap nan jahat yang sukses menteror Harry maupun karakter-karakter protagonis keren lainnya.

Namun dari seluruh karakter antagonis yang ada, rasanya hanya 15 penyihir antagonis inilah yang benar-benar jahat, kuat sekaligus berbahaya di seluruh serinya.

 


15. Draco Malfoy


Sebenarnya dari seluruh villain di daftar, putra Lucius dan Narcissa Malfoy ini bisa dikatakan adalah yang “lemah” tingkat keberbahayaannya. Ya memang, ia menyebalkan, belagu dan terkadang membahayakan Harry cs.

Tapi, tidak seperti villain lainnya, ia masih memiliki hati nurani. Bahkan setelah menjadi Death Eater pun, ia masih sering “berperang” dengan apa yang menurutnya baik dan apa yang menurutnya buruk.

Lagipula kalau misalkan Draco adalah sosok yang jahat dan sudah tidak mempunyai hati nurani lagi, pastinya Dumbledore di kisah Harry Potter and the Half-Blood Price, sudahlah tewas di tangannya.

 


14. Peter Pettigrew


Berbeda dengan Draco yang memiliki rasa simpati alias pada dasarnya ia bukanlah sosok yang jahat-jahat banget, maka lain cerita dengan tangan kanan Lord Voldemort ini. Ia melakukan seluruh tindakan-tindakan menyebalkannya karena ingin memang menunjukkan ke bos-nya Voldemort, bahwasanya ia pantas untuk menjadi tangan kanannya.

Alhasil untuk menunjukkannya, sosok yang juga dikenal dengan nama Wormtail ini, ketika Harry sudah lahir dan sedang diincar habis-habisan oleh Voldy (yap kami senang memanggilnya dengan sebutan ini), ia pun mengkhianati sahabat sekaligus ayah Harry James dan juga Sirius Black dengan memberitahukan keberadaan Harry ke Voldy.

Dan seperti kita tahu, aksi pengkhianatannya sukses besar dengan  James dan sang istry Lily meninggal dunia ketika mati-matian melindungi putra tercinta mereka.

 


13. Lucius Malfoy


Like Son, Like Father. Ya, sama seperti Draco, Lucius jugalah merupakan sosok penyhir kejam yang berbahaya. Saking berbahayanya, tak heran apabila ia kemudian diangkat oleh Lord Voldemort sebagai tangan kanannya.

Salah satu tindakannya yang membuat kita sangat membenci dirinya adalah memperlakukan budak setianya Dobby the Elf dengan sangat tidak berperikemanusiaan. Oh ya satu hal lagi, ia juga pernah memancing Ginny Weasley agar bisa memiliki / memegang  buku harian (diary) milik Voldy.

Dan tidak seperti sang putra tercinta, bahkan setelah Voldy kalah oleh Harry, ia masih terus kejam dan jahat seperti pertama kali kita berkenalan dengannya.

 


12. Aragog


Tarantula, laba-laba, terserah kalian mau menganggapnya yang mana.Yang jelas, Aragog adalah sosok yang berbahaya. Terbukti selain pernah sukses membuat Hagrid terusir dari Hogwarts, ia juga pernah hampir membuat Harry & Ron tewas ketika ia memutuskan untuk memberikan keduanya sebagai makanan ke anak-anaknya.

Dan tentunya, hal tersebut terjadi di event The Chamber of Secrets ketika Harry & Ron berjalan di hutan terlarang (Forbidden Forest) untuk mencari jawaban terkait misteri The Chamber of Secrets.

 


11. Profesor Quirrell


Salah satu hal utama yang membuat Profesor yang mengajarkan pertahanan terhadap ilmu sihir gelap ini begitu berbahaya adalah tampilan sekaligus karakteristiknya yang terlihat polos, gagap, dan terlihat tak pernah ada dosa apapun sama sekali.

Pada kenyataannya, Quirrell adalah sosok yang dimanfaatkan Voldemort untuk dapat men-infiltrasi Hogwarts di event The Sorcerer’s Stone sehingga ia bisa mendapatkan batu bertuah yang juga merupakan salah satu Horcrux yang sangat diincarnya.

