Mendiang Carrie Fisher akan kembali sebagai Leia untuk film Star Wars 9. Hal ini diumumkan oleh sang sutradara sendiri, J.J. Abrams saat konfrensi pers beberapa waktu lalu. Abrams mengatakan akan mencoba untuk “menghidupkan kembali” sosok Fisher ke dalam film dengan menggunakan footage yang belum dipakai saat proses produksi Star Wars: The Force Awakens.

Terkadang aktris atau aktor meninggal pada saat produksi sebuah film masih berlangsung. Salah satunya adalah Phillip Seymour Hoffman, yang meninggal akibat overdosis obat-obatan saat dalam proses produksi sebagai peran kunci di film The Hunger Games: Mockingjay Part 2. Hoffman sendiri sudah menyelesaikan hampir seluruh bagiannya di dalam film tersebut. Produser Hunger games kemudian memutuskan untuk menulis kembali film tersebut dan memberikan “bagian” Hoffman kepada karakter lain.

Selain Hoffman dan Carrie Fisher, ada beberapa film lain yang menggunakan aktor atau aktris utamanya yang sudah meninggal, untuk tetap bermain di dalam filmnya. Siapa saja? Simak di bawah ini ya Geeks!


Paul Walker di Fast and Furious 7


Paul Walker dikenal dalam franchise Fast and Furious sebagai pemeran karakter Brian O’Conner. Dia juga merupakan salah satu “senior” dalam franchise tersebut. Mobil Porsche yang dikendarai oleh Paul mengalami kecelakaan di tahun 2013 lalu dan Paul harus kehilangan nyawanya. Padahal saat itu, dia sedang dalam proses produksi Fast and Furious 7. Untuk melengkapi adegan sang aktor, akhirnya James Wan membuat sebanyak 350 efek CGI juga shot-shot yang diambil dari jarak jauh. James Wan menggunakan saudara Paul, Cody dan Caleb untuk proses ini.

Adegan terakhir dalam film tersebut, dimana Toretto dan Brian balapan untuk yang terakhir kalinya membuat para fans benar-benar merasa tersentuh dan diterima secara hangat saat melepas kepergian sang mendiang melalui adegan tersebut.


Brandon Lee Dalam Film The crow


The Crow merupakan pintu masuk menuju gerbang kesuksesan bagi Brandon Lee. Brandon sendiri merupakan anak dari aktor legendaries Bruce Lee. Dia menjadi pemeran utama dalam film adaptasi buku komik garapan James O’Barr ini. Saat proses produksi berlangsung, Lee secara tidak sengaja ditembak oleh peluru hidup dari senjata yang digunakan sebagai property film. Karena luka tembak tersebut, Brandon harus meninggal dunia. Alex Proyas yang harus kehilangan sang bintang utamanya, melengkapi kekosongan peran Brandon dengan menggunakan seorang stuntman yaitu Chad Stahleski. Wajah Brandon kemudian diimprovisasi secara digital agar semakin sempurna.


Bruce Lee DI Film Game of Death


Sutradara, produser, dan bintang dari film Game of Death Bruce Lee, menerima tawaran untuk membintangi film lainnya yaitu Enter The Dragon, yang menjadi “ciri khas” seorang Bruce Lee. Namun, sayang Lee meninggal secara tragis pada Juli 1973, tiga bulan sebelum Enter The Dragon rilis. Sementara film The Game of Death, masih belum selesai dikerjakan sampai kemudian dirilis pada 1978. Berbagai hal coba dilakukan untuk menghidupkan kembali sang tokoh, mulai dari menggunakan pemeran pengganti, voice-overs, dan bahkan potongan kardus berbentuk Lee pun digunakan demi menggantikan peran dari Lee. Di akhir filmnya, mereka memasukan footage saat pemakaman dari Bruce Lee, dengan penjelasan bahwa sang karakter Hai Tien memalsukan kematiannya.


Heath Ledger Dalam Film The Imaginarioum of Doctor Parnassus


Mendiang Heath Ledger sukses memerankan karakter dari Joker dalam trilogy film Batman milik Christopher Nolan. Tapi sayangnya, beberapa bulan sebelum film tersebut rilis Heath Ledger meninggal akibat bunuh diri pada Januari 2008. Padahal saat itu juga Ledger sedang dalam masa produksi untuk film The Imaginarioum of Doctor Parnassus.

