Beberapa film memiliki plot, cerita, dan karakterisasi yang sangat menarik sampai-sampai penonton dibuat tidak mau meninggalkannya sedetik pun. Disinilah sang sutradara bermain dengan shot, dialog, aksi, dll agar para penonton tertarik mencari petunjuk untuk apa yang akan terjadi selanjutnya.

Di dalam artikel ini Geeks akan menemukan sepuluh film yang akan membuat otak kalian selalu menuntut pertanyaan. Pertanyaan tersebut nantinya akan dijawab dengan twist yang membuat otak kalian kaget. Baca terus artikel ini untuk mengetahui kesepuluh judul film dengan twist mengejutkan tersebut.


Mulholland Drive


Mulholland Drive adalah film neo-noir karya sutradara legendaris David Lynch. Film ini diperankan oleh Naomi Watts dan Laura Harring. Lynch rencananya akan membuat Mulholland Drive sebagai pilot dari serial televisi. Karena para eksekutif televisi menolaknya, Lynch pun menyediakan ending untuk proyek ini.; menjadikannya sebuah film layar lebar. Untuk film ini Lynch memberikan slogan ‘Kisah cinta di kota penuh mimpi.”

Film ini bercerita mengenai seorang gadis (Harring) yang kehilangan ingatannya dalam kecelakaan. Ia kemudian mengambil nama Rita dari sebuah poster iklan. Ia hendak mencoba memulai hidup baru di Hollywood, namun masa lalunya terus mengikutinya. Dalam perjalanan ia bertemu dengan seorang aktris bernama Betty (Watts) yang membantunya dalam menemukan jati diri aslinya.


The Number 23


Jim Carrey yang biasanya bermain sebagai karakter kocak dan gila, kini mencoba melebarkan sayapnya dengan mencoba peran serius di dalam The Number 23. Film ini adalah kolaborasi kedua Jim Carrey dengan Joel Schumacher, setelah sebelumnya bermain sebagai The Riddler di dalam Batman Forever.

Di dalam film ini Carrey berperan sebagai Walter Sparrow, seorang petugas pengendali satwa, yang mulai membaca novel berjudul The Number 23. Semakin ia membaca, semakin ia menemukan fakta mengejutkan: apa yang terjadi dengan karakter utama novel terjadi persis dengan kehidupannya. Untuk mengubah masa depannya ia harus memecahkan misteri nomor 23 , atau ia akan melakukan hal yang kejam persis dengan karakter utama di dalam novel.


Memento


Kemungkinan Memento adalah film karya sutradara Christopher Nolan dengan struktur cerita yang paling membuat penonton bertanya-tanya. Film ini dibuat berdasarkan ide adiknya, Jonathan Nolan, yang kemudian dijadikan cerita pendek dengan judul Memento Mori. Film ini dibintangi oleh Guy Pearce, Carrie-Anne Moss, dan Joe Pantoliano.

Leonard Shelby (Pearce) terjangkit sebuah penyakit amnesia yang langka: di mana ia kehilangan ingatan setiap lima menit sekali. Hal ini terjadi setelah seseorang menyerang dan membunuh istrinya. Kini ia tengah mencari identitas sang pelaku. Untuk membantunya mengingat kejadian di masa lalu, Shelby selalu mengambil foto dan menulis setiap petunjuk yang ia dapat di sekujur tubuhnya.


Prisoners


Hugh Jackman dan Jake Gyllenhaal beradu akting di dalam film thriller karya sutradara terkenal Denis Villeneuve (Siccario, Arrival, Blade Runner 2049). Film ini adalah film berbahasa Inggris pertama Villeneuve, karena film sebelumnya kebanyakan berbahasa Perancis (Villeneuve adalah orang keturunan Prancis di Kanada). Film ini diakui sebagai salah satu dari sepuluh film terbaik pada tahun 2013 oleh National Board Review. Prisoners juga meraih nominasi untuk Best Cinematography pada ajang Academy Awards ke-86.

Keller Dover (Jackman) mengalami mimpi buruk yang dapat dialami oleh setiap orangtua: putri berumur enam tahunnya menghilang bersamaan dengan temannya. Satu-satunya petunjuk yang ada ialah sebuah mobil trailer yang diparkir di mana keduanya terlihat bermain terakhir kali. Detektif Loki (Gyllenhaal) menahan sang pemilik, namun segera melepaskannya karena kekurangan bukti. Dover yang kecewa dengan tindakan tersebut berusaha menyelesaikan kasus dengan tangannya sendiri.


Fracture



Aktor legendaris Anthony Hopkins berperan sebaga Theodore “Ted” Crawford, seorang insinyur kaya yang tinggal di Los Angeles. Crawford mengetahui bahwa istrinya Jennifer (Embeth Davidtz) telah berselingkuh dengan seorang detektif bernama Robert Nunally (Robert Burke). Crawford kemudian menghadapi istrinya dan menembaknya; sebuah kejahatan yang diakuinya sendiri.

Sebelum ia pindak ke perusahaan lain, Willy Beachum (Ryan Gosling), seorang asisten jaksa wilayah mengambil kasus ini. Beachum berpendapat bahwa kasus ini akan mudah diselesaikan karena sang pelaku, Crawford, telah mengakui tindak kejahatannya. Namun, hasil penyelidikan berkata lain: bukti yang menyudutkan Crawford tidak ditemukan sama sekali. Sehingga muncul pertanyaan: siapakah yang menembak istri Crawford?


