Bisa dikatakan film-film dan seri-seri keren yang akhirnya menjadi tren Pop-Culture, banyak bermunculan di era 90an. Power Rangers, Home Alone, Jumanji dan seluruh film animasi milik Disney adalah beberapa contoh diantaranya.

Melihat fakta tersebut, tak heran apabila masih banyak audiens yang pernah muda di era 90an, kangen untuk menyaksikan kembali sekuel, reboot, atau versi super terbaru dari film-film klasik tersebut. Dan untungnya keinginan ini terkabulkan.

Terbukti dalam beberapa tahun mendatang, Hollywood akan merilis atau memproduksi kembali film-film tren 90an tersebut entah itu dalam format sekuel, reboot, remake, atau memang versi terbarunya. Dan dari sekian banyak proyek 90an yang akan di-revitalisasi tersebut, berikut adalah beberapa diantaranya.


Sonic the Hedgehog


To be fair, Sonic the Hedgehog memang belum pernah diproduksi adaptasi film layar lebarnya. Namun dikarenakan sebelum-sebelumnya maskot SEGA ini telah diproduksi seri animasinya, maka si landak biru masih pantas untuk disertakan di daftar ini.

Ya akhirnya Geeks. Setelah sekian lama menunggu adaptasi film layar lebarnya, akhirnya pada tanggal 15 November 2019 mendatang, Sonic The Hedgehog akhirnya dibuatkan juga film layar lebarnya.

Dan menurut kabar, film ini akan menerapkan format gabungan animasi dan live-action dan akan mengisahkan seorang Sherrif kota kecil bernama Tom Wachowski (James Marsden) yang membantu Sonic (Ben Schwartz) untuk menemukan kembali cincin miliknya. Film ininantinya juga akan menampilkan komedian gila Jim Carrey (The Mask) sebagai pengisi suara musuh Sonic, Dr. Robotnik / Eggman.

Melihat premis sekaligus nama-nama aktor yang mengisi, tak pelak membuat kita merasa sangat intrigue untuk menyaksikan adaptasi film perdana video game hit 90an ini. Namun apakah filmnya nanti berakhir sesuai ekspektasi? Well let’s just wait & see OK?


Gundam


Serupa dengan Sonic the Hedgehog, seri mecha-anime legendaris ini juga belum pernah diproduksi adaptasi film live-action nya. Oleh karenanya, tak heran apabila banyak fans yang sudah greget banget agar proyek adaptasinya bisa terealisasikan.

Untungnya hal tersebut akan terwujud sebentar lagi. Pasalnya rumah produksi Legendary Entertainment, kini sedang sibuk menjalankan proyek adaptasi live-action Gundam. Proyek ini akan diawasi oleh salah satu pekerja Legendary Entertainment, Cale Boyter.

Gundam seperti kita tahu adalah salah satu seri anime hit yang pertama kali dirilis di tahun 1979. Dalam perjalanannya,seri ini sudah beberapa kali diadaptasi ke dalam film. Namun adaotasi film tersebut kebanyakan adalah berupa anime.

Dan adaptasi live-action yang kini sedang dikembangkan oleh pihak Legendary Pictures tersebut, bisa dibilang merupakan adaptasi perdana live-action di sepanjang sejarah franchise ini. Bagi Geeks yang memang nge-fans berat dengan Mecha atau yang berbau Jepang lainnya, tentunya film ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.


Power Rangers


Power Rangers tak dipungkiri adalah salah satu seri superhero yang sangat hit di era 90an. Mustahil banget apabila tidak ada yang tahu dengan kelima Rangers ini. Oleh karenanya, tak heran ketika adaptasi film perdananya Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (1995) dirilis, walau kualitasnya sangat cheesy, tapi filmnya tetaplah laris di pasaran.

Hal yang sama juga bisa dikatakan terhadap reboot filmnya Power Rangers yang dirilis 2017 lalu. Ya memang. Walau tidak sekeren yang tahun 1995, tapi film reboot ini juga masih cukup hit di pasaran.

Nah bagi kamu yang suka banget dengan reboot 2017 kemarin ini, bergembiralah. Pasalnya pada tanggal 8 Agustus 2018 lalu, Hasbro mengumumkan secara resmi kalau mereka dan Lionsgate, kini sedang mengembangkan sekuelnya.

