Inikah Origin Story Black Manta di Film Aquaman?

0
950

Ada banyak informasi yang diberikan di dalam trailer terbaru film Aquaman. Namun, secara cermat trailer tersebut kemungkinan memberikan penonton kisah asli dari antagonis kedua Aquaman, yakni Black Manta. Salah satu musuh bebuyutan Aquman ini akan diperankan oleh Yahya Abdul Mateen II. Ia terkenal karena menjadi agen penting dari musuh utama Aquaman, yakni Raja Orm alias Ocean Master.

Dalam trailer terlihat Black Manta ditunjukkan sebagai musuh Aquaman yang berbahaya, karena ia menggunakan baju zirah yang dapat mengeluarkan sinar laser dari matanya, dan memiliki anak buah yang mengenakan baju zirah sepertinya. Baca terus artikel ini untuk mengetahui kenapa trailer film Aquaman menceritakan kisah asli dari Black Manta.


Kisah Asli Black Manta Versi Komik


Black Manta diciptakan oleh Bob Haney dan Nick Cardy pada tahun 1967. Namun, kisah aslinya baru diceritakan pada tahun 1993 oleh penulis Shaun McLaughlin. Pada saat itu Black Manta muda ditawan dan menjadi budak dari sebuah kapal bajak laut. Ketika ia melihat Aquaman berenang bersama lumba-lumbanya, ia meminta tolong namun, teriakannya tersebut tidak didengar. Ia lantas membunuh para bajak laut yang menawanya dan mendedikasikan dirinya untuk menghancurkan semua yang dibencinya, termasuk Aquaman yang tidak membantunya saat ia ditawan dulu.

Kisah aslinya berbeda pada tahun 2003. Ia adalah seorang anak yang menderita autisme yang dikirim ke dalam Arkham Asylum. Ia lantas dijadikan bahan eksperimen oleh para pegawai Arkham, karena tidak dapat menyembuhkan penyakitnya. Salah satu percobaan membuatnya sembuh, namun menjadikannya agresif dan lantas membuatnya membunuh para petugas di Arkham Asylum. Ia terobsesi dengan Aquaman setelah melihatnya muncul di dalam berita televisi.

Pada tahun 2010 Black Manta kembali mendapat cerita asli yang berbeda. Di dalam komik Brightest Day #16, oleh Geoff Johns dan Peter J. Tomasi, ia adalah seorang pemburu harta karun bersama istrinya yang tengah hamil. Ketika mereka mencari harta karun di dalam Segitiga Bermuda, mereka ditangkap oleh suku Xebel, yang melakukan eksperimen terhadap istrinya. Hal ini kemudian berakhir dengan anaknya yang memiliki kekuatan super dan menjadi Aqualad (Kaldur’ahm/Jackson Hyde). Black Manta sendiri kabur dari Xebel, namun istrinya mati, sementara anaknya dibawa oleh Mera agar dapat jauh dan aman dari jangkauan para Xebel.


Kisah Asli Black Manta Di Film Aquaman


Mungkin dikarenakan Black Manta memiliki beragam cerita asli dari komik, DC Films memilih untuk membuat cerita asli untuk versi filmnya. Di dalam film Aquaman Black Manta adalah seorang bajak laut yang mengalami trauma karena ayahnya tewas dikarenakan Aquaman. Aktor Yahya Abdul Mateen II mengatakan bahwa Black Manta kehilangan ayahanya, orang yang dicintainya sekaligus orang yang mencintainya. Dipenuhi dendam, Black Manta pun berusaha untuk membalas kematian ayahnya kepada Aquaman. Oleh karena itulah ia bekerja sama dengan saudara tiri Aquaman, Orm (Ocean Master). Meski Orm membenci manusia, ia melihat Black Manta sebagai senjata untuk menyingkirkan saudara tirinya. Berkat Orm, Black Manta mendapat baju zirah yang membuatnya sebagai karakter ikonik.

Cerita ini sangatlah berbeda dengan berbagai cerita asli Black Manta di dalam komik. Masih menjadi pertanyaan apakah DC akan memasukkan beberapa elemen yang ada di dalam komik ke dalam Black Manta versi film. Mungkinkah elemen autisme yang ada di dalam komik akan dimasukkan? Kalau benar maka hal tersebut akan menjadi sebuah topik yang menarik di dalam sebuah film superhero.

Kalau tidak, kisah asli Black Manta akan tetap akan menarik untuk dilihat. Hal ini dikarenakan sebuah kontras yang menarik dalam diri kedua karakter: Aquaman harus menerima silsilah keturunannya dan menghormati ingatan ibunya dengan mencegah perang yang terjadi antara ketujuh kerajaan laut dengan darat. Sementara Black Manta ingin menghormati ayahnya dengan membalas dendam. Sebuah perbedaan yang sangat menarik untuk ditonton.


Hal-hal Yang Ditunjukkan Dalam Trailer Aquaman


Di dalam trailer Aquaman pertama ada adegan di mana Aquaman menyerang sebuah kapal selam yang dipenuhi oleh bajak laut bertopeng. Dengan kekuatannya Arthur Curry dapat menghentikan kapal selam tersebut, ia mengangkat kapal selam tersebut ke permukaan air dan berhasil masuk ke dalamnya. Dengan mudah ia mengalahkan para bajak laut tanpa bantuan senjata apapun! Di dalam trailer pertama terlihat aktor Yahya Abdul Mateen II melepas topengnya, dan bahkan ketika Aquaman menyerang kapal selamnya, ia terlihat berpegangan dengan anggota bajak laut lainnya.

Dari penampilan Aquaman terlihat kalau hal ini terjadi sebelum ia bertemu dengan Mera, sehingga dapat diasumsikan ini adalah pertemuan pertama Aquaman dengan Black Manta. Sehingga adegan ini bisa menjadi sebuah momen di mana Black Manta memiliki dendam dengan Aquaman: Aquaman menyerang kapal selam; mengalahkan para anggota bajak laut di dalamnya; untuk alasan yang tidak diketahui, Aquaman melakukan sesuatu yang membunuh ayah Black Manta; membuat Black Manta dendam dengan Aquaman dan berusaha membunuhnya.


Black Manta Kemungkinan Memainkan Peran Yang Lebih Penting Dari Trailernya


Di dalam trailer kedua Aquaman, Black Manta semakin ditunjukkan sebagai antagonis kedua dari Aquaman. Namun, kemungkinan ia akan memainkan peran yang lebih penting dari yang ditunjukkan di dalam trailer. Hal ini dikarenakan di dalam komik ia menjadi salah satu musuh bebuyutan Aquaman yang paling berbahaya. Ia bahkan membunuh anak Aquaman dalam usahanya untuk membalas dendam. Beberapa kali Black Manta juga hampir menggulingkan Atlantis, dengan cara mengeluarkan udara dari kubah yang melindungi Atlantis, atau bersekutu dengan salah satu suku untuk menciptakan perang saudara di bawah laut.

Dalam sebuah kasus, Black Manta bahkan sempat menggunakan gas milik Scarecrow agar penduduk Atlantis saling bertengkar, sehingga membuat Atlantis terbuka atas serangan. Melihat pentingnya Black Manta di dalam komik, tidak heran apabila Warner Bros. membuat Yahya Abdul Mateen II menanda tangani kontrak agar ia tampil di dalam beberapa film. Seandainya Aquaman sukses dalam segi box office maka tidak mengherankan apabila Black Manta menjadi musuh utama yang akan menghadapi Arthur Curry di masa mendatang.