Buat sebagian Geeks, pasti tahu dengan Colossus. Dia tampil di dua film Deadpool dan menjadi salah satu tokoh kunci dalam cerita. Dia tinggal di X Mansion bersana dengan Teenage Warhead Negasonic dan juga beberapa mutan lainnya. Dalam film Deadpool dia sering membantu Wade Wilson dalam menjalankan misinya. Tapi, apakah Geeks tahu kalau dulu Colossus pernah bersekutu dengan Magneto dengan menjadi anggota Acolytes?

Dalam komik Uncanny X-Men #300, X-Men sedang berusaha untuk menyelamatkan Moira MacTaggert dari Acolytes. Salah satu anggota Acolytes, Neophyte , berpisah dari teman-temannya untuk membantu X-Men menyelamatkan Moira, saat dia menyadari bahwa pemimpin dari Acolytes, Fabian Cortez, adalah orang yang jahat.

Pada saat itu, Colossus benar-benar sedang dalam keadaan yang sangat sulit. Orang tuanya dibunuh. Saudara laki-lakinya kembali hidup tapi kemudian mati kembali. Saudara perempuannya sakit parah akibat virus Legacy. Akhirnya saudara perempuannya pun mati. Kematian saudarinya tersebut benar-benar membuat Colossus down. Dalam edisi #303 yang merupakan perayaan 30 tahun X-Men, Colossus bertingkah sangat aneh di depan Kitty Pryde.

Kemunculan Colossus di pemakaman Illyana, membuat para anggota X-Men sedikit terganggu karena sikapnya. Dia bahkan menawarkan para X-Men untuk bergabung dengannya menjadi anggota Acolytes. Magneto tidak sadar, bahwa saat itu X-Men mempunyai anggota baru yaitu Bishop. Dia mampu menyerap semua jenis energi, termasuk Magneto. Ketika seluruh X-Men lumpuh, Bishop satu-satunya orang yang malah menjadi kuat bahkan dia mampu untuk menyerag Magneto jika dia mau.

Dalam komik X-Men #25, Magneto menyerang bumi dengan kekuatan gelombang elektromagnetik yang sangat besar. X-Men merasa kalau merak perlu untuk menghentikan Magneto untuk selama-lamanya. Colossus mengizinkan X-Men untuk menyusup masuk markas Magneto Asteroid M. Tapi, tentu saja pada akhirnya, Professor X berhasil mengalahkan Magneto melalui pikirannya. X-Men mengira kalau Colossus akan ikut dengan mereka tapi, dia memutuskan untuk tinggal.

Dalam cerita yang berkaitan dengan Excalibur, Colossus terluka sangat parah dan dia dikirim ke Muir Island, yang berada di lepas pantai Skotlandia, untuk dirawat. Setelah sembuh dirinya akhirnya kembali menjadi anggota Acolytes. Dalam komik Uncanny X-Men #316, Acolytes akhirnya berhasil menangkap Neophyte, yang berusaha untuk membantu X-Men, pemimpin baru Acolytes, Exodus, mengirim dia ke penjara. Colossus menjadi “pengacara pembela” bagi Neophyte.  Colossus pun menang tapi, dengan kemenangan tersebut membuatnya dinilai kalau dirinya tidak sepenuhnya setia kepada Acoyltes.

Setelah cerita Age of Apocalypse, Asteroid M akhirnya hancur dan Acolytes pun harus dievakuasi. Saat semuanya tercerai-berai, untungnya Colossus diselamatkan oleh seseorang, yaitu Callisto. Dalam komik Uncanny X-Men #325, Callisto menyebutkan alasan mengapa dia menyelamatkan Colossus. Dia membutuhkan bantuan Colossus dan X-Men, untuk itulah dia pergi ke New York. Ketika masa krisis sudah reda, seperti yang bisa diduga, Colossus pun kembali meninggalkan X-Men.

Dia kembali pergi ke Muir Island karena ingin bertemu dengan Kitty. Sayangnya, dia harus kecewa saat melihat Kitty sedang berduaan dengan Peter Wisdom. Dia hampir saja membunuh Wisdom, begitu juga dengan Wisdom yang hampir saja membunuh Colossus. Dia akhirnya kembali sembuh dan harus dikirim ke penjara atas perbuatannya. Nightcrawler menyusup ke dalam penjara dan menjelaskan kepada Colossus kalau dia harus bergabung dengan Excalibur untuk terhindar dari aksinya tersebut. Seiring berjalannya waktu, Colossus akhirnya bisa menyatu dengan Excalibur dan menjadi anggota yang paling penting. Ketika Excalibur bubar, dia kembali bergabung dengan X-Men dengan Kitty dan Nightcrawler.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.