Cerita dalam anime selalu dibungkus dengan riang gembira, bahagia, dan terkadang dipenuhi oleh berbagai jokes-jokes yang lucu sampai garing. Memang, ada juga anime yang memiliki tema gelap, sedih, sampai yang menyeramkan seperti anime karya Junji Ito. Tapi, dari sekian banyak ratusan judul anime ada beberapa cerita yang memperlihatkan hal-hal yang cukup membuat hati kita “hancur”. Seperti, pengorbanan salah satu karakter, untuk melindungi karakter lainnya. Berikut adalah daftar pengorbanan paling heroik di film anime, simak di bawah ya Geeks!


Ichiro Inuyashiki Menghancurkan Dirinya Dan Meteor (Inuyashiki)


Karakter Ichiro Inuyashiki pada awalnya sangat berbeda dari karakter protagonist umumnya. Dia adalah seorang laki-laki tua, bekerja di sebuah kantor sebagai salaryman, cinta keluarga, dan dia juga terdiagnosa memiliki kanker. Tapi, semuanya berubah ketika kesadarannya dimasukan kedalam sebuah tubuh robot, yang memiliki peralatan canggih.

Setelah dia memiliki tubuh robot tersebut dia dipaksa harus ikut serta dalam sebuah pertempuran luar angkasa. Suatu hari, sebuah meteor akan jatuh menabrak bumi. Inuyashiki sadar kalau satu-satunya cara untuk menghentikan meteor tersebut adalah dengan menggunakan mode self-destruct yang ada pada dirinya. Akhirnya, berkat pengorbanannya tersebut masyarakat yang tadinya memandang remeh Inuyashiki, mengapresiasi pengorbanan dirinya tersebut.


Chiriko Menghabisi Musuh Yang Ada Dalam Dirinya (Fushigi Yuugi)


Karakter Chihiro, bukan karakter dewasa. Dia adalah gadis 13 tahun yang memiliki keberanian seperti orang dewasa. Seorang ksatria Seiryuu bernama Miboshi mengambil alih tubuh Chiriko dengan menggunakan iblis yang dibangkitkan, keduanya pun kemudian bersatu secara fisik. Chiriko pada awalnya dipaksa untuk menyerang sekutunya.

Tapi, dia kemudian berhasil keluar dari kendali sang iblis yang ada di dalam tubuhnya tersebut. Dia melukai tubuhnya sendiri yang mana, hal itu juga melukai Miboshi. Chiriko bisa saja sembuh dan segera diobati dengan metode penyembuhan self-healing tapi Chiriko menolak. Dia beralasan jika dia disembuhkan, Miboshi pun akan sembuh. Maka, dia menolak untuk disembuhkan dan membiarkan dirinya mati bersama Miboshi.


Yukishiro Tomoe Melindungi Suaminya (Samurai X : Trust and Betrayal)


Yukishiro dan sang pengelana, Himura Kenshin, awalnya adalah seorang musuh. Yukishiro sempat berusaha untuk memata-matainya sehingga dia bisa membalaskan dendamnya. Ketika Kenshin masih seseorang yang haus darah, dia pernah membunuh tunangan dari Tomoe yaitu Akira. Tapi, tidak disangka ketika Tomoe sering merencankan untuk membunuh Kenshin sebagai bentuk balas dendam, Tomoe justru malah jatuh cinta kepada Kenshin.

Hal ini karena, Kenshin menjadi orang yang berbeda dan dia sudah berubah, tidak lagi seseorang yang kejam dan haus darah. Atasan Tomoe mengetahui hubungan keduanya, dia menganggap hal tersebut bisa lebih mempermudah untuk membunuh Kenshin. Grup Tomoe, Yaminobu, mencoba untuk menyerang Kenshin beberapa kali, pada pertarungan terakhir, Tomoe menghentikan serangan dari atasannya yang berakibat dirinya terbunuh.


Rem Membiarkan Dirinya Tertipu (Death Note)


Sebagai seorang Shinigami (dewa kematian), mereka tidak boleh jatuh cinta kepada manusia yang menjadi atasannya. Mereka juga tidak boleh menambahkan umur manusia, dan bila dilakukan maka shinigami tersebut akan dihukum mati. Hal ini justru dilakukan oleh Rem, Shinigami milik Misa Amane. Ketika Light Yagami membuat Misa Amane dalam bahaya, dia melanggar aturan ini dengan membunuh L dan Watari demi menyelamatkan Misa.

