Dari semua penjahat comic book yang telah muncul di layar lebar, tidak ada yang memiliki sejarah sinematik yang lebih daripada Joker. Musuh terbesar Batman ini sudah diperankan oleh beberapa aktor berkelas yang semuanya melekat pada karakter “gila” ini karena penampilan mereka yang mengesankan. Joaquin Phoenix akan menjadi bintang berikutnya yang akan mengambil mantel Clown Prince of Crime dalam film Joker garapan Todd Philips nanti. Mengingat sejarah dan pentingnya karakter ini, apalagi ditambah dengan kapasitas akting Joaquin Phoenix, ekspektasi yang besar sudah menunggu film stand-alone ini. Meskipun demikian, Joaquin Phoenix tetap tenang dan tidak merasa tertekan oleh peran barunya ini, seperti yang dia jelaskan:

“Saya tidak terlalu memikirkan apa yang dipikirkan orang. Pendekatan saya pada setiap film adalah sama. Yang saya senangi adalah menjadi bagian dari film dan ide untuk sang karakter. ”

Berdasarkan statement tersebut, Joaquin Phoenix tampaknya benar-benar tidak peduli tentang apa yang orang lain pikirkan atau ekspektasi mereka kepadanya. Satu-satunya yang Phoenix perhatikan adalah seni, apa yang ingin dia tampilkan dalam film seperti yang sebelum-sebelumnya. Di era modern dengan berbagai media sosial, sudah banyak aktor yang bisa menghadapi reaksi negatif dan kritik terhadap film-film mereka, dan memang lebih baik mengabaikan segala macam gangguan-gangguan tersebut dan hanya fokus pada apa yang bisa dikerjakan. Juga, dengan menggunakan proses dan pendekatan yang sama dengan film-film sebelumnya, harapannya kita akan mendapatkan performa brilian dari aktor seperti yang sudah kita kenal, berakting sesuai dengan jati dirinya sebagai seorang aktor.

Bagi Joaquin Phoenix, mengambil peran ini bukanlah tentang mengungguli performa orang lain atau melakukannya karena tekanan, tapi dia hanya tertarik dengan cerita yang ingin disampaikan oleh Todd Philips dan tentunya karakter Joker itu sendiri. Peran ini penting meskipun bagi tiga kali nominator Academy Award ini, dimana umumnya Phoenix bekerja di film yang lebih “kecil”, dan tentu saja tidak dikenal untuk memerankan karakter di film blockbuster. Ukuran film tidak menganggunya, dan bukan juga karena alasan itu Phoenix mengambil peran tersebut, seperti yang dijelaskanna kepada IndieWire:

“Jika ada sesuatu hal yang terasa unik dalam sebuah film, maka saya tidak terlalu peduli tentang genre film itu, atau berapa anggarannya. Hal-hal itu tidak penting.”

BACA JUGA : Tidak Ada Avengers Yang Mati Di Soul Stone

Film Joker akan tiba di bioskop tanggal 4 Oktober 2019. Untuk tambahan, Joker versi Joaquin Phoenix ini tidak akan masuk dalam Worlds of DC, karena Joker WoDC sudah diambil alih oleh Jared Leto, yang film solonya juga sudah masuk waiting list WoDC selanjutnya. Bakal ada dua film Joker loh nantinya Geeks! Jangan sampai tertukar ya!