Walt Disney telah mendapatkan banyak keberhasilan selama beberapa tahun terakhir dalam mengadaptasi animasi klasik mereka ke dalam live-action. Mulai dari Alice in Wonderland, Cinderella, dan yang terakhir adalah Beauty and the Beast. Sekarang, pihak studio juga telah memiliki sejumlah proyek yang masih dalam proses pengembangan, seperti The Lion King, Aladdin, dan saat ini Mulan.

Kemarin, Disney mengumumkan dimulainya proses produksi live-action mereka, Mulan, sekaligus merilis first look dari Liu Yifei yang memerankan sosok Mulan yang dapat dilihat di bawah. Disney juga mengkonfirmasi para cast dan merilis sinopsis resminya.

Niki Caro akan mengisi bangku sutradara untuk live-action yang diataptasi dari legenda klasik dan film animasi Disney tahun 90-an ini. Jika tidak ada halangan, maka film ini akan dirilis pada awal tahun 2020. Ada banyak kontroversi seputar proyek Disney ini, karena skrip yang diisukan sepertinya menunjukan bahwa film ini tidak akan mengikuti cerita yang sama seperti animasi klasiknya. Walaupun isu itu terus terdengar, Disney terus bergerak maju untuk mengerjakalan proyek film mereka ini. Lihat first look dan sinopsisnya di bawah ini.

Mulan menceritakan petualangan epik dari seorang wanita muda yang tak mengenal rasa takut. Ia menyamar sebagai seorang pria untuk melawan pasukan Northern Invanders yang menyerang Cina. Putri tertua dari seorang prajurit terhormat ini selalu bersemangat dan punya tekad yang kuat. Ketika Kaisar mengeluarkan keputusan bahwa satu orang dari bagian keluarga harus melayani Angkatan Darat Kekaisaran, Mulan masuk menggantikan ayahnya yang sedang sakit sebagai Hua Jun, menjadi salah satu pejuang terhebat di China.

Live-action ini diisi oleh para pemain film terkenal dari Tiongkok seperti Yifei Liu, Jet Li dan pemain dari Rogue One: A Star Wars Story’s yaitu Donnie Yen. Caro sendiri sebagai sutradara akan mengarahkan film ini berdasarkan dengan naskah yang dibuat oleh duo Rick Jaffa dan Amanda Silver (Jurassic World, Dawn of the Planet of the Apes). Disney menyatakan bahwa cerita Mulan diambil dari puisi narasi berjudul “The Ballad of Mulan”.

Dengan demikian, tampaknya Mulan lebih mengikuti jejak film Alice in Wonderland ketimbang Cinderella atau Beauty and the Beast, yang berarti, film ini mengambil tema yang berbeda dari kedua film animasi Disney tadi. Kemungkinan Mulan tidak akan dimasukan dengan banyak unsur musikal, meskipun Caro yakin akan ada beberapa lagu dan musik yang dimasukkan dalam film ini.  Mulan adalah film klasik, setelah debutnya di Disney Renaissance pada akhir 80-an dan 90-an, film ini memiliki banyak penggemar dan mudah-mudahan adaptasi live-action dari Caro dan Disney ini akan mampu memenuhi harapan para penggemarnya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/