Film adaptasi berdasarkan karya-karya Stephen King mendapatkan masa kejayaannya kembali setelah kesuksesan It yang dirilis pada tahun 2017 lalu dan potensinya untuk berlanjut ke It: Chapter 2, Hollywood tampaknya kembali tertarik untuk mengadaptasi karya King ke dalam layar lebar. 

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran trailer Pet Sematary yang membuat banyak penggemar berjingjkrak kegirangan. Tapi masih banyak film lainnya lho Geeks, apa saja? Nah, di dalam artikel ini geeks akan mengetahui karya-karya Stephen King apa saja yang diadaptasi ke dalam layar, jadi baca terus untuk mengetahuinya!


Pet Sematary – 5 April, 2019


Pet Sematary diangkat berdasarkan novel dengan judul yang sama pada tahun 1983. Film ini berkisah mengenai pasutri Louis dan Rachel Creed (Jason Clarke dan Amy Seimetz) dan kedua anak mereka yang baru saja pindah ke Ludlow, Maine. Bukannya mencari ketenangan di rumah baru mereka, keluarga ini malah menemukan sebuah pemakaman yang dapat mengidupkan orang mati.

Film ini juga dibintangi oleh John Lithgow (Cliffhanger, Rise of the Planet of the Apes) sebagai Jud Crandall, tetangga dari keluarga Creed. Pet Sematary sendiri telah mendapat adaptasi layar lebarnya pada tahun 1989. Sekuelnya, Pet Sematary Two, dibintangi oleh Edward Furlong (John Connor dari Terminator 2: Judgement Day). Sayangnya sekuelnya ini tidak sesukses film pertamanya.


It: Chapter Two – 6, September 2019


Trailer dari film horror karya Andy Muschetti ini telah banyak memecahkan rekor bahkan sebelum filmnya dirilis. Ketika trailernya rilis di YouTube, It berhasil memecahkan rekor sebagai trailer paling banyak dilihat dalam waktu 24 jam (197 juta penonton). Setelah dirilis It bahkan kembali memecahkan rekor dengan menjadi film horror pre-selling terlaris dan film horror dengan rating dewasa (R) terlaris. Kesuksesan ini membuat para penggemar mengantisipasi sekuelnya.

It: Chapter Two akan kembali mengisahkan para anggota Loser’s Club 27 tahun setelah film pertamanya. Mereka berniat untuk mengalahkan It untuk selamanya agar ia tidak menelan korban lainnya. Film ini akan dibintangi oleh James McAvoy, Jessica Chastain, dan Bill Hader dalam peran utamanya.


Doctor Sleep – 24 Januari 2020


Pada tahun 1977 Stephen King menulis sebuah novel yang akan menjadi karyanya yang paling populer, The Shining. Film ini kemudian di adaptasi oleh sutradara legendaris Stanley Kubrick, namun Stephen King membenci adaptasi yang kini diakui sebagai salah satu film horror terbaik. Film ini sendiri mendapat homage di dalam novel dan film Ready Player One. The Shining berkisah mengenai keluarga Torrance (Jack, Wendy, dan anak mereka Danny yang memiliki kekuatan psikis) yang terisolasi di sebuah hotel berhantu selama musim dingin.

36 tahun kemudian, King akhirnya menulis sekuelnya dengan judul Doctor Sleep. Di dalam novel ini Danny Torrance kini telah dewasa. Ia tidak hanya kecanduan alkohol seperti ayahnya, namun juga memiliki trauma atas pengalaman supernatural yang dialaminya dulu. Setelah bertemu dengan sekelompok orang dengan kemampuan psikis, Danny mencari tujuan hidup dengan melindungi seorang gadis kecil yang juga diberkahi kekuatan psikis.


In The Tall Grass – 2019


Stephen King telah banyak menulis novel dan cerpen sepanjang karirnya. Namun, ia juga beberapa diantara karyanya juga adalah hasil kolaborasi dari penulis lain. Salah satunya adalah dengan anaknya, Joe Hill (nama pena dari Joseph Hillstrom King), melalui In the Tall Grass.

BACA JUGA : Inikah Villain Di Film Morbius The Living Vampire?