 


10. Serpent of Slytherin


Dengan tampangnya yang sangar, Basilisk yang ditempatkan di Chamber of Secrets ini, sukses menteror seluruh Hogwarts terutama yang berkunjung ke ruang rahasia terlarang tersebut.

Selain itu, ular naga ini pernah menyerang seluruh murid Hogwarts yang Muggle (bukan lahir dari keluarga penyihir).Wajarlah. Pasalnya ia memang dipasang di Hogwarts untuk menghalau Hogwarts dari murid-murid keturunan tidak sakti mandraguna tersebut.

 


9. Barty Chrouch Jr.


Seperti yang diperlihatkan di seri keempat Harry Potter, The Goblet of Fire), putra dari Kepala Hukum Magis, Barty Crouch Sr. ini, adalah seorang Death Eater atau dengan kata lain, anak buah Voldemort yang super loyal.

Terbukti, ia di event tersebut adalah sosok yang bertanggung jawab dalam memasukkan kertas nama Harry ke dalam piala api yang alhasil membuat Harry yang masih di bawah umur, mau tak mau ikut berpartisipasi dalam turnamen Triwizard.

Dan dalam melakukan aksi jahatnya tersebut, Barty melakukannya dengan menyusup ke Hogwarts setelah dirinya tampil menyamar sebagai Profesor Alastor Moody. Atas perbuatannya, alhasil efek bola salju pun muncul bertubi-tubi yang akhirnya membuat Harry bertemu untuk pertama kalinya dengan Voldemort wujud penuh di area Labirin turnamen Triwizard tersebut.

 


8. Nagini


Tidak hanya sekedar binatang piaraaan setia favorit Voldemort, Nagini adalah salah satu Horcrux terbesar dan terpenting dari si musuh bebuyutan Harry tersebut. Selain itu, seperti yang kita lihat di Harry Potter and the Deathly Hallows, Nagini adalah sosok ular berbisa yang sangat berbahaya.

Pokoknya, sekali digigit, bisanya langsung mematikan. Bahkan, Nagini tidaklah segan-segan untuk membunuh mangsanya apabila diperlukan.

 


7. Dolores Umbridge


Profesor Hogwarts ini bisa lebih dikatakan sebagai sosok yang menyebalkan ketimbang jahat. Umbridge bagaikan sosok guru “killer” dan menyebalkan ketika kita sekolah dulu. Salah satu tindakannya yang super menyebalkan adalah dengan membuat tulisan hukuman yang ditulis di atas kertas menempel langsung di kulit anak murid yang menulis.

Sosoknya semakin mengesalkan dengan gayanya yang kerap mentolerir kehadiran anggota dari salah satu Death Eater.

 


6. Death Eaters


Kelompok yang berisikan anak buah Voldemort ini, tak dipungkiri sangatlah berbahaya. Masing-masing anggotaanya memiliki kemampuan sihir yang beragam yang tentunya, membuat masing-masing anggotanya memiliki value tersendiri bagai kelompoknya.

Saking berbahayanya banyak dari mereka yang juga yang kerap berhasil membahayakan dan bahkan menangkap sahabat terdekat Potter. Intinya, individu saja sudah berbahaya. Apalagi ketika masing-masing penyihir hitam yang ada menyerangnya secara kolektif. WOW ngeri Geeks!

 


5. Bellatrix Lestrange


Bisa dikatakan Bellatrix Lestrange adalah sosok villain terkejam setelah Voldy di daftar ini. Bagaimana tidak? Sepupu Sirius Black ini tak pernah segan-segan membunuh siapapun yang ia ingin bunuh.

Ia tidak memiliki pertimbangan atau belas kasihan sama sekali. Yang ada, malah ia membuat sosok yang orang terdekatnya dibunuh, menjadi sangat traumatis. Tanyakan saja Neville Lonbottom yang ayah dan ibunya dibunuh tanpa ampun.

Ngomong-ngomong soal Sirius, Bellatrix tak segan-segan membunuh keluarga sendirinya tersebut ketika di event Harry Potter and the Order of the Phoenix dulu.