Hal ini sengaja dilakukan oleh Light, karena dia tahu kalau Rem jatuh cinta kepada Misa. Oleh karena itu, Light mencoba untuk mempermainkan perasaan dari Rem. Ketika Rem mati, dia tersadar bahwa semuanya merupakan manipulasi yang dibuat oleh Light. Dia bisa saja membiarkan Misa mati namun, dia memilih untuk mengorbankan dirinya demi cintanya kepada sang manusia.


Hannes Menyelamatkan Mikasa Dan Eren Saat Akan Dimakan (Attack on Titan)


Karakter Hannes mungkin tidak cocok untuk masuk ke dalam anime yang berisikan para pahlawan. Tapi, dia mampu memberikan nyawanya untuk sesuatu yang sangat berharga. Hannes menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk minum-minum dan menjadi orang yang kurang diperhatikan oleh masyarakat sekitar.

Ketika dia melihat seorang Titan mengejar Eren, Mikasa, dan Carla, dia melakukan apapun agar dia bisa selamat. Sayangnya, dia tidak bisa menyelamatkan Carla, yang terjebak dibawah reruntuhan dari rumahnya yang hancur. Tapi, Hannes mampu menyelamatkan Eren dan Mikasa. Hannes lebih memprioritaskan keselamatan mereka berdua yang membuat dirinya menjadi mudah untuk diserang. Dan kemudian dia pun dimakan oleh sang titan.


Lucy Heartfilia Mengakhiri Pertemanan Dengan Teman Masa Kecilnya (Fairy Tail)


Semenjak masih kecil, Lucy Heartfilia sudah dekat dengan Aquarius, yang merupakan arwah dari dunia lain dan salah satu dari 12 kunci Zodiac Emas. Ketika dia masih kecil, Lucy sering memanggil Aquarius untuk bermain bersamanya, tapi ketika sudah dewasa, dia memanggil Aquarius untuk membantunya di pertempuran.

Saat bertempur melawan Tartaros, Lucy menyadari bahwa jalan satu-satunya untuk mengalahkan kelompok tersebut adalah dengan memanggil raja dari dunia lain. Untuk melakukan itu, Lucy harus menghancurkan kunci menuju ke dunia lain tersebut yang menjadi jembatan hubungan antara Aquarius dan Lucy. Dia menang dalam pertempuran tersebut tapi, dia harus kehilangan teman masa kecilnya tersebut selamanya,


Mengorbankan Diri Adalah Rencana Utama Lelouch Lamperouge (Code Geass)


Bagi seorang Lelouch Lamperouge, seluruh cerita di Code Geass merupakan sebuah kisah pengorbanan diri yang sangat panjang. Tujuannya melakukan hal tersebut hanya satu, untuk melindungi adik perempuannya Nunnally Lamperouge dan membuat dunia menjadi aman dan menyenangkan untuk ditinggali sang adik tercinta.

Lelouch meninggalkan semua kehidupan mewah dan menyenangkannya sebagai seorang murid di Ashford Academy, untuk melawan semua aktifitas terorisme. Tujuannya adalah untuk menjatuhkan pemerintahan Britania dan mengembalikan kekuasaan Jepang kepada warga Jepang. Saat pertempuran kedua negara meningkat, Lelouch berubah menjadi musuh bersama, tujuannya agar kedua kubu bisa saling membantu untuk menghancurkan dirinya dan kemudian hidup dalam damai.


Vegeta Menghancurkan Diri Sendiri Demi Menyelamatkan Bumi (Dragon Ball Z)


Mungkin Geeks sudah tahu, awalnya Vegeta adalah karakter yang jahat. Dia sering bertempur melawan Goku. Tapi, kemudian dia berubah menjadi teman bagi Goku. Saat Vegeta bertarung dengan Majin Buu, awalnya dia berusaha sekuat tenaga untuk mengalahkannya. Tapi, kemudian dia sadar kalau kekuatannya jauh dibawah kekuatan milik Buu.

