Tidak disangka Power Rangers telah menemani anak-anak selama 25 tahun dalam melawan kejahatan. Serial televisi populer ini adalah versi “Amerikanisasi” dari serial jepang dengan judul Super Sentai. Tidak seperti serial aslinya di Jepang yang dimulai pada tahun 1975, Power Rangers dimulai pada tahun 1993 dengan Mighty Morphin Power Rangers. S

erial pertama Power Rangers ini menggunakan adegan aksi dari Kyōryū Sentai Zyuranger, dan adegan yang sengaja dishooting dengan menggunakan pemeran dari Amerika. Hasilnya? Mighty Morphin Power Rangers sukses di pasar Amerika (dan internasional seperti Indonesia). Hingga kini Power Rangers telah menayangkan 25 seasons serial televisi, 20 serial dengan tema yang berbeda, dan tiga film layar lebar.

Dalam perjalanannya membasmi kejahatan, para anggota Power Rangers tidak hanya berubah wujud menjadi rangers, namun juga menggunakan senjata-senjata keren dan unik. Beberapa senjata dapat digabungkan sehingga membentuk sebuah senjata yang memiliki kekuatan dahsyat. Namun, beberapa juga ada yang memiliki kekuatan tersendiri, tanpa perlu digabungkan. Di dalam artikel ini kalian akan menemukan ke-15 daftar senjata terkuat milik para Power Rangers. Baca terus artikel ini untuk mengetahuinya.


Laser Lamp


Semenjak ditemukan di dalam sebuah gua oleh Mystic Force Rangers, Laser Lamp telah menjadi sebuah senjata sekaligus rumah bagi jin kocak, Jenji. Laser Lamp adalah sebuah senjata yang mematikan yang digunakan oleh Solaris Knight.

Dengan Laser Lamp, Solarus Knight dapat menembak musuh dari jarak jauh dan dalam jumlah yang banyak. Jurus terdahsyat yang dimiliki pistol lampu ajaib ini adalah dengan memanggil penghuninnya, agar ia dapat melibas musuh-musuhnya tanpa ampun.


Astroblasters


Pistol ini adalah senjata resmi untuk para anggota Power Rangers in Space. Bagian atas yang menggunakan pisau dari pistol berwarna biru dapat dilepas-pasang. Selain memiliki penampilan yang keren, Astroblasters ini memiliki kekuatan yang mampu menghentikan para monster dan prajurit Quantron.

Kelemahan Astroblasters ialah tidak bisa digunakannya pistol ini dalam perkelahian dengan tangan. Namun, pistol ini dapat digabungkan dengan Astro Power Weapons. Caranya adalah dengan memindahkan bagian pisaunya dan menggunakan kekosongan tersebut untuk memasukkan Astro Power Weapons. Hasilnya? Sebuah senjata mematikan yang keren.


Titanium Blasters


Titanium Blaster adalah senjata pribadi dari Power Rangers: Lightspeed Rescue keenam, Titanium Ranger. Uniknya, senjata ini sama seperti pemegangnya, hanya ada di versi Amerika (Power Rangers) dan tidak ditemukan di saudaranya (Super Sentai) di Jepang.

Selain dapat menembakkan energi yang mematikan, Titanium Blasters juga memiliki kemampuan untuk berubah menjadi kampak, yang efektif untuk pertarungan jarak dekat.


Chrono Sabers


Pedang Chrono Sabers adalah senjata pertarungan jarak dekat resmi dari Power Rangers Time Force. Sesuai dengan Power Rangers-nya yang mengambil tema waktu, pedang ini memiliki bentuk seperti jarum jam. Chrono Sabers dapat digunakan dua tangan, atau digabungkan menjadi satu untuk menjadi sebuah pedang bermata dua.

Kekuatan mematikan dari pedang ini dapat dilancarkan apabila digabungkan dan diposisikan menghadap 90 derajat. Dengan senjata ini, para Mutan yang menjadi musuh Time Force dapat dibelah dengan mudah.


Zeo Power Weapons


Setelah Mighty Morphin Power Rangers bertahan selama tiga musim, Saban memutuskan untuk mengganti tema dan kekuatan bagi para Power Rangers untuk musim keempat dengan Power Rangers: Zeo. Selain kostum, perlengkapan, dan zord baru, setiap rangers memiliki senjata pribadi.

Senjata-senjata pribadi tersebut adalah Power Disc, Power Double Club, Power Axe, Power Hatchets, dan Power Sword. Apabila semua senjata tersebut digabungkan, bersamaan dengan Zeo Laser Pistol dan Zeo Pod Sword, maka terbentuklah sebuah senjata baru bernama Zeo Power Blaster.


R.I.C./CANINE CANON


Sama seperti namnaya, senjata ini berbentuk seperti anjing. Nama aslinya adalah R.I.C. (Robotic Interactive Canine), yang dijadwalkan akan dipensiunkan. Namun, setelah diberi teknologi tambahan, ia memiliki beberapa kemampuan yang berguna bagi Power Rangers Space Patrol Delta.

Kekuatan yang dimilikinya setelah diberi teknologi baru adalah, penciuman tajam, kekuatan super, pendingin kecil internal, dan mode senjata bernama Canine Canon. Berfungsi sama seperti Power Blaster dari Mighty Morphin, Canine Canon adalah senjata sekaligus teman yang mematikan.


Lunar Cue


Salah satu senjata paling aneh di dalam sejarah Power Rangers ini adalah milik Power Rangers Wild Force keenam, Lunar Wolf Ranger. Senjata ini memiliki tiga mode: pedang, senapan sniper, dan tongkat biliar.

