Wajah tampannya membuat para wanita jatuh hati. Sementara kemampuan aktingnya membuat para pria iri. Julukan yang paling pas dalam menggambarkan Ewan McGregor adalah: seorang Jedi Master yang tampil dalam beragam film yang judulnya tidak bisa diingat. Aktor kelahiran Skotlandia pada tanggal 31 Maret, 1971 ini memang tampil dalam beragam film. Peran yang dimainkannya juga beragam. Namun sayangnya judul-judul film yang dimainkannya seringkali terlupakan dengan perannya yang terkenal sebagai Jedi Master Obi-Wan Kenobi.

McGregor lahir di kota Kota Perth, Skotlandia, namun dibesarkan di Crieff. Ibunya bernama Carol Diane, dia adalah guru di SMA Crieff. Setelah pensiun mengajar, ibunya menjadi wakil kepala sekolah di Sekolah Kingspark di Kota Dundee. Ayahnya, James Charles Stewart “Jim” McGregor, adalah seorang guru olahraga dan guru bimbingan di Akademi Morrison di Crieff. McGregor mempunyai sorang kakak laki-laki bernama Colin, yang lahir pada tahun 1969. Tidak seperti orangtuanya yang meniti karir di dunia pendidikan, Colin adalah seorang navigator pesawat tempur di Angkatan Udara Britania Raya. Hal yang serupa dilakukan oleh McGregor, dengan meniti karir sebagai seorang aktor hingga kini.


Meninggalkan Kampung Halaman untuk Belajar Akting


Perkenalan McGregor muda dengan dunia akting dimulai ketika ia meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun. Pada saat itu ia bekerja sebagai petugas pentas di Teater Kota Perth. Di saat yang sama, McGregor juga belajar mata kuliah drama, di Universitas Teknologi Kirkcaldy. Pada saat berusia 18 tahun, McGregor semakin serius untuk mendalami ilmu aktingnya sehingga ia rela pindah ke Kota London, Inggris, untuk belajar di Sekolah Musik dan Drama Guildhall.

Lulus dari Guildhall, McGregor bermain di beberapa serial dan film televisi, salah satunya adalah Scarlet and Black (1993), di mana ia beradu akting dengan Rachel Weisz muda. Peran layar lebar pertamanya adalah di dalam Being Human (1994), yang dibintangi oleh Robin Williams. McGregor meraih penghargaan pertamanya dalam perannya di film thriller berjudul Shallow Grave (juga dirilis tahun 1994). Di dalam film inilah ia pertama kali bekerjasama dengan sutradara terkenal Danny Boyle.


Meraih Pengakuan Akting dengan Menjadi Pecandu Heroin


Pada tahun 1996, Boyle mengajak McGregor untuk kembali bekerjasama di dalam film Trainspotting (1996). Di dalam film ini McGregor berperan sebagai pecandu heroin bernama Mark Renton. Untuk mempersiapkan perannya, McGregor membaca buku mengenai kokain dan heroin. Ia bahkan pergi ke ibukota Skotlandia, Glasgow, untuk bertemu mantan pecandu heroin. McGregor bahkan sempat belajar bagaimana cara “meracik” heroin dengan sendok dan bubuk glukosa. Untuk mendalami karakternya lebih jauh, McGregor bahkan sempat melakukan hal gila, yakni menyuntikan heroin sungguhan ke tubuhnya. Namun, pada akhirnya ia memutuskan untuk tidak melakukannya.

Lewat perannya di dalam Trainspotting ini, kemampuan akting McGregor mulai dikenal dan diakui oleh penonton maupun kritikus. Ia memenangkan beberapa penghargaan sebagai aktor terbaik dari London Film Critics Circle, BAFTA Scotland Awards, dan majalah Empire.


Menjadi Jedi Master


Pada tahun 1999, George Lucas merilis film Star Wars trilogi prekuel pertamanya yang berjudul The Phantom Menace. Di dalam film ini McGregor, yang memerankan Kenobi, beradu akting dengan Liam Neeson, sebagai gurunya Qui-Gon Jinn. McGregor terpilih  menjadi Kenobi setelah George Lucas memilihnya, dengan membandingkan foto 50 aktor yang mirip dengan aktor Sir Alec Guinness, pemeran Obi-Wan Kenobi di trilogi asli Star Wars. Untuk mempersiapkan perannya, McGregor sampai menggunakan pelatih vokal agar suaranya terdengar mirip dengan aktor kawakan tersebut. Ia bahkan sampai mempelajari penampilan Alec Guinness dari awal karirnya hingga ia bermain Star Wars.

McGregor memerankan Obi-Wan Kenobi dari episode I-III. Uniknya, pamannya yang juga seorang aktor bernama Denis Lawson, juga bermain Star Wars di trilogi aslinya. Pamannya tersebut berperan sebagai Wedge Antilles, seorang pilot untuk pihak pemberontak. Penampilan pamannya tersebut dapat dilihat dari episode IV-VI. McGregor telah memerankan banyak karakter di dalam film-film seperti Moulin Rouge!, Big Fish, Robots, Angel & Demons, dan sebagai lilin ajaib yang bisa berbicara, Lumiere. Namun, harus diakui bahwa peran yang akan selalu diingat oleh penonton darinya adalah sebagai sang Jedi Master.


Pecinta Motor Tulen


Sukses menjadi aktor terkenal tidak membuat McGregor menghilangkan hobi masa mudanya, yakni berkendara sepeda motor. Pada tahun 2005 ia memutuskan untuk melakukan perjalanan marathon dengan menggunakan motor. Ia berkendara bersama teman baiknya yang juga presenter televisi terkenal, Charley Boorman, pada tahun 2004.  Perjalanan sejauh 35,960 KM dari Eropa Tengah, Ukraina, Kazakhstan, Mongolia, Russia, Kanada, hingga Amerika Serikat tersebut dapat disaksikan dalam bentuk serial televisi dan buku laris berjudul Long Way Round.

McGregor dan Boorman kembali mengelilingi dunia, dari Skotlandia hingga Afrika Selatan. Perjalanan kali ini diberi judul Long Way Down. Kakak lelaki McGregor, Colin, bergabung dengan adiknya di awal perjalanan. Sementara ayahnya, Jim, bergabung untuk sementara dengan anaknya di kedua seri ini. Rencananya McGregor dan Boorman akan melakukan perjalanan motor kembali. Kali ini tujuan mereka di Amerika Selatan, namun sepertinya mereka akan melakukan perjalanan lewat Mexico terlebih dahulu.

Sukses menjadi aktor rupanya tidak membuat seseorang melupakan dan menikmati hobi masa mudanya Geeks. Akan tetapi Apakah dengan memerankan pemilik Winnie the Pooh, yakni Christopher Robin, di dalam film dengan judul yang sama akan membebaskan McGregor dari perannya sebagai Jedi Master Obi-Wan Kenobi? Bagaimana menurut kalian Geeks?