Kalau dipikir secara logika, dunia (universe) yang berisikan ragam Spider-Man aka Spider-Verse, seharusnya menjadi dunia yang tentram dan damai. Hal ini tentunya dikarenakan universe-nya yang dihuni oleh ragam manusia laba-laba pembela kebenaran.

Akan tetapi, siapa sangka bahwa di saat yang sama, universe tersebut jugalah dihuni oleh Spidey-Spidey yang justru berpotensi besar untuk menghancurkan universe-nya? Gila namun memang itulah faktanya.

Berdasarkan fakta gila tersebut, rasanya sangat menarik untuk membahas siapa-siapa saja sosok Spidey yang berpotensi besar untuk menghancurkan Spider-Verse nya. Dan berikut adalah 8 Spider-Man penghancur Spider-verse diantaranya.


Spider-Carnage


Tak salah apabila sejak dulu, Carnage kerap dianggap sosok yang paling berbahaya di rana Spider-Man. Pasalnya, berdasarkan kisah baik di komik Amazing Spider-Man #410 dan di ending final seri Spider-Man: The Animated Series (1994-1997), terbukti sekali bahwa apabila Spidey bergabung (bersimbiot) dengan Carnage, kombinasi maut ini sangat lebih dari mampu untuk menghancurkan Spider-verse.

Untunglah sebelum semuanya terjadi simbiot gabungan ini dihentikan oleh Spidey-spidey lainnya. Apabila saja tidak dihentikan, maka dipastikan Spider-verse akan binasa total.


Zombie Spider-Man


Layaknya seperti zombie pada umumnya, sosok Spidey yamg ditampilkan perdana di storyline komik top karya kreator komik The Walking Dead, Robert Kirkman, Marvel Zombies (2005-2006) ini, adalah sosok yang selalu lapar dan ingin memakan apapun untuk memuaskan rasa laparnya.

Dan ketika kami katakan apapun, kami maksudkan benar-benar apapun. Mulai dari memakan isi planet bumi hingga memakan seluruh mahluk kosmik dan alamnya, Zombie Spider-Man tak ragu memakan apapun selama rasa laparnya terpuaskan.


Ghost Spider / Spirit Rider


Bisakah Geeks bayangkan bagaimana jadinya kalau Spider-Man tiba-tiba menjadi seperti rekan superhero-nya, Ghost Rider? Jawabannya gila dan sangat destruktif. Setidaknya itulah yang digambarkan di Incredible Hulks Annual #1 karya John Layman dan Al Barrionuev yang dirilis di tahun 2011.

Jadi di komik tersebut, dikisahkan bahwa Paman Ben tidak pernah meninggal. Nah, sayang dan ingin keponakannya lebih jago lagi sebagai Spidey, ia pun mendorong Peter untuk menjado lebih kuat lagi.

Alhasil, Peter pun memancing Spidey-Spidey dari Spider-Verse agar ia bisa menyerap seluruh kekuatan yang dimiliki mereka agar ia bisa menjadi lebih kuat lagi. Ketika Peter akhirnya diangkat ke alam baka (afterlife), iapun menjelma menjadi sosok Spirit of Vengeance atau dengan kata lain, menjadi sosok Ghost Rider di alam tersebut.

Setelah menjelma menjadi sosok tersebut, iapun memutuskan untuk mengganti nama superhero-nya menjadi Ghost Spider.


Pestilence


Di storyline Cable & Deadpool #15 (2005) karya Fabian Nicieza &  Patrick Zircher, dikisahkan bahwa Wade melakukan time travel ke dunia (earth) yang diperintah oleh Apocalypse. Nah di dunia ini, Spider-Man dikisahkan menjadi salah satu anak buah Apocalypse, Pestilence.

Sosoknya seperti yang kalian lihat di foto, memiliki lengan dan kaki ekstra plus, matanya tidak memiliki pupil sama sekali yang alhasil membuatnya terlihat sangat menyeramkan (evil). Walau pada akhirnya Wade & Cable sukses mengalahkannya, tetap saja Spider-Man Pestilence ini merupakan sosok yang sangat berbahaya bagi seluruh universe Marvel.


Spider-Man, The Hunter


Sesuai dengan judulnya, di storyline What If? Spider-Man #1 (2011) karya Mark Sable &  Paul Azaceta, pembaca diajak berandai-andai bagaimana jika Kraven the Hunter yang selama ini terobsesi untuk memburu Spidey, justru dibalik menjadi yang diburu oleh Spidey?

Dan keduanya sukses banget dalam mewujudkan fantasi tersebut. Peter di kisah ini digambarkan sukses memburu dan menghabisi Kraven dan musuh-musuh bebuyutan lainnya. Sukses, iapun menjuluki dirinya sebagai “The Hunter”.

Melihat sosoknya yang kini menjadi sadis dan beringas,beberapa rekan superhero-nya dulu mencoba menghentikannya, sayang mereka gagal. Pada akhirnya, ia pun tersadar dan memutuskan untuk pensiun saja. WOW badass sekali ya Geeks Spider-Man The Hunter ini.


The Spider


Ditampilkan perdana di storyline bertajuk Exiles (2001), The Spider adalah anggota Weapon X di Earth berbeda (alternate dimension). The Spider pada dasarnya lebih ke Carnage draipada Spidey di Earth-nya tersebut.

Hal ini dikarenakan ia memiliki sifat-sifat seperti Carnage ketika melakukan aksinya. The Spider adalah sosok yang kejam, beringas dan tidak dapat diterka. Ia bahkan tidak segan-segan mengkhianati kelompoknya tersebut demi membantu bos-nya, Hyperion, menaklukkan seluruh dimensi realita yang ada.


Poison


Di storyline What If? Spider-Man: The Other (2007), digambarkan bahwa Spidey sukses menyatu secara full dengan simbiot Venom. Alhasil, penyatuan ini pun membuatnya menjadi sosok bernama Poison.

Sebagai Poison, Spidey sangatlah mengerikan. Pasalnya ia hampir merubah kekasihnya, Mary Jane menjadi simbiot juga dan, sukses membangkitkan sekaligus menjadikan mantannya, Gwen Stacy sebagai pelayan (servant) simbiotnya.

Melihat hal-hal gila yang bisa dilakukannya tersebut, tak heran apabila kitapun meyakini kalau ia juga tidak akan segan apabila suatu saat, memutuskan untuk menghancurkan seluruh Spider-Verse.


Spidercide


Di storyline Amazing Spider-Man #399 (1995) karya J.M. DeMatteis dan Mark Bagley, keduanya memperkenalkan sosok klon Spidey Peter Parker bernama Spidercide.

Spidercide adalah klon Spidey yang sangat berbahaya. Pasalnya di benaknya, hanyalah membunuh dan membunuh. Selain memiliki seluruh kemampuan seperti yang dimiliki oleh Peter, ia juga mampu memanipulasi seluruh molekul tubuhnya kapan saja.

Bahkan di salah satu kisahnya, ia pernah menghancurkan satu kota kecil dalam sekejap dengan menggunakan Virus Carrion yang dimiliknya. Gilanya, ia melakukannya tanpa alasan atau warning apapun.

Bisa kalian bayangkan apabila ia melakukan hal yang sama terhadap Spider-Verse? Exactly bakalan total chaos & destruction habis-habisan.

_

Nah Geeks. Itulah tadi 8 Spider-Man yang berpotensi besar untuk menghancurkan keeksistensian seluruh Spider-Verse. Bagaimana sekarang pendapat kalian dengan pembahasan ini? Dan dari kedelapan Spidey ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?