Proses promosi dari film superhero wanita pertama MCU, Captain Marvel, sudah dimulai tadi malam. Mereka memulai dengan merilis first look resmi dari Captain Marvel dan juga berbagai karakter yang akan ditampilkan di film tersebut. Selain memperlihatkan penampilan pertama, hal yang mengejutkan adalah ternyata dari situ kita tahu bahwa Carol Danvers akan menjadi bagian dari pasukan elit milter bangsa Kree yang disebut Starforce. Pasukan ini dipimpin oleh Mar-Vell yang akan diperankan oleh Jude Law.


Siapa Starforce?


Supreme Intelligent merupakan orang dibalik terjadinya peperangan antara Kree dan Shi’ar. Tujuannya adalah untuk memulai sebuah evolusi baru dari ras Kree. Tujuan Intelligence adalah membuat Shi’ar mengaktifkan sebuah Negabomb di atas tanah Kree. Demi melancarkan tujuannya tersebut, dia mulai mengumpulkan para pejuang Kree terkuat untuk menjadi pasukannya yang disebut Starforce.

Misi pertama dari Starforce adalah untuk mengaktifkan kembali Supremor, tiruan dari Supreme Intelligence. Dulu Supremor pernah menjadi bawahan Intelligence di medan pertempuran. Supremor pertama kali merekrut Ultimus, yang sempat dipenjara oleh Tantalus, anggota dari ras Deviants.  Shatterax menjadi rekrutan selanjutanya. Kemudian dilanjutkan oleh Korath dan Doctor Minn-erva, kemudian kekasihnya yaitu Captain Att-Lass.

BACA JUGA: Captain Marvel Rilis Deretan Foto Perdana

Peperangan diantara kedua kerajaan alien tersebut mulai berpengaruh terhadap bumi karena kedua kerajaan tersebut, menggunakan transporasi luar angkasa yang disebut “Stargates”, yang tenaganya menggunakan kekuatan dari matahari. Penggunaan tenaga matahari yang sangat masif mengancam kestabilan dari Matahari dan hal tersebut, tentu saja memberikan ancaman untuk bumi. Avengers memutuskan untuk pergi ke luar angkasa dan menemukan cara agar kedua kerajaan ini bisa kembali damai.

Kree memang sudah lama “memangsa” bangsa Shi’ar, tapi mereka tidak pernah memiliki sebuah tim sebelumnya. Mereka biasanya menyerang secara sendiri seperti Ronan the Accuser, yang menjadi villain dari bangsa Kree pertama yang menyentuh bumi dan berhadapan dengan Fantastic Four. Kemudian Captain Mar-Vell. Memang saat dia ke bumi dia bersama dengan timnya tapi, Mar-Vell akhirnya memilih untuk menjadi pelindung bumi.

Dalam cerita Avengers #346, ketika Avengers pergi ke rumah bangsa Kree untuk berjanji menyudahi peperangan, Avengers dipaksa harus menghadapi Starforce yang dipengaruhi oleh Supreme Intelligence. Intelligence meyebutkan kalau Avengers datang ke planet Kree dengan tujuan untuk menghancurkan bangsa Kree.

Di cerita komik, Starforce dikenal sebagai grup yang berisikan para penjahat. Saat itu, Carol Danvers masih belum menyadari bahwa di dalam grup tersebut, dia dikelilingi oleh banyak villain. Ada kemungkinan bahwa Carol Danvers tidak akan memperlihatkan sisi heroik seorang pahlawan seperti pada umumnya. Hal ini juga sama seperti yang diungkapkan oleh Brie, bahwa Captain Marvel bukanlah pahlawan yang sempurna.


Anggota Starforce


Ronan The Accuser

Ronan dulunya bergabung dalam Public Accuser Corps bangsa Kree, badan keamanan utama yang bekerja untuk kerajaan. Dia pernah menghentikan kapal dari kerajaan Skrull untuk masuk ke Kree. Sebagai hasil kerjanya tersebut, dia diangkat menjadi petinggi disana. Dia bertugas untuk menegakan aturan dan hukum di Kree dan juga patuh kepada Supreme Intelligent.

