Semenjak Marvel sukses dengan cinematic universe mereka, banyak studio yang berusaha mengikuti jejaknya. Salah satunya adalah Warner Bros. Semenjak perilisan Justice League yang kesuksesannya jauh dari harapan, masa depan DC Extended Universe atau DCEU, kembali dipertanyakan. Namun, melihat potensi  Aquaman, Shazam, dan Wonder Woman 1984, sepertinya Warner Bros. tidak perlu khawatir lagi mengenai potensi franchise superhero mereka. Selain cinematic universe dalam kategori superhero, Warner Bros. juga memiliki cinematic universe yang fokus dalam film-film monster terkenal, seperti Godzilla dan King Kong. Cinematic universe ini diberi nama MonsterVerse.

Nah, rupanya anak perusahaan Warner Bros., New Line Cinema, rupanya juga memiliki sebuah cinematic universe yang fokus dalam film-film horor. Memang, New Line Cinema belum memberikan nama resmi untuk cinematic universe ini, namun mengingat awal dari universe ini dimulai dengan The Conjuring, maka secara tidak resmi disebut sebagai The Conjuring Universe. Selain The Conjuring, cinematic universe ini juga merilis film spin-off seperti Anabelle, Anabelle: Creation, dan The Nun. Sebelum menonton The Nun yang akan dirilis tahu ini, yuk kita melihat ke belakang untuk mengetahui sejarah asal muasal dari “The ConjuringUniverse ini.


 Apa Itu “The ConjuringUniverse


The Conjuring Universe adalah serial film horor yang menceritakan kisah nyata paranormal Ed dan Lorraine Warren. Meski pada kenyataannya banyak orang yang mempertanyakan fakta kasus yang dihadapi  kedua suami dan istri ini, kesuksesan film The Conjuring dan juga spin-off-nya memberikan tanda bahwa penonton masih ingin melihat petualangan mistis selanjutnya kedua pasutri ini. Film The Conjuring pertama mengisahkan Ed dan Lorraine Warren dalam menginvestigasi rumah berhantu. Di dalam film pertama tersebut diperkenalkan “ruang artefak” keluarga Warren.

Ruangan tersebut sebenarnya berisi benda-benda supernatural yang kasusnya pernah dibongkar oleh Ed dan Lorraine. Di dalam ruangan inilah cerita-cerita sampingan dari The Conjuring Universe berasal. Contohnya adalah boneka Annabelle yang telah menghasilkan dua film. Memang setiap cerita sampingan tersebut tidak seperti Marvel atau DC, yang membuat film mereka menuju ke satu cerita utama dengan menjadi Avengers atau Justice League. Namun, setiap artefak memiliki cerita tersendiri di dunia yang sama.


Film-film di dalam The Conjuring Universe


The Conjuring Universe dimulai dengan film The Conjuring pertama yang dirilis pada tahun 2013. Film tersebut diangkat berdasarkan kisah nyata pada tahun 1971, di mana keluarga Warren berusaha menangani kasus rumah berhantu di Harrisville, Rhode Island. Tahun berikutnya. spin-off pertama The Conjuring dengan judul Annabelle dirilis. Film ini mengisahkan boneka terkutuk yang tersimpan di dalam ruang artefak keluarga Warren, sebelum keluarga tersebut menangani kasusnya.

2016 merupakan tahun di mana The Conjuring 2 dirilis. Film ini melompat enam tahun dari film pertamanya, yakni pada tahun 1977. Kali ini pasutri Warren tengah menangani kasus supranatural terkenal di London yang dikenal sebagai “The Enfield Poltergeist.” Di dalam film inilah karakter suster “Valak” yang populer tersebut diperkenalkan. Setahun selanjutnya, New Line Cinema kembali merilis spin-off dari The Conjuring, yang kembali menampilkan boneka Annabelle dengan judul Annabelle: Creation. Film ini adalah prekuel Annabelle pertama yang mengambil setting tahun 1950-an dan menceritakan asal muasal boneka Annabelle. Lewat film ini pihak studio juga mengajak penggemar untuk membuat film pendek dalam sebuah kontes yang berhubungan dengan The Conjuring Universe. Pemenangnya adalah film pendek karya Julian Perry yang berjudul The Nurse, yang resmi dimasukkan New Line sebagai bagian dari The Conjuring Universe.


Asal Muasal The Conjuring Universe


The Conjuring Universe bukanlah adaptasi pertama dari kasus-kasus paranormal yang ditangani oleh Ed dan Lorraine Warren. Pasutri ini terkenal karena menangani kasus rumah hantu di Amityville, sebuah kasus terkenal yang menginspirasi buku dan film berjudul The Amityville Horror dan beragam sekuel dan spin-off­-nya. Beberapa dekade sebelum The Conjuring dirilisi, Ed Warren pernah mendekati produser Tony DeRosa Grund untuk mengadaptasi film dari kasus mereka selain Amityville. DeRosa kemudian menulis naskah berdasarkan rekaman suara kasus di Rhode Island, namun sayangnya tidak ada kemajuan dalam proyek ini.

Penulis naskah Chad dan Carey Haynes kemudian mengembangkan naskah DeRosa, dan mengubah fokusnya dari keluarga Perron yang menjadi korban rumah hantu di Rhode Island, menjadi pasutri Ed dan Lorraine Warren. Perubahan fokus dalam naskah tersebut tampaknya membawa perubahan, dan New Line Cinema memegang kendali atas The Conjuring. Sutradara Saw, James Wan, ditugaskan sebagai sutradara, sementara Patrick Wilson dan Vera Farmiga memerankan Ed dan Lorraine Warren. Kesuksesan The Conjuring membuat New Line memberikan lampu hijau untuk sekuel dan spin-off dari film ini. Hingga kini, The Conjuring Universe telah menghasilkan nilai box office sebesar 1.2 milyar US Dollar.


Film Selanjutnya dari The Conjuring Universe


Saat ini New Line Cinema tengah mengembangkan tiga film terbaru di dalam The Conjuring Universe. Yang pertama adalah The Nun. Spin-off dari The Conjuring 2 ini kembali menampilkan suster iblis Valak dan mengambil setting pada tahun 1952 di Romania. Film ini menampilkan Taissa Farmiga (adik Vera Farmiga) dan Demian Bichir. Film kedua adalah mengenai The Crooked Man, yang juga muncul di dalam The Conjuring 2. Mike Van Waes akan menulis naskah film ini berdasarkan cerita yang dibuat oleh James Wan. Film ini dilaporkan akan lebih mengambil unsur fairy tale daripada horror.

Nah, film ketiga dari The Conjuring Universe sendiri adalah The Conjuring 3. Masih sedikit informasi yang didapat dari film ketiga The Conjuring ini. Namun, James Wan berspekulasi bahwa film ini akan mengambil setting tahun 1980-an di mana pasutri Warren akan menangani kasus serigala jejadian (werewolves). Salah satu penulis naskah The Conjuring 2, David Leslie Johnson, tengah menulis naskahnya. James Wan sayangnya kemungkinan tidak akan kembali, mengingat ia tengah fokus terhadap film Aquaman.

 

Bagaimana Geeks? Apakah kalian tertarik untuk menyaksikan kisah-kisah lainnya dari dalam The Conjuring Universe?