Sosok Batman selalu menjadi pusat perhatian bagi banyak orang. Dalam beberapa waktu kedepan, Arrowverse akan kedatangan satu lagi karakter yang akan bergabung dalam universe Arrow. Dia adalah Batwoman. Karakter Batwoman rencananya akan diperkenalkan pada tahun ini, juga perkenalan tersebut akan diberangi dengan perkenalan Gotham City versi DCTV.

Tapi yang jadi pertanyaan, dimana sosok Batman? kenapa Batman sama sekali belum muncul dalam universe tersebut? Apakah dia sudah pensiun? Atau alasan yang lebih buruk? Batman sendiri sudah sering disebutkan dalam Arrowverse. Keputusan untuk berfokus kepada Batwoman itulah yang menimbulkan pertanyaan tersebut. Sebenarnya, hak cipta untuk karakter Batman di TV masih dipegang oleh Fox, yang pernah membuat sebuah series klasik Batman di tahun 1960. Tapi, dalam universe tersebut apa alasan Batman belum muncul?


Yang Kita Ketahui Dari Batman Versi Arrowverse Sejauh Ini


Musim pertama dari Arrow, memperlihatkan Oliver Queen sebagai seorang milyuner yang menggunakan kekayaannya untuk menjadi seorang vigilante, dan berperang terhadap kriminal. Dari segi tone dan stylenya, series ini sangat memiliki warna dari trilogy Dark Night versi Christopher Nolan. Arrow meskipun tidak secara eksplisit, memberikan sebuah pertanda bahwa benar Bruce Wayne adalah inspirasinya. “Well, you know us billionaire vigilantes”, saat Queen muncul dengan idenya di episode 1 “Innocent Man” dan kemudian, “We do love our toys”.

Meskipun dia tidak secara terang-terang pernah bertemu dengan sosok Bruce Wayne, mari kita anggap saja bahwa Oliver Queen sudah mengenal Bruce. Selain dari percakapan yang muncul dari mulut Queen, berbagai simbol-simbol juga pernah muncul dalam series ini. sedikit demi sedikit, berbagai referensi dari Batman mulai menguatkan sosok tersebut di universe dari Arrow.

Karakter dari Harley Quinn juga pernah muncul di musim kedua. Arrow sebenarnya sudah memiliki rencana untuk Harley Quinn, tapi petinggi Warner Bro meminta untuk membatalkan ide tersebut karena, terlalu berhubungan dengan Suicide Squad sehingga membingungkan para penggemar. Two-Face pun sempat disebutkan namanya dalam episode “Finish Line”.

Gotham sendiri sempat disebutkan di series The Flash musim kedua dalam episode “Flash of Two Worlds” termasuk penjara Blackgate. Diantara semua referensi tersebut, ada dua referensi yang terhubung langsung ke keluarga Wayne. Dalam series The Flash musim pertama episode “The Trap”, Barry dan teman-temannya melihat sebuah potongan Koran dari masa depan yang mengungkapkan The Flash dikabarkan menghilang secara misterius. Beberapa fans juga melihat sebuah judul berita yang mengatakan “Wayne Tech/Queen Inc Merger Complete”.

Hal tersebut mengindikasikan timeline di masa depan bahwa Queen Inc dimiliki oleh vigilante lain. Yang paling eksplisit adalah ketika Oliver menyebutkan secara jelas nama Bruce Wayne di musim keenam Arrow. Oliver bersikeras bahwa orang yang di foto tersebut bukanlah Green Arrow, dia menunjukan bahwa hal itu sengaja dibuat. “They could have put Bruce Wayne’s head on that body (mereka bisa saja menggunakan kepala Bruce Wayne di tubuh tersebut)”.  Ide tersebut merupakan ide sang aktor sendiri, Stephen Amell. Dalam skrip aslinya, pihak studio menyebutkan nama terkenal lain. Amell kemudian mendekati para petinggi WB untuk mengungkapkan idenya dan mereka pun akhirnya setuju.

