Entah apa yang terjadi di industri perfilman Holywood tapi, sepertinya pengunduran jadwal rilis sebuah film menjadi “tren” saat ini. setelah Fox dengan New Mutants, Gambit, dan Dark Phoenix yang diundur jadwal rilisnya, sekarang giliran Universal Picture yang mencoba untuk mengikuti jejak Fox. Film reboot Doctor Dolittle yang akan diperankan oleh Robert Downey Jr., harus diundur jadwal rilisnya.

Berdasarkan laporan dari Variety, film Voyage of Doctor Dolittle harus diundur jadwal rilisnya. Semula dijadwalkan film ini tayang pada 12 April 2019 tapi, kemudian harus diundur selama sembilan bulan menjadi 17 Januari 2020. Lalu, apa alasan Universal memundurkan jadwal rilis tersebut? Jawabannya adalah persaingan.

Universal mencoba untuk memundurkan jadwal menjadi Januari 2020 karena, di bulan tersebut persaingan film tidak terlalu ketat.  Apalagi, film ini merupakan film keluarga. Universal merasa kalau mereka tidak bisa untuk bersaing dengan film-film besar lainnya di bulan tersebut. Pada bulan April 2019 ada beberapa film yang dirilis seperti live-action Dumbo juga film pahlawan super, Shazam! yang diprediksi keduanya akan meraih pendapatan tinggi.

Selang beberapa minggu kemudian, film yang paling dinanti-nanti oleh para fans di seluruh dunia, Avengers 4, tayang di bioskop. Jadi, rasanya masuk akal jika Universal harus memundurkan film Dolittle ini agar tidak kalah saing dengan film lainnya. Film Dolittle menjadi satu-satunya film blockbuster yang direncanakan rilis pada Januari 2020. Saingannya hanya satu yaitu sebuah film animasi yang disutradarai oleh Chris Miller dan Phil Lord yang akan tayang satu minggu sebelumnya.