Before I Go to Sleep


Anak sutradara terkenal Roland Joffe, Rowan, menyutradarai film yang diangkat berdasarkan novel dengan judul yang sama karya S.J. Watson. Film ini adalah film produksi bersamaan antara Amerika Serikat, Inggris,Prancis, dan Swedia. Film ini dibintangi oleh Nicole Kidman, Mark Strong, dan Colin Firth.

Di dalam film ini Christine Lucas (Kidman) terkena penyakit hilang ingatan. Setiap kali ia bangun pagi, ia tidak mengingat hal apapun yang terjadi padanya kemarin. Beruntung ia mempunyai suami yang peduli dengannya dan membuatnya mengingat siapa dirinya. Berkat saran dokter, Christine memulai video diary. Berkat hal ini Christine tidak hanya dapat mengingat apa yang terjadi di masa lalu, namun juga detail mengerikan mengenai kejadian di masa lalu dan sifat asli orang-orang terdekatnya.


Mystic River


Mystic River adalah salah satu film terkenal karya aktor sekaligus sutradara Clint Eastwood. Film ini juga adalah film pertama Eastwood di mana ia menjadi composer karena musik yang ditulisnya sendiri. Film ini dibintangi oleh Sean Penn, Tim Robbins, Kevin Bacon, Laurence Fishburne, Marcia Gay Harden, dan Laura Linney. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Dennis Lehane. Mystic River mendapat banyak nominasi di ajang Academy Award ke-76, diantaranya Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Adapted Screenplay, Best Supporting Actress, dan Best Supporting Actor. Penn berhasil meraih penghargaan sebagai Best Actor, sementara Robbins berhasil meraih penghargaan sebagai Best Supporting Actor.

Jimmy Markum (Penn), David “Dave” Boyle (Robbins), dan Sean Devin (Bacon) adalah sahabat semenjak kecil. Mereka suka bermain hoki dan berlaku layaknya anak lelaki lainnya. Hal ini berjalan normal sehingga sebuah kejadian menimpa salah satu dari mereka. 30 tahun kemudian sebuah tragedi mengikat ketiga sahabat ini kembali: putri Jimmy dibunuh. Sean yang kini seorang detektif berusaha memecahkan kasus. Namun, Jimmy berupaya memecahkannya sendiri. Ia mencurigai sahabatnya Dave, karena mirip dengan ciri-ciri sang pelaku.


Flightplan


Jodie Foster beradu akting dengan aktor ternama seperti Peter Sarsgaard dan Sean Bean di dalam film thriller ini. Di dalam film ini Jodie berperan sebagai Kyle Pratt, seorang janda sekaligus insinyur penerbangan Amerika. Ia dan putri berusia enam tahunnya hendak membawa jasad suaminya yang baru saja meninggal di Jerman, ke negara asalnya di Amerika Serikat. Di tengah penerbangan, putrinya menghilang dan Pratt terpaksa harus mencarinya sembari membuktikan bahwa ia tidak gila.

Premis film ini, meski memiliki ending yang berbeda, mirip dengan salah satu episode dari serial televisi Alfred Hitchcock Presents dengan judul “Into Thin Air”. Ceritanya juga mirip dengan film karya sutradara Alfred Hitchcock dengan judul The Lady Vanishes dan film Inggris tahun 1950, So Long at the Fair.


And Then There Were None (TV Miniseries)


And Then There Were None adalah miniseri televisi yang dirilis pertama kali di BBC One dari tanggal 26-28 Desember. Serial dengan tiga episode ini diadaptasi oleh penulis naskah Sarah Phelps dengan sutradara Craig Viverios. Film ini diangkat berdasarkan novel dengan judul yang sama karya novelis misteri legendaris, Agatha Christie. And There Were None menampilkan pemain gabungan, diantaranya Douglas Booth, Charles Dance, Maeve Dermody, Burn Gorman, Anna Maxwell Martin, Sam Neill, Miranda Richardson, Toby Stephens, Noah Taylor, dan Aidan Turner.

Miniseri ini bercerita mengenai delapan orang yang tidak mengenal satu sama lain. Mereka diundang ke sebuah kastil megah di sebuah pulau. Ketika mereka semua duduk di meja, mereka sadar bahwa sang pemilik tidak dapat ditemukan. Satu-satunya penghuni kastil adalah para pelayan. Mereka menuduh kedelapan orang ini sebagai pembunuh dan berjanji bahwa mereka akan dihukum atas tindakan mereka di masa lalu. Setiap hari satu dari delapan orang ditemukan tewas. Namun, pelaku pembunuhan tidak dapat ditemukan. Benarkah tidak ada orang lain yang tinggal di kastil selain mereka?


The Oxford Murders


Martin (Elijah Wood) adalah seorang mahasiswa Amerika di Oxford yang mengidolakan dosen bernama Arthur Seldom (John Hurt). Kehidupan Martin berubah ketika beberapa pembunuhan terjadi di universitas ternama ini. Bersama dengan sang profesor, Martin berusaha memecahkan kasus yang terjadi dengan ilmu matematika dan logika yang di dapatnya dari kampus.

Film ini diangkat berdasarkan novel dengan judul yang sama karya ahli matematika dan penulis asal Argentina, Guillermo Martinez. Selain Elijah Wood dan John Hurt film ini juga dibintangi oleh aktris asal Spanyol, Leonor Watling, dan Julie Cox. Di dalam film ini para karakter dapat ditemukan berdebat mengenai teori matematika, fisik, dan filosofi.