Novela (novel pendek) ini bercerita mengenai sepasang saudara lelaki dan perempuan yang berhenti di sebuah tempat istirahat di pinggir jalan yang telah lama diabaikan. Kedua saudara ini kemudian mendengar tangisan anak kecil dari balik padang rumput tidak jauh dari tempat peristirahatan. Ketika mereka mencoba mencari sang anak, keduanya malah terjebak di padang rumput yang tinggi ini.


The Tommyknockers – TBA


Cerita buatan Stephen King tidaklah melulu soal horror atau supranatural. Melalui The Tommyknockers, King membuktikan bahwa ia bisa membuat cerita fiksi ilmiah. Novel tahun 1987 ini bercerita mengenai sebuah kota fiksi Haven, di Maine di mana penduduknya berubah setelah salah satu dari mereka menemukan sebuah artefak alien di hutan.

Novel ini pernah diadaptasi menjadi sebuah miniseri yang terbagi menjadi dua bagian pada tahun 1993. Kini adaptasi layar lebarnya tengah dikerjakan dengan James Wan (The Conjuring, Aquaman) sebagai produser.


The Talisman  – TBA


The Talisman adalah novel kolaborasi antara Stephen King dengan Peter Straub pada tahun 1984. Novel fantasi ini berkisah mengenai seorang bocah lelaki yang berkunjung ke dunia lain untuk mencari jimat (talisman) yang dapat menyembuhkan ibunya yang sakit.

Steven Spielberg telah mendapat hak buku ini sejak lama, namun perkembangan adaptasi ini berjalan sangat lambat. Josh Boone, sutradara sekaligus penulis New Mutants dan The Fault in Our Stars diumumkan untuk menulis naskahnya pada 2017 lalu. Namun, hingga kini belum ada berita baru mengenai adaptasi novel ini.


Revival – TBA


Cerita yang dibuat Stephen King seringkali memiliki tema horror dan agama. Hal ini terjadi pada novel tahun 2014-nya Revival. Film ini berkisah mengenai seorang pendeta yang tidak hanya bergumul dengan keyakinannya, namun juga misteri yang ada ketika ia membuka pintu ke dunia lain.

Detail mengenai adaptasi ini sangat minim. Josh Boone (penulis naskah The Talisman) disebut-sebut akan duduk di bangku sutradara. Selain itu tidak ada lagi informasi tambahan mengenai adaptasi ini.


Lisey’s Story – TBA


Lisey’s Story adalah novel yang memadukan antara genre horror dengan romantis. Novel ini berkisah mengenai Lisey, yang harus menghadapi kematian suaminya. Namun, dalam perjuangannya, ia malah mengunjungi dunia gelap, tempat yang juga sering dikunjungi suaminya sebelum ia mati.

BACA JUGA : Johnny Depp Dipastikan Kembali Di Fantastic Beast 3

Film ini masih dalam awal tahap pengembangan, sehingga hanya terdapat sedikit informasi. Mengejutkannya, Josh Boone digadang-gadang akan kembali menyutradarai adaptasi novel King ini selain Revival.


Suffer the Little Children – TBA


Salah satu cerita pendek dari kumpulan cerpen King yang berjudul Nightmares & Dreamscapes ini berkisah mengenai seorang guru SD. Semakin lama ia menjadi curiga terhadap anak didik di kelasnya mengajar. Ketika ia mencoba untuk mengumpulkan petunjuk mengenai murid-muridnya, beberapa penduduk malah tewas secara misterius.

Menurut berita yang dilansir dari Deadline, sutradara baru Sean Carter (Keep Watching) akan menulis naskah sekaligus duduk di bangku sutradara. Selain itu tidak ada informasi baru lagi.


Hearts – TBA


Hearts adalah salah satu cerpen karya King dari kumpulan cerpen dan novela berjudul Hearts in Atlantis. Pada tahun 2001 sebuah film berjudul Heart of Atlantis dibuat berdasarkan kumpulan cerita King ini. Hanya saja film tersebut tidak diadaptasi berdasarkan cerpen Hearts, namun sebuah novella berjudul Low Men in Yellow Jackets, dari kumpulan yang sama. Adaptasi ini juga adalah berdasarkan karya King yang tidak mengandung elemen horror, seperti The Shawshank Redemption, The Green Mile, dan Stand by Me.