Karena Ledger memerankan tokoh kunci, hampir saja film ini kolaps dan Gilliam menggunakan sebuah rencana untuk memakai aktor lain demi menggantikan Ledger di beberapa adegan tertentu. Teman-teman baik dari Ledger, Collin farrel, Jude law, dan Johnny Depp ikut masuk ke dalam daftar yang akan menggantikan Ledger.


John Candy Dalam Film Wagon East!


John candy adalah seorang comedian yang tenar di tahun 1980an. Saat masa produksi sebuah film komedi Wagon East! John Candy harus meninggal dunia pada Maret 1994. Banyak dari adegan-adegan milik John Candy belum selesai untuk dikerjakan. Akhirnya terpaksa sang sutradara harus mengurangi “jatah” adegan untuk Candy. Selain itu mereka juga menggunakan sedikit footage dari Candy saat bermain di sebuah series.


Oliver Reed Dalam Film Gladiator


Aktor legendaris Oliver Reed berperan sebagai Proximo, mentor dari Maximor yang diperankan oleh Russel Crowe dalam film Gladiator karya Ridley Scott. Saat produksi Gladiator masih berlangsung, Reed terkena serangan jantung. Hal tersebut membuat beberapa adegan penting Reed terbengkalai. Dengan menggunakan sebuah topeng digital CGI yang sangat mirip yang dipakai oleh sang pemeran pengganti, Scott kemudian menyelesaikan film ini. Termasuk dimana Proximo mati.


Marlon Brando Dalam Film Superman Returns


Marlon Brando dikenal sebagai salah satu aktor hebat dalam sejarah film. Marlon meninggal pada Juli 2004 silam. Pada 2006, footage dari Brando yang memerankan Jor-El, ayah dari Superman, dirilis dalam film Superman Returns. Sama seperti film Superman: The Movie tahun 1978, Brando muncul sebagai sebuah gambar holografik. Bryan Singer yang merupakan sutradara dari Superman Returns dan perusahaan VFX miliknya, Rhytm and Hues, menggunakan footage dari Brando saat bermain di film orisinal Superman dan kemudian menciptakan model digital dari sang aktor. Singer merasa kehadiran dari Brando sangat penting karena Superman Returns merupakan kelanjutan dari film Superman dan Superman II.


Lawrence Olivier Dalam Sky Captain And The World Of Tomorrow


Film ini dikenal sebagai salah satu film yang pertama kali menggunakan sebuah digital backlot saat memproduksi filmnya. Digital Backlot sendiri merupakan istilah dari sebuah proses produksi dimana semua shot-nya diambil tanpa menggunakan latar apa-apa. Bahkan mereka melakukannya di sebuah tempat yang merupakan studio yang bukan permanen. Untuk memunculkan sang supervillain, sang ilmuwan gila, Dr. Totenkopf, Kerry Conran memasukan aktor legendaries Sir Lawrence Olivier ke dalam film dengan menggunakan CGI dan arsip footage yang tidak terpakai. Padahal Olivier sudah meninggal di tahun 1989.


Bela Lugosi Dalam Film Plan 9 From Outer Space


Film ini bisa dibilang merupakan film terburuk sepanjang sejarah. Film ini juga merupakan film terakhir dari seorang aktor legendaris Bela Lugosi. Aktor dari film Dracula ini berteman dengan sutradara film tersebut, Ed Wood. Bela Lugosi meninggal di tahun 1956 dan untuk menghormati kematiannya, Wood memasukan namanya dalam cast film Plan 9 From Outer Space, yang dirilis tiga tahun setelah kematian Lugosi. Dengan menggunakan footage lama dari Lugasi menggunakan kostum Dracula, Wood mempekerjakan Tom Mason untuk menggantikan peran Lugosi. Tapi, para penonton film ini tidak berhasil untuk “ditipu”.


Peter Sellers Dalam Film The Trail of The Pink Panther


Film The Trail of The Pink Panther dirilis pada 1982 dan merupakan film keenam dari seri Pink Panther. Film ini juga merupakan film terakhir dari Peter Sellers dalam memerankan karakter ikonik, Inspektur Clousseau. Sellers meninggal 18 bulan sebelum produksi dimulai. Peran dari Sellers dalam film ini semuanya menggunakan footage yang tidak terpakai dari film-film Pink Panther sebelumnya, terutama film The Pink Panther Strikes Again. Juga ditambah dengan pemeran pengganti. Blake Edwards mendedikasikan film ini untuk mendiang Sellers. Tapi, pihak keluarga Sellers malah menuntut kerugian kepada sutradara, produser dan pihak studio senilai 1 juta miliar Dollar Amerika.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.