 


4. Serverus Snape


Semenjak dimunculkan pertama kali di Sorcerer’s Stone baik itu di novel maupun filmnya, profesor yang sangat mumpuni dalam urusan ramuan (potion) ini adalah sosok yang sangat kompleks.

Kerap ditampilkan membenci Harry dan ingin membunuhnya, Snape adalah sosok karakter yang sangat menarik kisah latarnya. Tentunya pada akhirnya, seperti kita tahu, Snap nyatanya adalah sosok yang hebat, pemberani dan rela berkorban habis-habisan demi melindungi Harry dari Voldemort.

Terlepas demikian, sekali lagi tak dipungkiri bahwa cara-cara yang dilakuakn Snape dalam melakukan proteksi-nya ke Harry tersebut sangatlah villain.

 


3. Dementors


Rasanya tidak ada sosok villain yang paling ditakuti Harry di daftar ini selain mahluk menyeramkan penjaga Penjara Azkaban ini. Bagaimana tidak? Dementor bukanlah monster binatang atau penyihir manusia yang langsung bisa diajak duel atau dimantrai oleh sihir-sihir kecil.

Sosok ini bagaikan roh jahat yang hanya bisa dikalahkan oleh mantra Expecto Patronum yang untung saja ketika mantra ini diajarkan oleh Remus Lupin, Harry langsung menguasainya dengan sangat cepat. Walau demikian, tetap saja setiap kali Dementor muncul, Harry selalu ngeri bukan kepalang dibuatnya.

 


2. Gellert Grindelwald


Ada alasannya mengapa di ketujuh seri Harry Potter terdahulu namanya begitu melegenda dan tentunya, begitu ditakuti. Grindelwald adalah sosok yang tidak segan-segan melakukan hal jahat apapun demi memenuhi tujuannya yaitu: Membuat seluruh penyihir (baca: pengikutnya) mendominasi non-penyihir (Muggle / No-Maj).

Padahal tujuan ini bisa dikatakan sebuah kamuflase dari tujuan ia sesungguhnya yaitu: Menebar teror di seluruh Wizarding World.

Oh ya satu lagi.  Ia juga memiliki Elder Wand yang seperti kita ketahui adalah tongkat sihir tersakti yang diinginkan oleh seluruh penyihir. Namun setelah melalui pertarungan sengit dengan Dumbledore, iapun kalah dan Elder Wand pun berpindah tangan ke Dumbledore.

Nah di versi novel, Grindelwald membohongi Voldemort terkait lokasi Elder Wand yang diinginkan Voldy. Namun sebaliknya, versi filmnya spesifiknya, di Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1 (2010), ia justru memeberitahukan keberadaan tongkat sakti tersebut yang alhasil membuat Voldy sukses menginfiltrasi makam penyihir putih terkuat tersebut.

 


1. Lord Voldemort


Well, who else but Mr. Voldy? Ada alasannya mengapa sosoknya dianggap begitu jahat dan kejam oleh rekan-rekan penyihirnya. Dan ada alasannya pula mengapa mereka juga tidak ingin menyebut namanya sama sekali.

Voldemort aka Tom Riddle adalah sosok penyihir sangat berbakat yang sayangnya, ia gunakan untuk mempelajari sisi gelap. Lebih gilanya lagi ketika mempelajarinya, ia sangat berkeinginan untuk membelah nyawanya menjadi 7 bagian atau Horcruxes.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan di kisahnya, tentunya adalah untuk memenuhi hasratnya sebagai satu-satunya penyihir yang bisa hidup abadi di dunia ini. Oleh karenanya, ketika mengetahui dari jauh-jauh hari bahwa penyihir muda yang sangat berpotensi untuk mengalahkannya (baca: Harry Potter) akan lahir, ia pun tak membuang waktu untuk segera menghabisi Harry dan keluarganya.

Dan tentunya, kita tahu bagaimana hasil akhirnya bukan?

 

Nah Geeks. itulah tadi 15 villian Harry Potter hebat dan terbaik sepanjang masa. Dari ke-15 ini, yang manakah yang kalian anggap terkejam dari yang terkejam?

Marvin Ciputra
Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here