Cerpen ini berkisah mengenai sekelompok mahasiswa kampus pada tahun 1966 yang kehidupan pribadi mereka berubah ketika Perang Vietnam meletus. Johanes Roberts (47 Meters Down, The Strangers: Prey at Night) dinisbatkan untuk duduk di kursi sutradara semenjak 2016 lalu. Namun, sampai sekarang belum ada informasi tambahan mengenai proyek ini.


Rose Madder – TBA


Meski Stephen King memiliki banyak koleksi karya yang dapat diadaptasi ke layar lebar, beberapa karya tampak mengalami kendala dalam proses adaptasi. Salah satunya adalah Rose Madder. Novel ini memiliki genre fantasy-thriller dengan tema kisah nyata kekerasan di dalam rumah tangga.

Selama beberapa tahun film ini masih dalam tahap pengembangan, dengan penulis naskah Naomi Sheridan (In America) yang ditugaskan untuk menulis naskah pada tahun 2011. Sayang belum ada informasi  terbaru mengenai adaptasi ini.


Drunken Fireworks – TBA


Cerpen lainnya dari kumpulan cerpen King yang diberi judul The Bazaar Bad Dreams. Cerpen ini berkisah mengenai sebuah kompetisi kembang api yang berakhir dengan mengerikan. James Franco disebut-sebut akan berperan sebagai bintang utama sekaligus produser.

Naskah Drunken Fireworks akan ditulis oleh Matt Rager, yang juga menulis naskah As I Lay Dying, The Sound and the Fury, dan In Dubious Battle, yang semuanya dibintangi dan disutradarai oleh Franco. Hingga saat ini belum ada informasi tambahan dan tanggal rilis untuk film ini.


Firestarter – TBA


Novel ini sebenarnya telah mendapat adaptasi layar lebarnya pada tahun 1984. Di dalam adaptasi ini, Drew Barrymore muda berperan sebagai seorang gadis kecil yang memiliki kekuatan untuk menyalakan api dengan pikirannya. Hal ini kemudian membuatnya diburu oleh organisasi pemeritah yang dikenal sebagai “The Shop.”

Universal, studio asli dibalik adaptasi pertamanya, kali ini bekerjasama dengan Blumhouse Productions untuk mengadaptasi novel ini dengan latar belakang zaman sekarang. Meski masih dalam tahap awal, Fatih Akin (The Edge of Heaven) ditugaskan untuk menjadi sutradara. Sementara naskah film ini akan disutradarai oleh Scot Teems (Narcos: Mexico).


The Jaunt – TBA


Satu lagi cerita pendek karya Stephen King yang akan diadaptasi ke dalam layar lebar adalah The Jaunt. Cerpen ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1981 di dalam The Twilight Zone Magazine. Cerpen ini kemudian dikumpulkan ke dalam kumpulan cerpen Skeleton Crew.

The Jaunt menceritakan tentang kisah di masa depan, di mana orang-orang dapat melakukan teleportasi. Namun, dibalik kemajuan teknologi tersebut terdapat konsekuensi yang mengerikan. Pada tahun 2015 Andy Muschetti diumumkan sebagai sutradara, namun setelah kesuksesan It dan It: Chapter Two yang akan datang, belum ada informasi lagi soal ini.


The Stand – TBA


Salah satu karya King lainnya ini tidak akan mendapat adaptasi layar lebar, namun serial televisi terbatas. The Stand sendiri pernah mendapat miniserinya pada tahun 1994. Kini CBS All Access akan memproduksi adaptasi ini ke dalam channel mereka.

The Stand berkisah mengenai beberapa individu yang bertahan hidup setelah sebuah penyakit superflu hampir membasmi seluruh populasi di muka bumi. Josh Boone, yang telah ditugasi banyak untuk menangani adaptasi Stephen King lainnya, akan duduk di kursi sutradara lagi.


Salem’s Lot – TBA


Adaptasi karya Stephen King lainnya ke dalam layar lebar yang kemungkinan masih dalam tahap pengembangan adalah Salem’s Lot. Novel ini sendiri telah mendapatkan adaptasinya ke dalam televisi pada tahun 1979 dan 2004.

Dugaan adaptasi ini berasal dari ucapan King yang mengatakan bahwa ada ketertarikan untuk mengadaptasi Salem’s Lot ke dalam layar lebar. Hal ini terjadi dikarenakan kesuksesan film It, yang awalnya juga mendapat adaptasi televisi, sehingga produser Hollywood berencana untuk melakukan hal yang sama terhadap adaptasi lain.