Sebagain besar dari kalian, tentu sudah menonton film Avengers: Infinity War. Seperti yang sudah kalian ketahui, Thor kehilangan senjata andalannya, Mjolnir, di film Thor: Ragnarok. Lantas kemudian Thor harus melawan Thanos dan seluruh anak buah Thanos tanpa senjata andalannya tersebut. Tapi, Dalam Infinity War diceritakan bahwa Thor, Rocket Racoon, dan Groot pergi ke Nidavelir untuk bertemu dengan Eitri, raja para kurcaci yang juga pembuat senjata-senjata legendaris di jagat raya.

Menurut Eitri, Stormbreaker adalah senjata terkuat yang pernah dibuat oleh para kurcaci di Nidavelir untuk Asgard. Dan senjata tersebut memang sengaja dibuat untuk bisa membunuh Thanos. Secara mengejutkan, ternyata senjata baru Thor tersebut mampu untuk melawan keenam Infinity Stones yang dimiliki Thanos. Hal ini bisa kita lihat saat Thor melempar Stormbreaker dan Thanos mengeluarkan laser dari Gauntlet miliknya. Hasilnya, bahkan Infinity Stones pun tidak bisa menghancurkan bahkan menghentikan laju dari Stormbreaker.

Berdasarkan hal tersebut, Stormbreaker bisa jadi merupakan senjata yang mampu membunuh para Titan hanya dengan satu serangan. Jika memang seperti itu, seberapa kuatkah sebenarnya Stormbreaker? Simak pembahasannya di bawah ya Geeks!


Kekuatan Stormbreaker di Infinity War


Semua senjata yang dibuat oleh para kurcaci di Nidavelir terbuat dari Uru. Sayangnya, MCU masih belum banyak memberikan informasi dari mineral langka ini. tapi, dalam cerita komik, Uru hanya bisa ditemukan di Nidavelir. Uru merupakan sebuah mineral yang mampu untuk menyimpan energy, khususnya energy magis. Artinya, kekuatan mistik bisa “dipasangkan” kepada mineral Uru, yang memiliki kekuatan menyerap seperti sebuah spons.

Para pengguna kekuatan magis, memiliki hubungan simbiotik dengan senjata yang berbahan dasar dari Uru. Dan banyak dari para pasukan hebat Asgard menggunakan senjata pedang dan tongkat yang terbuat dari Uru. Sepertinya Uru versi MCU memiliki kesamaan dengan apa yang ada di komik, yang sedikit menjelaskan dari kekuatan Hofund dan Gungir dalam trilogi Thor. Ini juga memberikan petunjuk mengapa Stormbreaker bisa sangat kuat di Infinity War. Stormbreaker mampu menyerap dan juga memanipulasi energy secara efisien dibandingkan seluruh senjata yang pernah dibuat oleh para kurcaci.

Dengan Strombreaker itu, Thor mampu untuk memanipulasi kekuatan kosmik dari universe tersebut. Dia bahkan mampu membangkitkan Bitfrost dan menciptakan wormhole untuk bisa secara instan bepergian kemanapun, dalam kasus ini mereka pergi ke Wakanda. Stormbreakers juga mampu menyatu dengan kekuatan Thor sendiri, dengan karakteristik petir yang khas, membuat Thor bisa berfokus untuk mengeluarkan seluruh kemampuan alaminya.

Pengorbanan Thor untuk menadapatkan Stormbreaker ini sendiri tidaklah mudah, Thor bahkan hampir mati akibat terkena paparan langsung bintang neutron di Nidavelir yang menjadi pemantik bagi seluruh “kompor” yang melelehkan Uru. Memegang Stormbreaker juga sepertinya mampu mempercepat masa pemulihan dari Thor. Bisa dilihat bahwa setelah hampir mati, dalam hitungan beberapa menit kemudian Thor bisa kembali sehat dan fit untuk kembali ke pertempuran melawan Thanos.

Tentunya kekuatan asli dari Stormbreaker diperlihatkan pada adegan terkahir dari Infinity War, ketika Thor melemparkan senjatanya tersebut ke arah Thanos dan berhasil melukainya. Infinity Stones pun bahkan tidak mampu menghentikan Stormbreaker. Itu artinya bahwa Stormbreaker merupakan senjata yang lebih kuat dari keseluruhan Infinity Stones.


Stormbreaker Dalam Infinity War versi komik


Film Avengers: Infinity War memang menggunakan nama “Storbreaker” untuk senjata baru yang dipakai oleh Thor. Tapi, nama tersebut juga sama dengan apa yang terjadi di buku komiknya. Dalam cerita komiknya, Stormbreaker memiliki kekuatan yang sama dengan Mjornir. Kekuatan dari Stormbreaker membuat Odin sangat terpesona  dan juga menjadi senjata kesayangan dari Beta Ray Bill

Tapi, Russo Brothers sepertinya hanya terinspirasi namanya saja. Sedangkan untuk bentuk senjatanya, terinspirasi dari senjata warga Asgard lainnya yaitu Jarnbjorn. Jarnbjorn merupakan kapak perang yang diciptakan oleh penulis Jason Aaron di tahun 2013 lalu, yang menggantikan Mjolnir sebagai senjata andalan Thor Odinson.

Ketika Mjolnir dibuat sebagai hadiah untuk Thor, Jarnbjorn diciptakanhanya untuk satu tujuan. Yaitu memberikan sang dewa petir sebuah senjata yang luar biasa dahsyat, yang bahkan mampu untuk membunuh makhluk Celestial.

Beberapa persamaan dari Stormbreaker versi MCU dengan Jarnbjorn versi komik adalah keduanya memang diciptakan secara khusus untuk membunuh berbagai ancaman musuh kosmik. Keduanya juga mampu menahan kekuatan energi yang paling dashyat sekalipun. Tapi, Stormbreaker versi MCU yang mampu menahan serangan Infinity Stones membuktikan bahwa, senjata Asgard yang satu ini jelas lebih unggul dibandingkan seluruh senjata yang pernah dilihat di dalam komik. Juga, Stormbreaker merupakan senjata yang paling kuat di MCU, setidaknya untuk saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.