Namun, sebenarnya Ronan tidak senang untuk diperintah oleh non-humanoid seperti Intelligent. Dia pernah merencanakan kudeta bersama Zarek. Usahanya tersebut dihentikan oleh Captain Marvel dan Intelligence sendiri. Dia pernah diperintah oleh Intelligence untuk menghabisi nyawa Lilandra, putri kerajaan Shi’ar, sebagai balasan atas terbunuhnya pemimpin Kree oleh Deathbird.

Doctor Minerva

Doctor Minerva pertama kali datang ke bumi untuk mencari salah satu pasukan Kree yang diasingkan ke bumi, yaitu Captain Mar-Vell.  Dia berharap bisa berkembang biak dari gen Mar-Vell demi meningkatkan ras bangsa Kree. Sebagai anggota dari Starforce, dirinya sadar dari rencana Supreme Intelligence yang ingin menghancurkan Kree dengan Nega Bomb, dan memulai kembali evolusi bangsa Kree dari orang-orang yang selamat.

Atlas merasa rencana tersebut tidak benar, sehingga dia akhirnya memutuskan untuk menghancurkan dirinya sendiri. Doctor Minerva ikut terkena ledakan tersebut. Tapi ternyata hal itu merupakan tipuan. Mereka pergi menggunakan teleportasi. Minerva pernah bertarung melawan Captain Marvel saat dia ingin menyerang manusia dengan bom biologis

Ultimus

Ultimus berasal dari ras Eternal, sub-ras Kree yang diciptakan oleh Celestials. Ultimus pernah datang ke bumi sekitar 4000 tahun yang lalu. Dia kemudian di penjara selama ribuan tahun oleh Tantalus. Sebuah portal terbuka dan berhasil mengembalikannya ke rumah. Ultimus kemudian sadar bahwa orang-orang sudah menghilang.  Dia kemudian ditemukan oleh Supreme Intelligence dan mengatakan bahwa dia adalah bangsa Kree Eternal yang terakhir.

Bersama Dr. Minerva, Captain Atlas, Shatterax, dan Korath the Pursuer dirinya bergabung bersama Starforce. Mereka dikirim untuk menghentikan para Avengers yang sudah masuk Kree-Lar. Setelah pemimpinnya diserang oleh Deathbird, Ultimus melakukan teleportasi ke istana Shi’ar untuk membunuh Lilandra. Semua anggota Starforce ditangkap Lilandra namun, Ultimus dilepaskan olehnya.

Korath the Pursuer

Korath merupakan salah satu ilmuwan dibalik pasukan robot Pursuer yang mengubah percobaan tersebut kepada dirinya, ketika proyek tersebut ditinggalkan pemerintah Kree. Dalam peperangan Kree-Shi’ar, Korath menggunakan teknologi cyber-genetic dirinya untuk meningkatkan kekuatan dari para superhuman. Bersama Supremor dia menyerang pasukan Avengers di Hala dan bertarung melawan Captain America.

Ketika Kree mendapatkan kembali kendali kerajaannya, Korath dan Starforce dikenal sebagai bagian dari pasukan Shi’ar. Korath pun pergi dari Kree dan pergi ke planet Godthab Omega. Dia juga keluar dari Starforce. Dalam peristiwa Annihilation di komik Annihilation: Ronan #1, Ronan lari menuju Korath dan kita pun diberitahu ketika kerajaan Kree memperoleh kembali kemerdekaannya dari kerajaan Shi’ar, anggota Starforce yang bekerja untuk kerajaan Shi’ar dianggap sebagai penghianat dan mereka dibuang dan diasingkan. Untungnya Ronan berhasil untuk melawan demi bisa kembali ke Kree dan bahkan menjadi pemimpin kerjaan Kree.