Demi menyelamatkan bumi dan mengalahkan Buu, Vegeta akhirnya menggunakan Final Explosion, sebuah teknik penghancuran diri yang bisa membunuh orang yang melakukannya. Sayangnya, apa yang dilakukan oleh Vegeta, tidak membuat Buu benar-benar mati. Buu kemudian kembali beregenerasi dan melanjutkan untuk menghancurkan dunia. Sebelum dia menghancurkan dirinya sendiri, dia untuk pertama kalinya bisa memeluk anaknya, Trunks. Kematian Vegeta benar-benar menghancurkan banyak hati para penggemar Dragon Ball.


Greed Mencoba Untuk Lebih Baik ( Full Metal Alchemist : Brotherhood)


Dalam kebanyakan cerita anine, pahlawan utama mengorbankan dirinya sendiri demi hal yang baik, berbeda dengan villain, yang melakukannya karena demi kepuasan pribadi atau narsisme. Mungkin salah satu diantaranya menjadi alasan bagi Greed mengorbankan dirinya dalam film ini. Greed awalnya merupakan parasit yang tinggal di tubuh milik Ling.

Greed menggunakan tubuh Ling untuk melakukan apa yang dia mau. Keduanya merupakan musuh pada awalnya. Tapi, hubungan mereka perlahan berubah menjadi pertemanan dan Greed peduli dengan manusia yang dia “tempati”. Ketika Father dan Homunculus lain mencoba untuk membunuh dan menyerap kekuatan Greed  demi meningkatkan kekuatanya, Greed memisahkan diri dengan Ling agar Ling tidak ikut terhisap dan dimakan.


Neji Hyuga Mengorbankan Diri Demi Menyelamatkan Sepupunya (Naruto)


Dari semua pengorbanan diri yang ada di film Naruto, mungkin pengorbanan dari Neji Hyuga adalah yang paling menyentuh hati. Dia menyerahkan nyawanya demi melindungi keluarganya dan teman-temannya. Hal ini dia lakukan saat pertarungan melawan monster berekor sepuluh. Naruto hampir saja terkena serangan ganas dari sang monster.

Melihat Naruto terancam, Hinata kemudian langsung memasang badan untuk melindungi Naruto. Neji yang belum rela kehilangan sepupunya tersebut, langsung mengorbankan dirinya dengan menutupi badan hinata dengan tubuhnya. Dia meminta Naruto untuk menghormati semua dedikasi yang dilakukan Hinata dan dia bercerita saat Naruto membantunya ketika Neji memiliki sedikit masalah dengan keluarganya.


Portgas D. Ace Melindungi Luffy (One Piece)


Dari deretan pengorbanan tokoh anime yang sedang dibahas kali ini, apa yang dilakukan Ace benar-benar membuat siapa saja yang melihatnya pasti akan menjatuhkan air mata. Meskipun, Ace bukanlah kakak kandung dari Luffy, dia sudah menganggap Ace seperti kakak kandungnya sendiri. Ace pun tanpa segan mengorbankan dirinya untuk melindungi Luffy.

Hal ini terjadi saat perang besar terjadi di Marineford, saat Ace akan dieksekusi mati oleh pihak angkatan laut. Melihat salah satu anaknya akan dihukum mati oleh angkatan laut, Whitebeard tidak tinggal diam. Dia mengerahkan seluruh pasukannya untuk menyelamatkan Ace. Di pertempuran tersebut Luffy pun ikut membantu untuk menyelamatkan sang kakak.

Sayangnya, kekuatan Luffy saat itu masih belum bisa mengalahkan seorang Shicibukai seperti Akainu atau Mihawk. Setelah Ace berhasil dibebaskan oleh Luffy, Ace dan Luffy pun bekerja sama membersihkan para angkatan laut yang menghalangi jalannya. Tapi, Akainu mencoba untuk memprovokasi Ace dengan menjelek-jelekan nama Whitebeard. Tidak terima, Ace pun mencoba untuk bertarung melawan Akainu meskipun dia tahu, kekuatannya tidak seimbang.

Akainu melihat hubungan antara Luffy dan Ace dan mencoba mengarahkan serangannya bukan kepada Ace tapi, kepada Luffy. Akainu pun langsung menyerang Luffy dengan tinju Magmanya. Ace yang melihat adiknya dalam bahaya, langsung memasang badannya dari tinju magma Akainu. Meskipun Ace tahan terhadap api, dia tidak mampu bertahan dari Magma. Akibat pukulan tersebut, seluruh organnya terbakar. Vivre card yang dipegang Luffy langsung terbakar yang menandakan Ace sudah mati.