Teori Ini Ungkap Asal Usul Dementor

0
743

Buat Geeks pecinta seri Harry Potter, tentunya sudahtidak asing dengan makhluk Obscurial yang menyerap kebahagiaan orang lain, dan juga Dementors. Sebagian fans juga penasaran apakah film Fantastic Beasts nantinya akan mengaitkan dan menceritakan dunia sihir dan awal mula makhluk Obscurial ini. Pertanyaannya adalah apakah Dementor pertama “lahir” dari Obscurus?

Obscurial adalah seorang penyihir atau ahli sihir yang dikarenakan oleh rasa takut atau persekusi,memaksa mereka untuk menggunakan sihir mereka sebanyak mungkin, sesering mungkin, sehingga sihir itu sendiri akhirnya sering kali berubah menjadi sebuah bentuk yang tidak berwujud, tidak kasat mata, terkadang berwarna hitam, dan tidak berbentuk. Kebanyakan dari Obscurial mati sebelum umur mereka menyentuh sepuluh tahun. Itulah mengapa Obscurus yang ada di dalam tubuh Credence Barebon, sangatlah besar dan sangatlah berbahaya.

Dalam film Fantastic Beasts kita diperlihatkan bagaimana Newt berhasil untuk menjaga Obscurus tetap hidup meskipun makhluk Obscurialnya mati. Hal ini membuat penyihir lain shock. Obscurus sendiri dipenuhi oleh ketakutan, kemarahan, kesedihan, kebencian pada diri sendiri, sebuah makhluk yang bisa menghancurkan harapan apapun dan siapapun, bahkan bisa menghancurkan hidup seseorang.

Berbicara tentang Dementors, tidak banyak yang bisa kita ketahui tentang makhluk yang sudah lama menjaga penjara Azkaban ini. Penjara Azkaban sendiri sering digunakan oleh para pengguna sihir hitam sebagai tempat untuk menyiksa para Muggles. Disana juga para Dementors bebas berkeliaran. Dementors adalah makhluk yang jahat dan senang meneror siapa saja, mencuri kenangan indah seseorang yang ada di dekatnya.

J.K. Rowling sendiri pernah menyebutkan kalau mereka tidak melahirkan atau memiliki anak, melainkan mereka tumbuh seperti jamur. Tapi, tidak ada yang tahu darimana mereka berasal hanya saja yang kita ketahui kalau mereka sudah mati. Ada sebuah perbedaan besar antara Obscurus dan Dementors tapi, kurang lebih mereka sama. Jika seorang Newt, yang merupakan ahli di bidang binatang sihir, mampu untuk mengendalikan salah satunya, apa yang bisa dilakukan oleh seseorang yang jahat pemiliki sihir hitam, terhadap sebuah Obscurus? Sihir apa yang akan digunakan oleh penyihir hitam yang ingin menghancurkan dunia ini, untuk memnuhi keinginannya tersebut?

Tentunya masih banyak lagi pertanyaan yang belum bisa dijawab sampai saat ini. Tapi, rasanya sangat sulit untuk tidak melihat kemiripan dari kedua makhluk kegelapan ini dan bahkan apakah mereka juga berasal dari sebuah tempat yang sama. Rowing tentunya masih memiliki banyak cerita yang ada di dalam lemari ceritanya. Menghubungkan antara Fantastic Beasts kepada Harry Potter hanyalah sebuah awal saja. Jadi, rasanya tidak akan mudah untuk menebak apa yang akan terjadi selanjutnya.

Dengan mengungkapkan kalau Dementors bukanlah berasal dari dimensi lain tapi, berasal dari rasa takut dan marah kita, tingkah laku kita kepada mereka yang berbeda, dari kesedihan orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita, akan membuat bukan hanya film Fantastic Beast menjadi film yang sangat memilukan dan menyedihkan. Film ini juga akan membuah novel Harry Potter menjadi  lebih karaya “rasa”, dengan menambahkan hubungan yang sangat kompleks antara kebaikan dan keburukan.

Dementors adalah sebuah mimpi buruk, makanya dia tidak menggambarkan diri kita tapi, mereka akan lebih menakutkan jika mereka lahir bukan dari sesuatu yang jahat melainkan dari kegagalan kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here