Captain Atlas

Captain Atlas bekerja  bersama dengan Doctor Minerva selama peperangan Kree-Shi’ar berlangsung. Mereka mencuri Nega-Bands milik Captain Marvell. Atlass kemudian menggunakan Bands tersebut untuk bertukar tempat dengan Rick Jones. Atlas bertempur melawan Avengers dan pasukan Shi’ar tapi, ketika dia mengetahui ahwa oeoerangan tersebut diakibatkan oleh Supreme Intelligence, Atlas memutuskan untuk bunuh diri dengan mengaktifkan mode penghancuran diri.

Tapi, mode tersebut sepertinya bukan mode penghancuran diri tapi mode teleportasi. Hal ini diketahui saat Spymaster mencuri armor Iron Man, Atlas bergabung dengan tim tersebut.

Shatterax

Shatterax merupakan seorang techo-arrior dari bangsa Kree. Dia merupakan pertama dari ras pasukan cyborg. Dia bertarung dengan Iron Man dalam peperangan Kree-Shi’ar. Dia juga kemudian bergabung dengan Starforce. Dia juga merupakan salah satu anggota dari tim yang dikirim untuk menangkap Adam Warlock dan gagal di Terma.


Story Arc Starforce


Selama Kree-Shi’ar war dalam story arcOperations: Galactic Storm“, ketika Deathbird berhasil membunuh petinggi kerajaan Kree, Starforce kemudian berusaha untuk membunuh Lilandra, putri kerajaan Shi’ar, sebagai pembalasan dendamnya. Namun, usaha tersebut gagal karena dihentikan oleh Avengers. Sebagian besar dari anggota Starforce tidak tahu kalau perang yang terjadi antara Kree-Shi’ar merupakan rekayasa dari Supreme Intelligence.  Akhirnya Nega-Bomb dijatuhkan di rumah bangsa Kree. Bom tersebut membunuh miliaran orang tapi, beberapa orang yang selamat bermutasi dan mampu untuk berevolusi menjadi lebih kuat.

Ketika Captain Atlas mengetahui kalau Minerva sudah mengetahui rencana tersebut, dia tidak senang dengan hal tersebut. Dengan kerajaan Kree yang hancur saat itu dan Supreme Intelligence yang dibunuh oleh Avengers, akhirnya kerajaan Shi’ar mengambil alih kerajaan Kree dan Deathbird ditugaskan menjadi pemimpin Starforce. Kree saat itu menjadi bagian dari kerajaan Shi’ar, Ronan dan Supremor memilih untuk meninggalkan Starforce.

Kelompok Starforce ini pernah menghadapi Quasar dalam sebuah epilog “Operation: Galactic Force” dalam komik Quasar #35. Mereka juga pernah menghadapi Silver Surfer dalam sebuah minicomic yang menjadi bagian dari deal antara Marvel dan kue Drake di tahun 1990. Starforce juga muncul dalam cerita terakhir Blackwulf, seorang pahlawan alien yang mati di bumi.

Dalam story arc Annihilation di komik Annihilation: Ronan #1, ketika kerajaan Kree memperoleh kembali kemerdekaannya dari kerajaan Shi’ar, Ronan pergi ke persembunyian Korath. Anggota Starforce yang bekerja untuk kerajaan Shi’ar dianggap sebagai penghianat dan mereka dibuang dan diasingkan. Untungnya Ronan berhasil untuk melawan demi bisa kembali ke Kree dan bahkan menjadi pemimpin kerajaan Kree.

Starforce sudah memiliki sejarah panjang di komik Marvel. Jadi, rasanya tidak terlalu mengejutkan dengan munculnya Starforce di layar lebar. Hal ini tentu membuat para fans Marvel merasa senang. Kita nantikan saja ya, Geeks, penampilan tim alien ini muncul di layar lebar

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.