Dua mode pertama merupakan mode umum yang dapat ditemui di serial Power Rangers dan Super Sentai lalu. Namun tongkat biliar? Mode tersebut adalah mode paling unik yang ditemui di dalam serial Wild Force. Dengan mode ini Lunar Wolf Ranger menggunakan Kristal zord miliknya sebagai bola biliar untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Menarik sekaligus unik bukan?


Snow Staff


Tongkat sakti ini adalah senjata pribadi dari mentor Power Rangers Mystic Force, Udonna. Tongkat ini bukan hanya sumber kekuatan sihir Udonna, tapi juga dapat membuatnya berubah wujud menjadi Mystic Force White Ranger. Snow Staff adalah versi Magic Staff dengan kekuatan tinggi, yang lebih panjang dan dengan hiasan salju di atasnya.

Snow Staff tidak memiliki mode tambahan, namun memiliki kekuatan sihir yang dahsyat. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan angin kencang yang dapat membekukan musuh.


Quantum Defender


Quantum Defender adalah salah satu senjata Power Rangers yang memiliki desain unik, namun memiliki kekuatan dahsyat. Senjata ini digunakan oleh Quantum Rangers dari Power Rangers Time Force. Selain fungsi utamanya yang dapat menembak musuh mati, Quantum Defender juga dapat berubah menjadi pedang untuk pertarungan jarak dekat.

Apabila semua mode gagal, maka Quantum Defender dapat menggunakan serangan terakhirnya, yakni Freeze Strike. Serangan ini dapat mengalahkan musuh seketika. Selain kekuatannya yang dahsyat, Quantum Defender juga memiliki desain kepala Tyrannosaurus. Pemilihan desain mungkin agak nyentrik, namun cocok dengan kekuatan yang dimiliki senjata ini.


Drago Sword


Sebenarnya senjata ini lebih mirip pisau daripada pedang. Meski begitu, kekuatan Drago Sword harus diacungi jempol. Kombinasi kekuatan yang mematikan dan kecepatan sang pemilik, White Drago Ranger, Drago Sword menjadi sebuah senjata yang patut ditakuti oleh Ranger dan para monster.

Drago Sword juga memiliki fungsi tambahan lain, yakni kemampuan untuk melemparkan panah energi yang dapat menembus musuh dari berbagai jarak. Ukurannya yang kecil dan cara White Ranger memegang, mengingatkan senjata ini seperti pena bulu. Uniknya lagi, pemiliknya adalah seorang komikus, yang setiap hari berurusan dengan alat-alat menggambar,


Golden Power Staff


Golden Power Staff adalah senjata yang penting berkekuatan tinggi. Tongkat emas ini mampu memberikan pemegangnya, Trey dari Triforia dan Jason Scott, kekuatan Gold Rangers Power. Selain sebagai senjata fisik, tongkat ini mampu mengeluarkan bola energi berkekuatan dahsyat.

Ada dua bentuk yang dimiliki oleh tongkat ini: versi pendek yang berfungsi sebagai tongkat ajaib, dan versi panjang yang berfungsi sebagai senjata jarak dekat.


Power Weapons


Power Weapons adalah senjata pertama dan ikonik dari Mighty Morphin Power Rangers pertama. Mereka terdiri dari kampak, tombak, pisau, panah, dan pedang. Kelima senjata ini mewakili pribadi dan kekuatan masing-masing ranger.

Selain berfungsi sebagai senjata pribadi, Power Weapons juga adalah senjata pertama yang bisa digabungkan di dalam sejarah Super Sentai. Dengan menggabungkan kelima Power Weapons, maka terciptalah Power Blaster yang dapat mengalahkan monster yang dikirim oleh Rita Repulsa dan Lord Zedd.


Dragon Dagger


Salah satu senjata ikonik lainnya dari Mighty Morphin Power Rangers. Senjata ini dipegang oleh Tommy Oliver, ketika ia masih menjadi Green Ranger. Selain memiliki fungsi dan desain yang unik, Dragon Dagger juga adalah “senjata pertama” di dalam franchise Power Rangers.

Apa maksudnya senjata pertama? Dragon Dagger adalah senjata pertama yang mengendalikan zord, salah satu senjata ikonik pertama beserta pemiliknya, yang merupakan ranger terkenal di sepanjang sejarah power rangers.


Quasar Sabers


Diletakkan di dalam batu selama 3000 tahun di Planet Mirinoi, Quasar Saber adalah senjata yang diramalkan akan dipegang oleh kelompok ksatria terpilih. Kelompok ksatria terpilih ini adalah lima anggota Power Rangers Lost Galaxy.

Quasar Sabers adalah salah satu senjata terkuat milik ranger. Pedang ini adalah sumber kekuatan dari para rangers dan memiliki tanda yang mewakili Galactabeast setiap ranger. Senjata ini adalah pusaka kuno dari masa lampau, yang digunkana untuk mengubah masa depan.


Saba


Mungkin senjata paling kuat dan ikonik di dalam seluruh serial Power Rangers adalah pisau singa putih Saba. Pada musim kedua Might Morphin Power Rangers, Tommy kehilangan kekuatan ranger hijaunya. Alpha dan Zordon pada akhirnya memutuskan untuk membuat kekuatan ranger putih yang disimbolkan dengan pisau yang bisa berbicara, Saba.

Saba adalah senjata utama Tommy, pedang kepercayaan, dan teman seperjuangan dari ranger putih ini. Selain menemani dalam pertarungan fisik, Saba juga berperan untuk memberikan Tommy saran dan petunjuk selama pertarungan. Dia adalah pilot kedua Tommy, secara harfiah dan kiasan. Hal ini dikarenakan Saba adalah alat utama untuk mengendalikan White Tiger Zord.

 

Bagaimana Geeks? Apakah kalian setuju dengan daftar ini? Beri komentar di bawah apabila kalian memiliki daftar sendiri.