Belum diketahui lagi apakah sutradara Dean Israelite kembali menyutradarai sekuelnya atau akan ditangani oleh sutradara lain. Yang penting kita masih bisa bernostalgia menyanyikan lirik “Go Go Power Rangers” bukan?


The Lion King


Seperti yang telah dikatakan di paragraf pembuka hampir seluruh film-film animasi Disney di 90an merupakan top hit. Dan The Lion King (1994) termasuk salah satunya. Terbukti selain film arahan Roger Allers dan Rob Minkoff memiliki kisah yang sangat keren, juga soundtrack film ini masih begitu dikenang hingga detik ini.

“Can You Feel the Love Tonight”, “Hakuna Matata”, “Circle of Life” siapa yang tak bosan dengan lagu-lagu ini? Nah, mungkin dikarenakan alasan inilah Disney lantas memutuskan untuk mengadaptasikan film animasi ini ke format live-action.

Well, memang di saat yang sama bisa jadi juga alasan pengadaptasian ini juga untuk melanjutkan tren adaptasi film animasi mereka ke live-action seperti yang telah dilakukan sebelumnya terhadap Cinderella (2015) dan Beauty and the Beast (2017).

Ya terlepas apapun alasannya, yang jelas adaptasi ini sangatlah ditunggu bagi kita-kita yang dar kecil tumbuh dan besar bersama film-film animasi Disney. Semoga saja film yang akan dirilis pada tanggal 19 Juli 2019 ini akan sama fun dengan film animasinya dulu. Amin.


Terminator 6


Walau franchise sci-fi ini dirilis pertama di tahun 1984, namun tak dioungkiri bahwa franchise milik James Cameron (Avatar) ini baru benar-benar populer di tahun 90an. Terima kasih banyak terhadap Terminator 2: Judgement Day (1991).

Dan walau seri terakhirnya Terminator Genisys (2015) banyak mendapat kritikan pedas, namun banyak fans dan audiens awam yang masih belum menyerah dengan franchise yang melambungkan sosok Arnold Schwarzenegger ini.

Melihat fakta tersebut, maka tak heran apabila Skydance Media kembali memproduksi film keenamnya yang akan dirilis 22 November 2019. Film ini nantinya akan menjadi sekuel resmi dari Judgment Day. Sehingga yap. film-film setelah film tersebut sudah tidak dianggap sebagai kontinuitas lagi. Selain Schwarzenegger yang kembali memerankan T-800, pemeran Sarah Connor, Linda Hamilton juga akan kembali ke franchise ini. So yep, they’re indeed will be back Geeks.


Space Jam 2


Walau kini terlihat sangat konyol. namun tak dipungkiri kalau di zamannya, Space Jam (1996) terlihat sangt fun dan keren banget. Salah satu faktor tentunya dikarenakan konsep live-action-animation yang kala itu belum pernah ada sebelumnya dan juga digabungkannya pemain NBA dan karakter animasi konyol Looney Tunes.

Kedua aspek tersebut didukung juga oleh soundtrack “I Believe i Can  Fly” yang dinyanyikan oleh R.Kelly yang lantas menjadi lagu standar di berbagai macam festival / kompetisi bernyanyi dunia. Melihat dampak sangat besar yang ditinggalkan ini, tak heran apabila masih banyak audiens film orisinilnya yang ingin melihat sekuelnya.

Dan setelah 20 tahun menunggu, menurut kabar Space Jam 2 sedang digodok habis-habisan. Memang, hingga detik ini proyek sekuel ini masih mengalami berbagai drama pergantian sineas disana-sini. Tapi dapat dipastikan bahwa sekuel yang menurut kabar akan menampilkan pebasket LA Lakers LeBron James ini akan diproduksi dan dirilis dalam waktu dekat-dekat ini.

Nah, itulah tadi film-film Pop Culture hit 90an yang akan atau malah sedang diproduksi kembali untuk tentunya menciptakan rasa nostalgis maksimal terhadap seluruh generasi lamanya. Dari keenam film ini, yang mana yang kalian tunggu banget perilisannya?

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)