Komik Star Wars besutan Marvel sudah menggali banyak hal mengenai sang lord sith, yaitu Darth Vader. Di komik ini, kalian mungkin tidak akan lagi berpikir kalau karakter Darth Vader disini sama dengan karakter yang kita lihat di filmnya pada tahun 70an dan 80an. Saat ini, komiknya sudah menggali lebih banyak tentang Darth Vader, memaksa kita untuk berempati dengan alasan egoisnya untuk menggunakan sisi gelap dari the Force.

Dalam komik Darth Vader #22, karya Charles Soule dan Giuseppe Camuncoli, melanjutkan cerita masa lalu dari kastil miliknya di Mustafar. Di edisi sebelumnya kita diberitahu kalau Vader ingin menggunakan kastil tersebut untuk meningkatkan kekuatannya tapi, tujuan sebenarnya dari Vader adalaha bukan itu. Tujuan utama Vader membangun kastil tersebut adalah agar dia bisa bertemu kembali dengan istrinya yang sudah meninggal, Padme Amidala.

Kastil ini juga pernah muncul di film Rogue One: A Star Wars Story. Banyak orang yang mengira kalau tempat tersebut merupakan tempat untuk Vader melakukan meditasi atu untuk menenangkan diri. Dengan arwahnya yang terjebak di dalam topengnya, Momin mencoba untuk “menjual” desain kastil tersebut kepada Vader. Dan Vader pun kagum dengan bentuk arsitektur dari desain tersebut.

Momin mengungkapkan skema dari kastil tersebut. Dia menyebutkan kalau kastilnya akan berbentuk seperti garpu tala.  Momin juga mengaku, kalau bentuk garpu tala tersebut bisa membaca berbagai hal yang mistis, juga bisa membaca berbagai frekuensi kehidupan. Dengan hal tersebut membuat Anakin Skywalker bisa kembali bertemu dengan ratu Amidala.

Mimpi untuk bisa bertemu dengan istrinya tersebut membuat dirinya memiliki hubungan kerja sama dengan kerajaan Palpatine dalam Revenge of the Sith. Setelah Amidala meninggal, Anakin kemudian mundur dari ordo Jedi dan kemudian menjadi pesuruh Palpatine karena, dia sudah tidak memiliki apapun di dunia ini. yang paling penting, hal ini menjelaskan mengapa Vader menjauh dari semua orang di Mustafar. Banyak yang mengira dia melakukan latihan berat untuk menjadi seorang pejuang yang lebih hebat atau sedang berencana untuk menggulingkan Palpatine. Tapi, ternyata dia mencoba untuk bisa kembali berhubungan dengan cintanya.