Dengan semua referensi tersebut, kita semua bisa menarik kesimpulan kalau Bruce Wayne yang ada di Arrowverse benarlah Batman dan masih aktif sebagai Batman sampai di musim keenam. Karirnya sebagai seorang vigilante sepertinya memang sudah ada selama ini, hal ini bisa dilihat dari beberapa peran orang terdekat dan juga musuh-musuhnya yang sudah muncul seperti di dalam komik. Barbara Gordon menggunakan nama sandi Oracle setelah dirinya lumpuh akibat tembakan dari Joker, Harley Quinn awalnya merupakan terapis dari Joker sebelum berubah menjadi tangan kanan Joker.  Dua hal ini memberikan petunjuk bahwa Joker memang ada di Arrowverse.


Bane Mematahkan Tulang Batman Di Arrowverse


Sampai sejauh ini, kita masih belum tahu apapun tentang TV series Batwoman yang akan tayang di the CW. Kita baru mendapatkan sedikit sinopsis. Hal ini menarik karena sangat sesuai dengan apa yang digambarkan dalam buku komik, tapi yang terpenting adalah Gotham kehilangan Batman. “Kekosongan” posisi Batman akan digantikan oleh Kate Bane.

Easter Egg lain tentang Batman ada di series lain, yaitu Legends of Tomorrow. Di musim pertama episode “Blood Ties”, Rip Hunter memberikan sedikit penjelasan tentang keuntungan menjadi seorang pengendali waktu. Dia menjelaskan “I’ve seen darker days (aku pernah melihat hari yang paling gelap)” dia juga berkata, “I’ve seen Men of Steel die and Dark Knights fall.(aku sudah melihat superman mati dan Batman yang sedang jatuh)”  Hal ini merujuk kepada komik The Death of Superman, dimana Superman mati di tangan Doomsday sebelum dirinya kembali berevolusi. Yang lainnya adalah komik Knightfall di tahun 1993-1994. Cerita ini sangat ikonik, dimana dalam cerita komik memperlihatkan bagaimana Bane mengambil alih Gotham dan membuat Batman “sibuk” karena menghancurkan Arkham Asylum dan membuat semua penjahat keluar. Hal ini membuat Batman kelelahan baik secara fisik maupun psikolgis. Bane juga berhasil membuat tulang punggung Batman patah (seperti dalam adegan The Dark Knight Rises). Karena itu Batman harus menghilang demi menyembuhkan tulangnya.

Jika kejadian yang terjadi yang menjadi setting waktu sesuai dengan komik Knightfall, maka itu bisa memberikan kita sedikit penjelasan mengapa Gotham dalam kondisi yang kacau ketika Batwoman masih belum menjadi pengganti Batman. Hal ini bisa menjadi sebuah catatan dan bukti.


Apakah Batman Akan Muncul di Arrowverse?


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hak cipta dari karakter Batman untuk TV series masih dipegang oleh Fox sejak tahun 1960. Itulah mengapa Batman masih belum dimunculkan dalam Arrowverse.  Tapi, dengan selesainya merger antara Disney dan Fox, menimbulkan sebuah pertanyaan apakah Fox juga akan memberikan hak cipta dari Batman kepada Disney. Beberapa poin klausul kontrak, seperti ada beberapa hak yang tidak diberikan seperti Batman, bisa saja dibuat oleh Fox. Tapi, bisa jadi juga mereka menjual seluruh hak ciptanya kepada Disney.

Meskipun begitu, bukan berarti beberapa karakter yang ada di galeri cerita Batman tidak bisa ditampilkan di Batwoman, walaupun bisa dilihat dari gagalnya rencana Arrow untuk memasukan Harley Quinn karena masalah hak yang tidak dimiliki oleh Fox. Penggunaan nama Oracle yang sudah disebutkan di Arrowverse membuktikan sosok Batgirl bisa saja muncul di series Batwoman nanti. Tidak ketinggalan juga Joker, Two-Face, Blackgate, dan Arkham juga bisa muncul di series Batwoman nanti. Jadi, Kapan kita bisa melihat Batman di Arrowverse? Kita nantikan saja kejutannya ya Geeks.